Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi memang sudah sering dilakukan oleh banyak orang ketika mengalami permasalahan kulit satu ini. Namun sayangnya, tidak sedikit diantara mereka masih belum mendapatkan hasil maksimal karena memang membutuhkan waktu lama.

Bekas jerawat hitam ini paling sering kamu jumpai di area pipi. Cara untuk menghilangkannya tentu berbeda dengan bagaimana perawatannya ketika masih sedang berjerawat. Pasalnya diperlukan waktu antara 3 bulan atau bahkan 2 tahun sampai benar-benar hilang sepenuhnya.

Itupun jika kamu tidak kedatangan jerawat yang baru di area pipi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat secara rutin. Namun jangan lupa juga agar sekaligus menjaga kebersihan wajah sehingga tidak akan mengundang datangnya masalah kulit lain.

Jenis Bekas Jerawat yang Perlu kamu Ketahui

Sebelum mengaplikasikan cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi , kamu pun juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenisnya. Pasalnya dengan jenis yang berbeda juga memerlukan langkah-langkah pengendalian sendiri-sendiri.

  1. Bekas Luka Atrofi

Bekas luka atrofi ini akan terjadi pada saat jaringan kulit yang hilang. Jaringan parut ini terbagi menjadi tiga lapisan. Pertama adalah ice pick dengan ciri-ciri memiliki cekungan sangat dalam bahkan hingga mencapai lapisan dermis menyerupai bentuk huruf V.

Kedua adalah boxed scar merupakan bekas jerawat yang tidak terlalu dalam namun memiliki ukuran lebih luas. Selain itu juga mempunyai batas cukup tegas menyerupai coklat. Luka ini terjadi akibat rusaknya kolagen sekaligus hilangnya jaringan di kulit.

  1. Bekas Luka Hipertrofik

Bekas luka hipertrofik ini juga seringkali disebut dengan keloid. Warnanya gelap dan bentuknya hampir mirip seperti benjolan. Kondisi ini terjadi pada saat kulit secara tidak sengaja menghasilkan banyak sel pada saat sedang berusaha memperbaiki sel kulit rusak karena peradangan.

Bekas jerawat dengan warna hitam seperti ini memang sangat sulit untuk dihilangkan sehingga memerlukan waktu lama pada saat penyembuhannya. Peradangan yang terjadi bisa saja terjadi ketika jerawat sedang meradang sehingga membutuhkan cara perawatan tersendiri.

  1. Bekas Luka Hiperpigmentasi

Jenis bekas jerawat satu ini bisa saja menyebabkan warna kulit berubah namun tidak berbentuk seperti bekas luka. Kondisi ini dapat disebabkan karena peradangan yang membuat kulit akhirnya memproduksi melanin dalam jumlah banyak.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam

Bekas jerawat ini setidaknya memerlukan waktu selama 2 tahun untuk menghilang apabila kamu tidak merawatnya. Maka dari itu penting agar selalu bisa merawatnya sehingga penyembuhan juga terasa lebih singkat.

Ini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi Kamu memakai Bahan Alami

Saat ini ada berbagai jenis bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Berbagai buah atau sayuran berikut ini dikenal efektif mampu membuat kulit terasa lebih sehat dan bersih karena kandungan antioksidan di dalamnya.

  1. Air Perasan Lemon

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi adalah dengan memanfaatkan kandungan baik di dalam air perasan lemon.

Selain itu, kandungan vitamin C juga merupakan substitusi aktif yang akan bekerja dengan menurunkan produksi melanin. Pasalnya apabila menghasilkan dalam jumlah banyak justru menjadi penyebab bekas jerawat hitam akan semakin terlihat.

  1. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi juga dapat kamu lakukan melalui lidah buaya. Manfaat masker dari bahan ini dikenal efektif mampu menyembuhkan kulit sebagai masker alami penghilang bekas jerawat.

