cara mengatasi jerawat

Terbukti Ampuh 15 Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Bingung cara mengatasi jerawat di wajah? Kondisi yang menyebalkan bukan? Jerawat tidak hanya menimbulkan rasa nyeri, akan tetapi juga mengganggu penampilan. Apalagi jika jerawat tersebut meninggalkan noda hitam yang susah dihilangkan.

Perlu kamu ketahui sebenarnya ada banyak penyebab kenapa kulit berjerawat, di antaranya pori – pori kulit tersumbat, produksi minyak yang berlebih, hormon tidak stabil, sel kulit mati dan masih banyak penyebab lainnya.

Mungkin kamu sudah mencoba banyak cara mengatasi jerawat dengan obat bahkan mendatangi dokter kulit. Namun, siapa sangka ternyata di rumah saja tersedia obat jerawat alami yang mudah untuk digunakan dan didapatkan.

Jangan khawatir! Karena obat jerawat dari bahan alami ini sudah banyak teruji khasiatnya khasiatnya serta aman saat digunakannya. Jadi, cobalah obat alami ini sebelum menggunakan obat – obat kimia.

Cara Mengatasi Jerawat Mengunakan Bahan Alami

Daripada kamu semakin penasaran dan bingung, ada baiknya simak informasi dibawah ini mengenai cara mengatasi timbulnya jerawat secara alami untuk membantu kamu tampil lebih percaya diri.

1. Teratur Membersihkan Wajah

Mencuci wajah merupakan hal mendasar yang perlu dilakukan. Karena kamu yang seharian beraktivitas penuh tentu tumpukan kotoran debu akan bersarang di wajah. Maka dari itu, perlu untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Cara mengatasi jerawat cukup sederhana, gunakan sabun cuci muka dengan pH yang menyerupai kulitmu. Bisa dikatakan pH normal sekitar 5 pH. Kadar pH normal itu bertujuan untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik untuk kulit sehat.

Selanjutnya, kamu bisa mencuci wajah menggunakan air hangat dengan tangan secara lembut. Hindarilah penggunaan scrub, karena akan membuat kulit berjerawat lebih sensitif kembali. Kemudian, keringkan menggunakan handuk bersih dan tepuk – tepuk lembut.

 

2. Madu

Mungkin sebagian dari kamu sudah paham bahwa madu mempunyai banyak khasiat, tidak hanya baik bagi tubuh ketika dikonsumsi saja. Madu juga baik digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk satu cara mengatasi jerawat.

Dari berbagai sumber mengatakan bahwa madu merupakan salah satu obat jerawat alami yang paling ampuh digunakan, ditambah dari adanya kandungan antibakteri yang tinggi pada madu.

Cara menggunakannya pun cukup mudah untuk dipahami, yaitu cukup dengan mengoleskan madu ke wajah sebagai masker. Diamkan kurang lebih 15 menit yang dilanjutkan dengan membilas dengan air dingin jika sudah selesai.

3. Cuka Apel

Tidak hanya madu saja, cuka apel atau yang sering disebut apple cider vinegar ini bisa menjadi salah satu bahan alami cara mengatasi jerawat. Cuka apel mengandung magnesium, acetic acid serta enzim lain yang bisa membunuh bakteri jahat yang bersarang di wajah.

BACA JUGA:  Menghindari Makanan Penyebab Jerawat Berikut Ini

Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa cuka apel akan membantu mengatasi jerawat baik ringan maupun sedang. Hal itu bisa terjadi karena ada bantuan dari kandungan yang membuktikan dapat membunuh bakteri propionibacterium penyebab jerawat.

Bakteri jahat itulah yang membuat wajah kotor penuh kuman, maka cuka apel dapat menjadi obat ampuh untuk cara mengatasi masalah jerawat. Caranya, tuang cuka apel pada kapas. Kemudian, kamu bisa mengoleskan pada wajah dengan lembut.

4. Bawang Putih

Bawang putih yang terkenal dengan bumbu masakan, ternyata dapat dijadikan obat untuk. Karena bawang putih mengandung sulfur yang tinggi, antivirus, antijamur, antioksidan dan antiseptic yang baik untuk mencegah peradangan pada kulit wajah.

Cara mengatasi jerawat sederhana, pertama ambillah satu siung bawang putih dan kemudian potong menjadi dua bagian. Sekarang tinggal oleskan langsung pada jerawat, tunggu sekitar 15 menit dan kemudian bilas menggunakan air hangat.

