Kenapa Jerawat Muncul Terus?

Kenapa Jerawat Muncul Terus?
Source: bing.com

Mungkin anda pernah bertanya-tanya mengapa jerawat muncul terus meskipun anda sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Memang, jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dialami. Jerawat bisa muncul di mana saja di wajah, leher, punggung, dan bahkan tangan. Cepat atau lambat, anda pasti akan mengalami masalah jerawat.

Untuk mengetahui alasan mengapa jerawat muncul terus, kita harus memahami dasar-dasar jerawat terlebih dahulu. Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti produksi minyak, bakteri, tingkat kelembaban, dan kulit mati. Pada dasarnya, jerawat muncul ketika kulit menghasilkan minyak berlebihan, sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat. Bakteri Staphylococcus aureus juga dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak dan lebih rentan terhadap infeksi.

Apa Penyebab Jerawat Muncul Terus?

Ada beberapa penyebab jerawat muncul terus. Di antaranya adalah:

1. Faktor Hormonal

Faktor hormonal adalah penyebab utama jerawat. Pada saat remaja, hormon seks seperti testosteron, estrogen, dan progesteron meningkat. Faktor hormonal dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan yang dapat menyebabkan jerawat. Faktor hormonal juga dapat menyebabkan perubahan hormonal ketika wanita sedang hamil atau mengalami siklus menstruasi.

2. Polusi

Polusi udara atau asap industri dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak sehingga menyebabkan jerawat. Polusi juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan iritasi.

3. Stres

Stres dapat menyebabkan produksi hormon tertentu yang dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan jerawat. Anda juga dapat mengalami jerawat dalam waktu yang lama jika anda terus menerus mengalami stres.

BACA JUGA:  Jerawat Pungung: Apa dan Bagaimana Mengobatinya?

4. Kosmetik Berlebihan atau Produk Perawatan Kulit

Produk perawatan kulit berlebihan atau kosmetik dapat menyebabkan iritasi dan infeksi yang dapat menyebabkan jerawat. Juga pastikan untuk selalu membersihkan wajah anda setiap hari dan memilih produk kulit yang cocok untuk jenis kulit anda.

5. Alergi Makanan

Beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan alergi dan iritasi kulit yang dapat menyebabkan jerawat. Makanan yang sering menyebabkan alergi termasuk telur, daging, susu, dan produk olahan. Pastikan untuk membatasi atau bahkan menghindari makanan-makanan ini untuk mencegah jerawat.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat?

Jika anda ingin mengatasi jerawat, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan anda menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit anda. Anda juga harus menjaga kebersihan wajah anda dengan rutin mencuci wajah setiap hari. Anda juga harus menghindari kosmetik berlebihan dan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Untuk mengurangi jerawat, anda juga harus menjaga stres anda dan menjaga pola makan yang sehat. Pastikan untuk makan makanan yang sehat dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan alergi. Anda juga harus menghindari polusi udara, karena bisa menyebabkan iritasi dan infeksi kulit.

Kesimpulan

Jerawat bisa muncul karena berbagai faktor, termasuk faktor hormonal, polusi, stres, dan alergi makanan. Untuk mengatasi jerawat, anda harus memastikan anda menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, menjaga kebersihan wajah, dan menjaga pola makan dan stres yang sehat. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, anda dapat mencegah jerawat muncul terus.

VideoKenapa Jerawat Muncul Terus?