Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Mudah

Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Mudah

Skincare untuk menghilangkan bekas jerawat harus dilakukan secara tepat dan rutin. Apabila sudah kamu Lakukan dengan benar, maka perawatan ini dapat membantu mengurangi kulit minyak berlebih dan menjaga pori-pori tetap bersih. Perawatan ini memang sangat penting untuk mempercepat penyembuhan noda bekas jerawat.

Agar kamu bisa mendapatkan perawatan tepat, maka produk yang digunakan tentu tidak boleh sembarangan. Apalagi saat ini sudah banyak produk di pasaran yang memberikan informasi berbeda satu sama lain sehingga membingungkan konsumen.

Mengenal Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Dalam mencari skincare untuk hilangkan bekas jerawat memang tidaklah mudah. Terkadang kamu harus mencoba serangkaian produk sebelum akhirnya bisa menemukan yang benar-benar ampuh dan cocok.

Bahkan, andai mencarinya dari brand kosmetik lokal yang beragam dalam menawarkan solusi kulit berjerawat dan berminyak. Berikut ini sudah ada beberapa pilihan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.

1. Bloomka TGIF

Merk Bloom saat ini sudah menghadirkan obat totol jerawat yang unik. Item berguna sekali untuk memudarkan noda bekas jerawat dan mencegahnya datang lagi serta merawat kulit.

Produk skincare untuk menghilangkan bekas jerawat ini berbentuk krim warna kecoklatan, yang efektif menyamarkan tampilan jerawat saat terlihat memerah.

2. Utama Spice

Berbagai jenis acne treatment sudah tersedia saat ini, termasuk Utama Spice. Di mana produk ini sudah menyediakan opsinya dengan minyak-minyak esensial natural, seperti jojoba, tea tree, tamanu dan neem seed.

Dengan adanya kandungan skincare berupa antibakteri dan antiinflamasi, membuat jerawat cepat mengempis tanpa meninggalkan bekas.

3. Somethinc

Saat ini brand Somethinc telah menawarkan berbagai macam ampul untuk permadalah kulit. Bagi kamu yang memiliki masalah bekas jerawat bisa mencoba ampul ini, untuk meratakan rona kulit dan menyamarkan hiperpigmentasi. Produk skincare untuk menghilangkan bekas jerawat sudah vegan friendly dan dipercaya memiliki kandungan Tranexamol Dipeptide-23.

4. Avoskin Miraculous

Skincare lokal bagus ini bisa menghilangkan bekas jerawat lain. Produk skincare ini dipercaya dalam mengeksfoliasi kulit mati dan mengatasi jerawat.

Beberapa Fakta Tentang Jerawat

Agar kulit wajah tidak semakin rusak, maka kamu harus selalu memperhatikan beberapa hal dibawah produk yang digunakan. Berikut ini beberapa hal tentang jerawat yang harus diketahui.

BACA JUGA:  ANEKA MASKER ALAMI UNTUK JERAWAT

1. Tipe Jerawat

Mengenal tipe jerawat yang kamu derita, harus dilakukan agar saat perawatan sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya, jerawat terbagi menjadi dua jenis yakni:

2. Non Peradangan

Jerawat yang termasuk kategori non peradangan adalah ketika pori-pori mengalami sumbatan yang muncul seperti komedo, baik kepala yang hitam maupun putih. Jenis jerawat ini paling mudah dikenali dan ringan.

3. Peradangan

Umumnya, jerawat jenis ini berwarna kemerahan dan sangat membandel. Untuk bentuknya mulai dari yang keras berwarna merah sampai seperti benjolan kecil berisi nanah. Sementara itu, benjolan merah dan keras ini akan berkembang menjadi bernanah.

Bahkan, jenis peradangan ini juga lebih sakit ketimbang jerawat yang biasanya. Ukurannya terlihat lebih besar dari jerawat biasa dan terasa di bagian kulit lebih dalam.

4. Jenis Kulit

Wajah yang berjerawat ditentukan oleh jenis kulit orang tersebut. Agar perawatan wajah semakin tepat dan efektif, jenis kulit juga harus dijadikan sebagai patokan saat kamu membeli skincare untuk menghilangkan bekas jerawat.

Umumnya, jenis kulit yang berjerawat mempunyai minyak berlebih. Namun, kulit yang kering bukan berarti tidak akan mengalaminya. Kulit kering juga bisa berjerawat karena salah perawatan sehingga membuat kulit meradang dan menutup pori-pori. Bahkan, bisa juga karena faktor lingkungan salah satunya cuaca.