Sebuah riset dari Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery yang telah dilakukan pada hewan uji menunjukkan jika penggunaan lidah buaya mampu menghilangkan bekas jerawat hitam. Kandungan di dalamnya efektif berguna untuk membuat produksi melanin pada sel kulit menjadi lebih stabil.

  1. Baking Soda

Bukan hanya berguna pada dunia masak-masakan saja namun baking soda juga termasuk ke dalam salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Pasalnya di dalamnya terkandung komponen yang berperan sebagai antioksidan untuk membantu menyamarkan noda bekas jerawat. Cara membuat masker dari baking soda adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 2 sendok baking soda
  • Siapkan satu mangkuk air kecil
  • Aduk merata hingga pasta sedikit mengental
  • Oleskan merata di permukaan kulit
  • Diamkan selama beberapa menit
  • Bilas menggunakan air hangat
  • Lakukan langkah di atas secara rutin
  1. Cuka Apel

Bahan alami berikutnya yang juga termasuk ke dalam cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi adalah cuka apel. Manfaat kandungan di dalamnya mampu mencerahkan kulit, memperbaiki sel-sel kulit, merangsang produksi kolagen sampai mengangkat sel kulit mati.

Tidak heran apabila cuka apel menjadi pilihan utama untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Oleskan pada wajah yang sudah bersih
  • Tunggu hingga 5 menit
  • Bilas kembali sampai wajah bersih
  1. Ekstrak Grapeseed

Bahan alami lainnya yang dapat kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi adalah menggunakan ekstrak grapeseed. Penelitian menunjukkan jika pemakaian bahan ini akan meringankan melasma, yakni kondisi kulit karena hiperpigmentasi setelah terjadi peradangan.

Namun sebenarnya belum ada studi yang kuat untuk membuktikan bahwa ekstrak grapeseed dapat digunakan menghilangkan bekas jerawat hitam. Akan tetapi kamu bisa memanfaatkan kandungan di dalamnya guna meratakan warna kulit agar terlihat lebih bersih dan cerah.

  1. Kunyit

Kunyit juga dapat kamu gunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan alami. Hal ini dikarenakan adanya sifat antioksidan dan antiradang mampu mempercepat penyembuhan jaringan parut akibat bekas jerawat serta meningkatkan kesehatan dan kekenyalan kulit.

BACA JUGA:  7 Obat Totol Jerawat dan Bekasnya Paling Ampuh

Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampurkan 1 sampai 2 sendok teh bubuk kunyit dan setengah perasan air lemon. Aduk merata hingga teksturnya menyerupai pasta. Oleskan masker alami ini ke seluruh wajah khususnya di area pipi yang sedang memiliki bekas jerawat hitam.

  1. Madu

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan bahan satu ini. Nyatanya madu juga termasuk ke dalam salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Hal ini karena sifat anti peradangan dan antiseptiknya mampu menyembuhkan kerusakan kulit karena jerawat dan mencegah timbulnya kembali

Kandungan pelembab di dalam madu juga efektif melembutkan jaringan kulit. Selain itu juga mempercepat perbaikan kulit termasuk karena bekas jerawat. Kamu bisa mengoleskan sebanyak 1 sendok makan madu kemudian diamkan selama 30 menit untuk dibilas hingga bersih.

  1. Kentang

Tentu kamu tidak menyangka apabila kentang juga termasuk ke dalam bahan alami untuk cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Umbi-umbian ini banyak diaplikasikan guna mencerahkan kulit dan juga mengurangi pigmentasi berlebihan akibat kandungan alkalin di dalamnya.

Untuk membuat masker kentang, kamu perlu memarut 1 buah kentang dan memeras hingga mendapatkan airnya. Selanjutnya, celupkan kapas pada air perasan tersebut. Oleskan ke bekas jerawat dan diamkan selama 20 sampai 30 menit.

