Serum untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik bagi Wajah

Serum untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Terbaik bagi Wajah

Serum untuk menghilangkan bekas jerawat umumnya memiliki kandungan alpha arbutin, niacinamide, serta bahan aktif lain. Bahkan, sebagian beberapa orang, kemunculan flek hitam bekas jerawat bisa mengganggu penampilan.

Agar bisa mengatasinya, tidak sedikit yang menjalani beberapa perawatan kulit. Misalnya saja menggunakan berbagai macam produk skincare, termasuk serum untuk penghilang bekas jerawat.

Kandungan Serum untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Serum untuk hilangkan bekas jerawat dipercaya bisa memperbaiki lapisan kulit yang rusak karena adanya jerawat. Namun, sebelum kamu menggunakan serum untuk penghilang bekas jerawat, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Hal ini karena, tidak semua kandungan dalam serum jerawat cocok digunakan pada kulit kamu. Bahkan, ada kandungan bahan aktif pada serum untuk menghilangkan bekas jerawat.

Apabila tertarik menggunakan serum bekas jerawat, maka pastikan sudah membaca semua informasi terkait zat aktif yang terkandung di dalamnya. Terdapat beberapa kandungan bahan aktif yang sebaiknya ada pada serum penghilang bekas jerawat, yaitu:

  1. Niacinamide

Salah satu manfaat dari niacinamide, atau dikenal sebagai vitamin B3 adalah mengatasi noda hitam akibat bekas jerawat. Oleh karena itu, tidak heran bila niacinamide sering digunakan sebagai bahan utama serum untuk menghilangkan bekas jerawat.

Sebagian besar studi telah membuktikan hawa konsentrasi niacinamide 5% dalam produk perawatan kulit bisa digunakan sebagai obat penghilang jerawat.

Fungsi dari niacinamide ini juga diyakini bisa terjadi, karena adanya peningkatan produksi kolagen. Sehingga noda hitam bekas jerawat menjadi tersamarkan.

  1. Lactic Acid

Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwasanya lactic acid dalam takaran tertentu, jika rutin dioleskan pada kulit selama 2 minggu sekali, maka bisa memperbaiki tekstur dan pigmentasi kulit bekas jerawat.

  1. Alpha Arbutin

Biasanya serum untuk menghilangkan bekas jerawat biasanya ada yang memiliki kandungan alpha arbutin di dalamnya. Fungsi dari alpha arbutin yaitu mengurangi pigmentasi dan flek hitam pada wajah.

Hal ini dikarenakan alpha arbutin bisa menghambat kegiatan enzim tirosinase. Tirosinase ini merupakan salah satu enzim yang terdapat dalam melanosit.

Sementara itu, melanosit adalah sel-sel yang dapat memproduksi melanin, berupa pigmen pemberi warna pada kulit. Produksi tirosinase bisa saja meningkat jika kulit sudah terpapar sinar ultraviolet dan matahari.

Berbagai Rekomendasi Serum Bekas Jerawat

Bagi kamu yang tertarik menggunakan serum untuk menghilangkan bekas jerawat, pasti merasa bingung mencari produk terbaik. Saat ini tidak perlu khawatir, karena ada beberapa produk serum yang bisa kamu pertimbangkan berikut ini.

  1. ElsheSkin Radiant

Salah satu produk serum yang ampuh menghilangkan bekas jerawat yang ampuh yaitu ElsheSkin Radiant Skin. Serum ini berguna untuk membantu memudarkan noda hitam yang muncul akibat bekas jerawat.

BACA JUGA:  Terbukti Ampuh 15 Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Tidak hanya bisa menghilangkan bekas jerawat, ternyata Serum ini juga bisa mencerahkan kulit wajah. Hal karena produk sudah diformulasikan dengan zat aktif, seperti ekstrak biji vitis vinifera, niacinamide, arbutin, glutation, serta tokoferil asetat yang merupakan kombinasi terbaik untuk mengatasi masalah kulit.

  1. Scarlett Whitening

Manfaat dari serum untuk menghilangkan bekas jerawat ini bisa memudarkan bekas jerawat. Hal ini karena Scarlett Whitening sudah mengandung tea tree water, asam salisilat, serta liquorice

Bagi para pemilik kulit yang berjerawat, munculnya bekas jerawat di wajah memang tidak bisa dihindari. Untuk bisa mengatasinya, kamu cukup menggunakan produk serum Scarlett untuk menghilangkan bekas jerawat.