5. Lidah Buaya

Sudah sering menggunakan tanaman lidah buaya? Khasiat paling terkenal dari lidah buaya yaitu sebagai bahan perawatan rambut. Manfaatnya lainnya juga berlaku untuk menyehatkan kulit.

Tanaman lidah buaya mengandung zat aloin yang memberikan fungsi untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit tampak gelap.

Ditambah lagi, lidah buaya dapat membantu menenangkan iritasi pada kulit karena rasa dingin yang diberikan oleh lidah buaya untuk kulit. Ditambah dapat mengatasi bekas jerawat dengan cara yang mudah.

Caranya, pertama ambillah daun lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian, lalu kupas kulitnya. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan untuk mengeluarkan daging lidah buaya. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 sampai 15 menit dan sekarang waktunya untuk membilas masker lidah buaya dengan air hangat.

6. Mentimun

Bahan alami untuk cara mengatasi jerawat selanjutnya datang dari mentimun. Mentimun punyai banyak kandungan vitamin C, vitamin A dan magnesium yang bermanfaat bagi kulit. Selain manfaat itu, mentimun mampu membantu menghidrasi kulit.

Sehingga, kamu tidak salah menggunakan mentimun untuk cara mengatasi. Apalagi cara menggunakannya terbilang sederhana, kamu hanya dengan mengiris secukupnya, kemudian taruh di wajah yang berjerawat, biarkan selama 30 menit dan bilas wajah dengan air hangat.

7. Jeruk Lemon

Jeruk lemon yang sudah lama digunakan untuk menyehatkan kulit ini, mempunyai kandungan asam askorbat – L yang berguna untuk mengatasi peradangan kulit seperti jerawat sekaligus cara mengatasi jerawat di wajah.

Tentunya, sudah ada banyak sumber yang membuktikan dan memberikan efek samping mengatasi jerawat. Caranya pun sama seperti bahan lainnya, yaitu dengan mengoleskan irisan jeruk lemon ke seluruh wajah untuk menghilangkan bekas jerawat.

BACA JUGA:  Penyebab Jerawat di Hidung dan Cara Mengobatinya

8. Kentang

Bahan alami untuk cara mengatasi jerawat selanjutnya yaitu kentang. Salah satu jenis sayuran yang mengandung acid. Acid tersebut dapat membunuh bakteri pada jerawat sekaligus bisa menjadi eksfoliator secara ringan pada kulit.

Seperti halnya bahan alami lain yang sudah dibahas sebelumnya, cara mengaplikasikan kentang untuk mengatasi jerawat pun cukup mudah. Pertama, kupas kentang, bersihkan, lalu iris tips kurang lebih 3 sampai 5 mm, tempelkan pada jerawat 5 – 10 menit, dan bilas dengan air.

9. Es Batu

Salah satu bahan yang mungkin terdengar sedikit aneh di telinga, akan tetapi ada beberapa orang yang menjadi es batu untuk mengatasi jerawat secara alami. Alasannya karena es batu mampu mendinginkan kulit, memperlambat aliran darah serta membuat ujung saraf mati rasa.

Selain itu, es batu juga dapat meredakan rasa nyeri pada bengkak karena jerawat. Akan tetapi, perlu untuk diperhatikan bahwa es batu tidak dapat digunakan secara langsung pada jerawat yang tergolong kulit sensitif.

Kamu bisa membungkus es batu menggunakan kain atau handuk, kemudian dikompres pada jerawat. Jangan juga menggunakan es batu yang terbuat dari air kotor, karena bisa jadi hal itu akan memperparah timbulnya banyak jerawat atau ruam pada wajah.

10. Baking Soda

Bahan baking soda bisa digunakan sebagai salah satu bahan mengatasi jerawat. Lebihnya lagi, baking soda disebut sebagai eksfoliator, dimana dengan eksfoliator kulit dapat mengurangi kotoran, bakteri dan kadar minyak yang berlebih pada wajah yang berjerawat.

Selain itu, baking soda merupakan zat Kristal sodium bicarbonate. Zat ini berfungsi mengelupas kulit mati pada saat baking soda digunakan sebagai scrub pembersih wajah.