Ciri-ciri Skincare Kulit Berjerawat

Setelah kamu mengetahui ciri jerawat dan kulit yang dimiliki, sudah seharusnya mengenal beberapa kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. Umumnya, ada bahan tertentu yang ditujukan untuk kulit berjerawat, seperti di bawah ini.

1. Asam Salisilat

Bahan ini sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan membuka pori-pori yang tersumbat. Produk yang memiliki kandungan ini ideal untuk mengatasi komedo. Dengan begitu, bahan ini sangat cocok untuk membantu jerawat bernanah lebih cepat hilang.

2. Benzoil Peroksida

Apabila produk skincare untuk menghilangkan bekas jerawat mengandung bahan ini, ditujukan untuk membunuh bakteri penyebab wajah berjerawat. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa produk ini direkomendasikan untuk mengatasi jerawat kategori peradangan.

3. Retinoid

Kandungan retinoid dalam sebuah produk skincare bermanfaat untuk mengelupas permukaan kulit. Bahkan, dapat menyapu sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Bahan ini juga sangat berguna untuk meredakan dan menghentikan peradangan semua jenis jerawat.

4. Sulfur

Sulfur juga berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, penyumbatan pori-pori serta mengurangi kandungan minyak berlebih. Skincare untuk menghilangkan bekas jerawat ini dapat menyebabkan kulit kering. Hal ini karena didalamnya ada belerang. Bahkan, bau belerang ini bisa membuat aroma produk tersebut kurang kamu sukai.

Langkah-langkah untuk Menghindari Jerawat

Terdapat beberapa langkah di bawah ini, agar skincare untuk hilangkan bekas jerawat bisa bekerja efektif, berikut diantaranya:

BACA JUGA:  7 Obat Totol Jerawat dan Bekasnya Paling Ampuh

1. Mencoba Banyak Produk

Dalam menggunakan skincare, kamu harus bisa bersabar. Jangan menggantinya hanya karena belum menunjukkan hasil, hal ini bukan langkah yang bijak. Namun, justru akan memperburuk keadaan kulit kamu. Hal yang harus diingat, tunggulah hasil dari produk setelah menggunakannya selama 6 sampai 8 minggu.

2. Berhenti Menggunakan Produk Merugikan

Terdapat beberapa produk skincare untuk menghilangkan bekas jerawat, yang tidak sesuai dengan kondisi kulit. Apabila kamu menggunakan produk kulit atau rambut, pastikan ia mempunyai label non komedogenik atau tidak menyumbat pori-pori.

3. Mengeringkan Kulit

Memang kebanyakan jerawat tumbuh pada kulit berminyak, bahkan banyak yang tergoda menggunakan produk untuk menghilangkan minyak. Padahal, kulit kering rentan mengalami iritasi sehingga dapat berisiko terkena jerawat lebih banyak.

Aspek yang Ada Dalam Memilih Skincare

Merawat kulit biasanya rentan mengalami jerawat, sehingga membuat kamu harus lebih hati-hati saat memilih skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya dengan membaca label kandungan produk dan pastikan tidak ada kandungan yang menyumbat pori-pori kamu.

Berikut ini sudah ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan dalam memilih skincare untuk jerawat yang menjadi panduan.

1. Pelembab dan Jerawat

Sebagian orang beranggapan bahwa pelembab tidak cocok sebagai perawatan kulit untuk jerawat. Oleh karena itu, banyak orang yang memiliki jerawat namun menghindari penggunaan pelembab.

Pada kenyataannya, pelembab bisa menjadi salah satu bagian penting dari rutinitas perawatan kulit jerawat. Skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang banyak direkomendasikan oleh dokter kulit dan mengandung bahan kering.

Misalnya benzoil peroksida, bisa menyerap kelembaban dari kulit, membuatnya terlihat merah, dan iritasi. Pelembab baik juga bisa menjaga kandungan air di kulit serta mencegah pengelupasan yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

2. Menggunakan Lulur dan Masker

Para ahli menyatakan bahwa masker dan scrub tidak membantu mengatasi permasalahan jerawat pada kulit. Pembersih lembut biasanya diformulasikan untuk jenis kulit, yang bekerja lebih efektif untuk menjaga wajah bebas dari jerawat.

3. Pemilihan Sunblock

Sunblock menjadi salah satu hal wajib yang tidak boleh dilewatkan dalam beraktifitas di siang hari. Kehadiran paparan sinar UVB dan UVA matahari bisa membuat hiperpigmentasi pada bekas jerawat semakin parah.

