7 Obat Totol Jerawat dan Bekasnya Paling Ampuh

7 Obat Totol Jerawat dan Bekasnya Paling Ampuh

Saat ini obat totol jerawat sedang menjadi incaran banyak orang. Sebab dinilai lebih efektif dibandingkan jenis lainnya, seperti sabun. Menotolkan gel maupun krim secara langsung ke area jerawat membuat kandungan obat meresap, tidak terbuang percuma.

Wajah berjerawat memang cukup mengganggu bagi pria maupun wanita. Selain mempengaruhi penampilan, rasa nyeri akibat peradangan juga menjadi alasan orang ingin segera sembuh. Kamu termasuk salah satunya?

Apa Saja Obat Totol Jerawat yang Ampuh?

Ada banyak merek obat totol untuk jerawat bisa kamu beli bebas di apotek maupun toko kosmetik. Kamu hanya perlu memilih mana yang cocok sesuai jenis kulitmu. Setiap obat tentu mengandung formula berbeda.

  1. Obat Acnes Sealing Jell

Obat ini menawarkan kombinasi 3 bahan penghilang jerawat berupa salycylic acid, sulfur, dan isopropyl methylphenol. Berguna untuk melawan bakteri dan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Selain itu, acnes juga mengandung vitamin B6 dan vitamin E. Membantu kamu mengurangi peradangan melalui sifat antiinflamasinya.

  1. Obat Verile Acne Gel

Kamu tentu sudah tidak asing dengan merek obat totol jerawat veril. Meski dibanderol dengan harga terjangkau, namun berbahan aktif cukup lengkap. Formulanya terdiri dari salycylic acid, vitamin B3, dan allantonin.

Verile Acne Gel bekerja dengan cara mengelupas lapisan keratin pembentuk jerawat, kemudian membangun jaringan kulit baru. Hasilnya, tidak ada noda hitam bekas jerawat setelah berhasil sembuh.

  1. Obat Nourish Skin Acne Gel

Solusi jerawat membandel ini diformulasikan dengan banyak bahan unggulan. Mulai dari ekstrak lidah buaya, minyak lavender, ekstrak humulus lupulus, dan silanediol salicylate.

Pemakaian secara rutin dapat mengeringkan sekaligus mengurangi peradangan. Nourish Skin juga mampu meregenerasi kulit, sehingga tidak meninggalkan bekas jerawat.

  1. Obat Safi Anti Acne

Obat totol jerawat asal dari Malaysia ini ternyata juga mengeluarkan seri acne. Menawarkan bahan unggulan berupa ekstrak habbatus sauda, mineral zinc, serta oxy white.

Kamu akan menemukan cara kerja unik saat memakai Safi Anti Acne. Obat ini akan membuat jerawat memutih atau matang terlebih dahulu, kemudian mengering. Bonusnya, wajah juga semakin cerah dan segar.

  1. Obat Erha Acne Spot Gel

Kamu ingin obat jerawat sekaligus exfoliant? Erha Acne dapat dijadikan rekomendasi salah satunya. Mengandung bahan utama berupa salycylic acid, BHA, dan sulfur.

BACA JUGA:  Benarkah Serum Penghilang Bekas Jerawat Ampuh? Ini Faktanya

Perpaduan bahan aktif membuat Erha mampu mengatasi peradangan, mempercepat hilangnya jerawat, serta mencegah hiperpigmentasi. Kulit kamu akan bersih mulus setelah jerawat menghilang.

  1. Obat Acnol Lotion

Sedikit berbeda dengan produk lainnya, obat totol jerawat ini menawarkan kandungan triclosan dan ekstrak akar sophora. Perpaduan keduanya diformulasikan untuk mengurangi peradangan serta melawan bakteri penyebab jerawat.

  1. Obat JF Anti Acne Gel

JF telah lama dikenal sebagai produk untuk mengatasi permasalahan kulit. Jika dahulu hanya berbentuk sabun batang, kini juga hadir dalam bentuk gel penghilang jerawat.

Obat ini mengandung salycylic acid dan sulfur untuk mempercepat proses pengeringan jerawat. Kemudian, lactid acid-nya mampu meminimalkan noda hitam yang biasa muncul.

Cara Pakai Obat Totol Jerawat yang Benar

Kamu sudah memutuskan membeli salah satu produk di atas? Tunggu dulu. Obat akan bekerja dengan hasil maksimal jika penggunaannya benar. Maka dari itu, simak terlebih dahulu caranya berikut ini.

  1. Wajah Bersih dan Kering

Obat totol jerawat wajib diaplikasikan pada wajah dalam keadaan bersih dan kering. Sebaiknya, gunakan juga sabun wajah khusus jerawat. Kemudian, lap sempurna menggunakan handuk bersih.