Kamu bisa mulai dengan membuat pasta dari satu sendok teh baking soda dan perasan jeruk lemon. Kemudian, aplikasikan pada kulit wajah yang lembab dan biarkan selama beberapa menit sampai mongering, dan terakhir bilas dengan air hangat.

Untuk himbauan saja, bahan yang satu ini tidak dianjurkan untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif. Lanjutkan untuk mengeringkan wajah karena kandungan baking soda dan jeruk nipis tersebut dapat memicu iritasi pada kulit wajahmu.

11. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi, baik digunakan untuk meningkatkan kesehatan ketika dikonsumsi secara langsung. Sebenarnya untuk penelitian yang mengungkapkan manfaat dari mengkonsumsi teh hijau ketika timbul jerawat belum terbukti.

Akan tetapi, teh hijau dapat diterapkan secara langsung pada kulit bisa membantu mengatasi jerawat. Karena dalam teh hijau terdapat tanin dan flavonoid yang mempunyai fungsi untuk mengurangi peradangan sekaligus melawan bakteri.

BACA JUGA:  Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Menghilangkannya

Antioksidan utama yang terdapat dalam teh hijau yaitu epigallocatechin-3-gallate terbukti mengurangi produksi sebum, menghambat pertumbuhan bakteri dan melawan peradangan.

Dan beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa menerapkan ekstrak teh hijau 2 hingga 3 persen pada kulit secara signifikan untuk cara mengatasi jerawat untuk wajah yang berjerawat.

Caranya pengaplikasinya dengan menyeduh teh hijau ke dalam air mendidih selama 3 hingga 4 menit, kemudian biarkan teh menjadi dingin, ambil bola kapas gunakan untuk mengoleskan ke wajah dengan celupan teh hijau, biarkan dan bilas dengan air hingga kering.

12. Putih Telur

Bahan alami selanjutnya untuk cara mengatasi jerawat paling efektif yaitu putih telur. Putih telur akan dijadikan sebagai masker, hal ini berguna untuk menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat. Kandungan asam amino dan vitamin dalam putih dapat digunakan untuk membangun kembali sel – sel kulit.

Cara pengimplikasian putih telur dengan memisahkan terlebih dahulu putih telur dari kuningnya. Selanjutnya kocok putih telur sesuai waktunya yang kamu inginkan. Setelah itu langsung oleskan pada area wajah yang timbul jerawat atau keseluruhan wajah, bilas dengan air jika sudah selesai.

  1. Pepaya

Kamu penyuka pepaya? Pepaya merupakan buah yang mempunyai kandungan enzim papain ini dapat mencerahkan wajah, menghilangkan jerawat, sekaligus menghilangkan sel kulit mati.

Caranya cukup sederhana, ambil buah pepaya dan haluskan daging buahnya. Kemudian gunakan papaya yang sudah halus sebagai masker. Tunggu beberapa saat, dan bilas menggunakan air bersih.

14. Tomat

Bahan alami untuk cara mengatasi jerawat selanjutnya yaitu tomat. Tomat banyak mengandung vitamin A dan C yang teruji memberikan manfaat sebagai obat jerawat alami, ditambah untuk vitamin bagi wajah.

Cara mengaplikasikannya sama seperti bahan – bahan alami lainnya yaitu bisa digunakan sebagai masker wajah. Kamu bisa memilihnya menjadi masker wajah bentuk irisan ataupun ditumbuk halus.

15. Alpukat

Selanjutnya bahan alami untuk cara mengatasi jerawat datang dari buah alpukat. Kandungan dalam buah alpukat yaitu vitamin E yang tinggi cocok digunakan sebagai bahan perawatan kulit, apalagi kulit wajah.

Untuk menjadikan alpukat sebagai obat jerawat, kamu tinggal menghaluskan daging alpukat yang akan dijadikan masker wajah. Kemudian, oleskan masker tersebut secara merata pada wajah, tunggu hingga 20 menit dan bilaslah menggunakan air hangat.

Bahan – bahan alami di atas akan memberikan manfaat untuk mengatasi jerawat ketika dipraktekkan dengan konsisten. Karena jika hanya menggunakan satu kali saja, sama saja bohong. Hal itu tidak akan memberi efek penyembuhan sama sekali.

Tidak ada bahan alami apapun hanya dengan semalam. Pada dasarnya jerawat itu tidak sulit untuk disembuhkan atau dihilangkan. Hanya saja cara mengatasi jerawat membutuhkan waktu dan kesabaran.