  1. Mentimun

Adanya kandungan vitamin A dan vitamin C sekaligus beberapa mineral lain yang ada di dalam mentimun memang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Selain itu, bahan alami satu ini juga efektif meningkatkan kelembaban pada kulit.

Cara untuk membuat masker alami dari mentimun yakni dengan mengiris tipis-tipis buah mentimun secukupnya. Selanjutnya letakkan pada area pipi atau bagian lainnya yang masih memiliki bekas jerawat. Tunggu hingga 20 sampai 30 menit.

  1. Ampas Teh

Kamu tidak perlu langsung membuang ampas teh karena bekas seduhan teh ini nyatanya masih memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan di dalamnya diketahui ampuh memperbaiki kondisi kulit sekaligus memudarkan bekas jerawat.

Kamu hanya perlu mengusapkan ampas teh bekas seduhan pada area pipi yang masih memiliki bekas jerawat. Tunggu saja sampai 30 menit hingga sudah terasa sedikit mengering. Apabila telah kering, bilas kembali wajah hingga bersih.

BACA JUGA:  Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Menghilangkannya

Ini Dia Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi Kamu

Apabila masker alami penghilang jerawat tidak kunjung membuahkan hasil sebagai cara menghilangkan bekas jerawat, kini kamu bisa mencoba untuk menggunakan obat. Atau mungkin juga memerlukan konsultasi bersama dokter demi penanganan paling tepat. Berikut di antaranya:

  1. Menggunakan Produk Perawatan Kulit

Salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi adalah dengan mengaplikasikan produk skincare secara rutin. Apabila kamu berkonsultasi ke dokter kulit, tentu saja akan diberikan saran mengenai produk perawatan kulit.

Ada beberapa kandungan yang umumnya ada di dalam produk perawatan kulit antara lain niacinamide, vitamin C, alpha arbutin. Ketiganya berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat hitam. Misalnya saja yakni AHA atau Alpha Hydroxy Acids berguna mengangkat sel kulit mati dan lapisan kulit paling gelap.

  1. Mengaplikasikan Chemical Peeling

Berikutnya, cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi adalah dengan mengaplikasikan chemical peeling yang sekaligus berguna untuk meremajakan kulit. Perawatan peeling seperti ini efektif berguna menangkal sel kulit mati sehingga mempercepat kulit dalam melakukan regenerasi.

Pada saat prosedur ini dilakukan, maka dokter kulit maupun terapis kecantikan bisa mengoleskan komponen asam ke permukaan kulit. Nantinya lapisan tersebut akan diangkat bersamaan dengan mengangkat sel kulit mati. Namun cara ini memiliki efek samping yakni kulit kemerahan atau iritasi.

  1. Mikrodermabrasi

Metode lain juga sering dilakukan oleh terapis kecantikan yakni mengaplikasikan mikrodermabrasi. Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi satu ini bersifat non bedah karena hanya akan menyemprotkan partikel kecil di area kulit bagian luar terutama yang masih terdapat bekas jerawat.

Setelah itu, dokter kulit atau terapis kecantikan akan menggosokkan alat berupa diamond. kamu bisa melakukan metode mikrodermabrasi ini untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi tampak lebih halus dan warna merata. Umumnya, perawatan kali ini memang ditujukan pada bekas jerawat.

  1. Laser

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan metode laser sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Teknik laser skin resurfacing ini akan menggunakan beberapa jenis laser yang memiliki fungsi sama yakni mengangkat sel kulit mati.

Di waktu bersamaan, teknik ini juga akan menjadi salah satu jenis perawatan agar sel baru tumbuh pada lapisan di dalam kulit. Metode ini memang efektif guna menghilangkan bekas jerawat dengan cara pemecahan jaringan parut.

Beberapa metode diatas memang masih menjadi kendala besar bagi banyak orang karena terasa sangat sulit. Namun kamu bisa mencoba beberapa tips di atas. Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter tentang cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi agar hasilnya pun maksimal dan tetap aman.