  1. Gunakan Malam Hari

Beberapa produk memang dapat digunakan pagi hari. Namun, untuk hasil maksimal dan rendah resiko sebaiknya gunakan obat jerawat pada malam hari menjelang tidur.

Saat malam, kulit sedang dalam kondisi penyembuhan dan perbaikan. Sehingga obat dapat terserap dengan baik. Sebaliknya, beberapa bahan obat jerawat, seperti benzoyl peroxide dapat menimbulkan iritasi saat terkena sinar matahari.

  1. Tambahkan Pijatan Lembut

Tidak hanya dioleskan perlahan, kamu juga perlu melakukan pijatan lembut saat menggunakan obat totol jerawat. Bukan pada jerawat, melainkan kulit disekitarnya. Hal ini bertujuan agar wajah rileks dan obat terserap dengan baik.

  1. Aplikasikan Secukupnya

Kamu tentu ingin jerawat segera sembuh. Namun, bukan berarti berlebihan dalam mengaplikasikan obat jerawat. Hal ini hanya akan membuat kulit kering dan menimbulkan permasalahan baru.

  1. Tidak Asal Campur Bahan Aktif

Ada banyak bahan aktif untuk mengatasi jerawat. Tidak jarang membuat orang yang cepat sembuh menggunakan hampir semua jenis. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan kulit.

Misal, kamu menggunakan skincare dengan kandungan salycylic acid atau benzoyl peroxide. Maka, jangan digunakan bersamaan dengan produk yang didalamnya terdapat kandungan vitamin C atau retinol. Lebih baik gunakan obat totol jerawat acne dalam satu paket.

  1. Sesuai Urutan Perawatan Jerawat

Seperti apa rangkaian perawatan yang benar saat kamu menambahkan obat jerawat? Apakah setelah serum atau sesudahnya? Berikut panduannya untuk kamu.

  • Membersihkan sisa make up dan debu dengan milk cleanser maupun micellar water.
  • Mencuci wajah dengan sabun khusus jerawat.
  • Menggunakan toner seri acne untuk mengembalikan pH kulit.
  • Meneteskan serum wajah.
  • Mengoleskan obat jerawat berbentuk gel.
  • Mengakhiri dengan penggunaan pelembab.
  • Apabila obat jerawat yang kamu gunakan berbentuk krim atau pasta, maka gunakan setelah memakai pelembab wajah
BACA JUGA:  Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat di Wajah

Kesalahan Saat Memakai Obat Totol Jerawat

Kamu sudah mencoba beragam produk obat totol untuk jerawat, namun tidak kunjung sembuh? Kemungkinan ada kesalahan cara yang kamu lakukan. Sebab penggunaannya tidak bisa sembarangan.

  1. Mengoleskan pada Luka Jerawat

Saat kamu mengalami jerawat pustula atau nodul, maka akan ada luka yang menganga. Baik itu disebabkan oleh pecah sendiri, dipencet maupun tidak sengaja tergaruk. Ketika dalam kondisi tersebut, jangan pernah mengoleskan gel pengering jerawat.

Kandungan obat totol jerawat membuat jerawat justru iritasi saat dioleskan pada lubang bekas whitehead dan nanah. Sebaiknya, gunakan micellar water atau hydrating toner terlebih dahulu. Setelah tidak meradang atau tidak terlalu merah, silahkan pakai obat jerawat.

  1. Melupakan Pelembab Wajah

Wajah berjerawat bukan alasan meninggalkan pemakaian pelembab. Sebagian orang mungkin mengira bahwa ini hanya akan membuat wajah berminyak dan memperparah jerawat. Padahal sebaliknya, wajah sangat membutuhkan mousturizer.

Obat totol untuk jerawat memiliki efek mengeringkan cukup tinggi. Apabila penggunaannya tidak dibarengi dengan pelembab, maka kulit akan terlalu kering dan iritasi. Tidak heran, seringkali jerawat semakin bertambah banyak saat diobati karena cara yang salah.

Kandungan Skincare Wajib Dihindari Saat Berjerawat

Produk skincare memiliki banyak macam kandungan bahan aktif. Kamu perlu mengetahui apa saja yang seharusnya perlu dihindari agar jerawat tidak bertambah parah. Jangan sampai penggunaan obat totol jerawat terbuang sia-sia.

  1. Skincare dengan Alkohol

Bagi pemilik kulit berminyak dan sensitif jangan pernah menggunakan skincare beralkohol. Sebab, sifatnya yang keras akan mengiritasi kulit dan memperbesar pori-pori. Jerawat kamu menjadi semakin parah, bahkan muncul baru.

  1. Skincare dengan Mineral Oil

Kandungan ini sangat bagus bagi pemilik kulit kering karena mampu melembabkan. Namun, tidak dianjurkan untuk kamu yang berjerawat. Mineral oil akan membuat sebum berlebih yang kemudian bercampur dengan sel kulit mati dan memicu jerawat.