Sunblock akan membantu untuk melindungi kulit, agar keadaan tersebut tidak terjadi sekaligus mencegah sunspot berupa flek hitam. Kamu harus menggunakan sunblock walau kamu hanya beraktivitas di dalam ruangan karena sinar UV dapat menembus kaca.

Langkah Skincare Mengatasi Bekas Jerawat

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, tentunya tidak bisa instan dan membutuhkan ketekunan. Jadi kamu bisa melakukan langkah skincare dengan rutin, alias tidak boleh malas apalagi sering melewatkannya. Berikut ini beberapa langkah skincare untuk menghilangkan bekas jerawat.

1. Gunakan Cleansing Oil

Cara pertama untuk mengatasi noda jerawat, yaitu mengendalikan jerawat yang berpotensial muncul. Caranya dengan membedakan pembersihan kulit wajah secara maksimal dari kotoran dan sel kulit mati yang berpotensial menyumbat pori-pori.

BACA JUGA:  3 CARA MENGHILANGKAN JERAWAT DENGAN SAYURAN , MENTIMUN , WORTEL , SELEDRI

Sementara itu, kamu bisa melakukan double cleansing di malam hari untuk memastikan kulit wajah tetap bersih. Bagi kulit yang rentan jerawat, pilih cleansing oil berbasis air dan akan teremulsi menyentuh air.

2. Menggunakan Facial Wash PH Rendah

Tahap kedua bisa melakukan double cleansing, yaitu dengan menggunakan facial wash. Pilihlah yang memiliki formula ringan dan melembabkan agar tidak membuat kulit menjadi kering.

Tidak lupa, untuk memilih facial wash dengan pH rendah yang menyeimbangkan keadaan kulit. Kulit dengan PH ini sangat seimbang kelembapannya dan membuatnya lebih siap menerima skincare berikutnya.

3. Exfoliating Toner

Tahap exfoliating ini sangat penting dalam meredakan bekas jerawat, karena dapat mengangkat sel-sel kulit. Di mana wajah yang bekas jerawat akan terlihat lebih terang, lebih segar dan lebih muda.

Dengan menggunakan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang memiliki kandungan AHA atau BHA, dapat memudarkan bekas jerawat lebih cepat. Kamu cukup menggunakan exfoliating toner dari 2-3 kali seminggu, tidak perlu setiap hari.

Hal ini karena akan membuat kamu mengalami over-exfoliating yang akhirnya merusak kulit. Bagi kamu yang kulitnya kering dan sensitif, sebaiknya menggunakan hydrating toner setelah exfoliating toner.

4. Hydrating Toner

Kelembaban menjadi salah satu kunci untuk mempercepat pertumbuhan sel kulit baru. Di mana pada akhirnya akan mempercepat proses memudarnya bekas jerawat.

Setelah kamu menggunakan exfoliating toner, tidak lupa untuk selalu memakai skincare untuk menghilangkan bekas jerawat hydrating toner. Hal ini dilakukan agar kulit selalu lembab dan terhidrasi dengan baik.

5. Gunakan Essence atau Serum

Pada tahap ini, serum memiliki peranannya yang sangat penting untuk perawatan hingga ke lapisan dalam. Pilihlah jenis skincare yang dapat meregenerasi sel kulit dengan cepat. Bahkan, bisa berguna untuk mencerahkan kulit wajah dan memudarkan bekas jerawat.

Salah satu serum paling efektif, yaitu memiliki kandungan vitamin C. Hal ini karena dapat memicu produksi kolagen serta memecahkan pigmen gelap pada kulit.

Bahkan, bisa memudarkan bekas jerawat, jika kamu bisa menggunakan serum atau essence yang mengandung niacinamide, alpha arbutin atau galactomyces. Bekas jerawat sebenarnya tidak hanya menimbulkan noda hitam, namun terkadang tekstur kulit menjadi rusak atau bopeng.

Apabila sudah begini, cukup sulit untuk menghilangkannya namun bukan berarti tidak mungkin. Solusinya, Ada dapat coba skincare dengan kandungan bahan regenerasi atau revitalisasi sel kulit. Sehingga akan membuat tekstur kulit kembali sehat dan mulus.

Pastikan bahwa seluruh bahan yang digunakan tidak ada yang saling bertolak belakang fungsinya. Jenis produk skincare untuk menghilangkan bekas jerawat dapat kamu sesuaikan dengan skincare routine mulai dari serum, essence atau night cream.