Putih Jerawat: Apa itu, Penyebabnya, dan Cara Mengatasinya

Putih Jerawat: Apa Itu, Penyebabnya, Dan Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Putih jerawat merupakan masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Putih jerawat dapat menyebabkan rasa malu dan tidak percaya diri, terutama pada orang yang berusia remaja. Namun, jika Anda memahami apa yang sebenarnya terjadi di kulit Anda, Anda akan dapat melakukan beberapa hal untuk membantu mengurangi peradangan dan jerawat putih.

Apa itu Putih Jerawat?

Putih jerawat adalah jenis jerawat yang tidak berwarna, tetapi berupa benjolan kecil yang terasa lunak. Ini biasanya mengandung nanah dan bisa menjadi sangat gatal dan menyakitkan. Putih jerawat biasanya berwarna putih, tapi juga dapat berwarna krem atau coklat. Mereka biasanya muncul di wajah, leher, dada, dan punggung.

Penyebab Putih Jerawat

Putih jerawat disebabkan oleh bakteri P. acnes. Bakteri ini menyebabkan radang dan infeksi pada kulit. Mereka dapat menyebabkan pembengkakan dan pembentukan nanah di bawah kulit. Ketika nanah itu mengering, dia akan menyebabkan benjolan putih di kulit. Selain bakteri, putih jerawat juga dapat disebabkan oleh kelebihan minyak, debu, debu, dan debu binatang.

Gejala Putih Jerawat

Putih jerawat biasanya berupa benjolan kecil yang lembut di kulit, yang dapat mengandung nanah. Mereka biasanya muncul di wajah, leher, dada, dan punggung. Selain itu, mereka juga dapat memicu rasa gatal dan sakit. Jika Anda merasa gatal dan sakit, Anda mungkin memiliki infeksi bakteri.

Cara Mencegah Putih Jerawat

Untuk mencegah putih jerawat Anda harus menjaga kulit Anda tetap bersih. Usahakan untuk mencuci wajah Anda setiap hari dengan sabun wajah yang tidak berminyak. Gunakan air hangat untuk membantu menghilangkan minyak dan debu yang tertinggal di wajah. Usahakan juga untuk mengganti kapas setiap hari dan hindari menggunakan produk yang berminyak. Jika Anda merasa gatal, usahakan untuk meminimalkan gesekan pada kulit.

BACA JUGA:  Mengenal Lactic Acid untuk Jerawat

Cara Mengatasi Putih Jerawat

Untuk mengatasi putih jerawat, Anda dapat mencoba beberapa metode. Salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan antibiotik topikal. Antibiotik ini akan membunuh bakteri P. acnes dan membantu mengurangi peradangan. Selain itu, Anda dapat menggunakan obat yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat untuk membantu mengurangi minyak di kulit. Anda juga dapat menggunakan produk yang mengandung sulfur untuk membantu mengurangi nanah di kulit.

Manfaat Kesehatan Lain dari Mengatasi Putih Jerawat

Ketika Anda menghilangkan putih jerawat, Anda juga akan memiliki kulit yang lebih sehat. Dengan menghilangkan jerawat putih, Anda akan mengurangi risiko stres oksidatif di kulit Anda. Stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Dengan mengurangi stres oksidatif, Anda akan mengurangi keriput dan menjaga agar kulit Anda tetap terlihat muda dan sehat.

Cara Lain untuk Mengatasi Putih Jerawat

Selain menggunakan obat, Anda juga dapat melakukan beberapa hal lain untuk mengatasi putih jerawat. Anda dapat menggunakan masker atau scrub untuk membantu membersihkan kulit. Anda juga harus menjaga agar kulit tetap lembab dan hindari paparan sinar matahari langsung. Hindari juga menggunakan produk yang berminyak ataupun memakai kosmetik yang tebal. Selain itu, pastikan untuk makan makanan yang sehat dan mengonsumsi cukup air untuk menjaga kesehatan kulit.

Kesimpulan

Putih jerawat merupakan masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Untuk mengatasinya, Anda harus mengetahui penyebabnya dan gejalanya. Anda dapat menggunakan obat-obatan untuk mengobati jerawat putih, atau menggunakan masker, scrub, atau produk lainnya untuk membantu menjaga kulit Anda tetap bersih dan sehat. Selain itu, pastikan untuk makan makanan sehat dan minum cukup air untuk menjaga kulit Anda.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Jerawat Pada Remaja

VideoPutih Jerawat: Apa itu, Penyebabnya, dan Cara Mengatasinya