  1. Skincare dengan Paraben

Pemakaian obat totol jerawat juga tidak membuahkan hasil apabila kamu memakai skincare berparaben. Kandungan ini sebenarnya tidak berguna bagi kesehatan kulit, sebab fungsinya hanya untuk memperpanjang usia produk.

Saat kamu menggunakannya, wajah berjerawat akan bertambah banyak dan parah. Kandungan ini mampu meniru hormon estrogen yang memicu permasalahan kulit.

  1. Skincare dengan Wewangian atau Fragrance

Sebagian produk skincare mengandung fragrance untuk menambahkan sensasi harum. Bagi kamu yang sedang berjerawat sebaiknya menghindari produk seperti ini. Apalagi jika wewangian tercium cukup menyengat.

Fragrance dapat memicu tumbuhnya jerawat baru sera mengiritasi lapisan kulit. Cari produk skincare yang minim wewangian.

  1. Skincare dengan Coconut Oil

Minyak kelapa pada skincare dapat membuat kulit halus dan lembab jika diaplikasikan pada kulit kering. Namun, tidak berlaku bagi kamu yang berminyak sekaligus berjerawat.

BACA JUGA:  Jangan Asal Pilih Sabun Muka untuk Jerawat, Ini Alasannya

Coconut oil akan memicu produksi minyak atau sebum berlebih pada wajah. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan menumpuk menjadi jerawat.

Makanan yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Jerawat

Upaya mengatasi permasalahan kulit ternyata tidak cukup dengan penggunaan obat totol jerawat. Mengubah pola makan dengan mengkonsumsi asupan sehat juga perlu kamu lakukan. Sebab jerawat juga dapat dipicu salah makanan.

  1. Ikan Salmon

Manfaat Omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon tentu sudah tidak diragukan lagi. Selain baik untuk perkembangan otak, omega 3 juga bagus bagi kesehatan kulit berjerawat.

Meski tidak menyembuhkan secara langsung, namun ikan salmon turut mempercepat proses penyembuhan jerawat meradang. Selain itu, kebutuhan omega 3 yang tercukupi membuat kulit lebih lembab, serta tidak mudah gatal dan bersisik.

  1. Sayur Bayam

Sayuran hijau ini ternyata mengandung banyak sekali kebaikan bagi kulit. Mulai dari zat besi yang mampu memperlancar alirah darah pada kulit, sehingga terlihat segar dan sehat.

Kemudian, proteinnya mampu mencegah garis halus kerutan. Terakhir, antioksidan pada bayam berguna untuk mengurangi peradangan yang terjadi akibat jerawat membandel.

  1. Buah Pepaya

Banyak obat totol jerawat yang menjadikan pepaya sebagai bahan utamanya. Sebab buah ini memang memberikan segudang manfaat bagi kesehatan kulit.

Kandungan enzim chymopapain dan papain dipercaya mampu menyembuhkan peradangan. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mengkonsumsi buah ini secara rutin, sebagai pendamping obat totol untuk jerawat.

Penyebab Jerawat Dilihat Letak Munculnya

Tahukah kamu bahwa tingkat keberhasilan obat totol jerawat yang kamu pakai juga dipengaruhi letak tumbuhnya? Sebab setiap jerawat mencerminkan kondisi kesehatan. Ketika penyebabnya ringan, maka cepat juga proses penyembuhannya.

  • Tumbuh di Dahi. Apakah kamu memiliki poni atau sering menggunakan penutup kepala? Hal ini dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, stress juga memicu tumbuhnya jerawat di area dahi
  • Tumbuh diantara Alis. Penyebabnya berupa alergi makanan, seperti intoleransi laktosa atau terlalu sering konsumsi makanan cepat saji.
  • Tumbuh di Pipi. Terdapat dua kemungkinan kondisi kesehatan saat jerawat tumbuh di pipi. Bagian kanan berhubungan dengan gangguan sistem pernapasan. Sementara pipi kiri berkaitan dengan kondisi hati (liver).
  • Tumbuh di Hidung. Selain akibat sebum atau minyak berlebih. Jerawat yang tumbuh disini menjadi cermin kurang sehatnya kondisi saluran pencernaanmu.
  • Tumbuh di Dagu. Perubahan hormonal akibat pubertas atau penggunaan alat kontrasepsi dapat menjadi pemicu tumbuhnya jerawat di dagu.
  • Tumbuh di Telinga. Apabila jerawat tumbuh ditelingamu, menandakan kurangnya cairan dan perlu membatasi konsumsi kafein.

Permasalahan kulit menyangkut banyak aspek. Mulai dari menjaga kebersihan, jenis makan yang dikonsumsi, sampai kondisi kesehatan lebih dalam. Menggunakan obat totol jerawat butuh kesabaran dan keuletan sampai berhasil.