  1. Avoskin Your

Munculnya bekas jerawat seringkali tidak kunjung cepat memudar. Untuk itu, kamu memerlukan kandungan bahan aktif yang diperkaya dengan zat alami yang tepat. Contohnya saja, yang terkandung dalam produk Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root.

Produk ini bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit bekas jerawat sekaligus menjaga kelembaban kulit. Kamu dapat menggunakan serum untuk menghilangkan bekas jerawat ini secara rutin, agar bisa terbebas dari bekas jerawat dan memperoleh kulit cerah.

  1. Humphrey Intensive Oily-Brightening Serum

Produk dari humphery ini merupakan serum untuk kulit wajah yang berminyak dan cocok dijadikan sebagai pilihan. Kamu tidak perlu cemas dengan kandungan bahan aktif di dalamnya.

Hal ini karena, serum ini menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan dipercaya sangat baik untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Contohnya saja, ekstrak lidah buaya, etil asam askorbat, ectoin, sampai kolagen.

Adanya perpaduan kandungan tersebut, bisa menekan kelebihan dari sebum pada kulit berjerawat. Bahkan, bisa menyerap minyak di wajah, serta berguna sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai macam radikal bebas.

Kamu dapat menggunakan serum untuk menghilangkan bekas jerawat ini, pada malam dan pagi hari untuk mendapatkan kulit lembap dan bebas minyak.

  1. Bhumi Acid Complex Clearing Serum

Produk serum dari Bhumi ini termasuk rekomendasi serum untuk kulit berjerawat yang telah mengandung kombinasi komponen berbagai bahan alami dan asam. Misalnya saja, borage oil, asam salisilat, acnatu extracts, Sprout GF extracts.

Di mana kandungan serum untuk menghilangkan bekas jerawat bisa mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, mengurangi dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat, serta dapat membantu proses penyembuhan kulit.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah, Aman Dilakukan

Bahkan, Bhumi Acid bermanfaat sebagai produk mencerahkan wajah dari bekas jerawat serta hiperpigmentasi pada kulit. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui, bahwa serum cocok untuk kulit berjerawat dan berminyak tidak boleh digunakan oleh menyusui dan ibu hamil.

Jika kamu tertarik menggunakan serum untuk menghilangkan bekas jerawat serta kulit kombinasi dari Bhumi bisa membelinya di website atau toko kosmetik terdekat.

Jenis-jenis Zat Aktif dalam Skincare

Saat kamu ingin membeli serum untuk bekas jerawat, perhatikan juga informasi terkait jenis zat aktif yang terkandung di dalamnya. Umumnya, serum tersebut mengandung zat-zat aktif seperti di bawah ini.

  1. Alpha Hydroxy Acids (AHA)

Alpha Hydroxy Acids (AHA) menjadi salah satu kandungan yang banyak ditemukan di dalam produk serum untuk menghilangkan bekas jerawat. AHA bermanfaat untuk mencegah tersumbatnya pori-pori wajah dan mengangkat sel kulit mati.

Zat aktif ini akan bekerja dengan mengikis noda bekas jerawat di lapisan kulit luar. Bahkan, flek hitam bekas jerawat akan langsung menghilang. AHA juga berguna untuk mengobati seluruh jenis jerawat.

  1. Asam Salisilat

Asam salisilat juga dikenal sebagai salah satu kandungan serum ampuh mengobati flek hitam. Zat ini bisa ditemukan pada semua produk pembersih wajah.

Asam salisilat berguna sekali untuk mengurangi peradangan pada kulit wajah. Namun perlu diingat, produk dengan kandungan asam salisilat tidak cocok untuk kulit wajah sensitif. Hal ini karena bisa menyebabkan iritasi dan juga kekeringan.

Bahan Alami Sebagai Alternatif Serum

Selain serum untuk menghilangkan bekas jerawat, beberapa bahan alami ini juga dipercaya mampu membuat kulit wajah kembali sehat. Apa saja bahan-bahan yang bisa kamu coba?

  1. Minyak Jintan Hitam

Minyak jintan hitam atau dikenal dengan Nigella sativa, saat dahulu kala sudah digunakan untuk berbagai macam pengobatan di kawasan Asia Barat, Timur Tengah hingga Eropa Timur. Kandungan senyawa antivirus, antibakteri, serta anti radang dalam minyak jintan hitam bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

Sementara itu, juga bisa memperbaiki pigmentasi kulit dan mencegah jerawat. Jadi tidak heran, minyak jintan menjadi alternatif serum untuk menghilangkan bekas jerawat.

  1. Minyak Rosehip

Minyak rosehip sudah diekstrak dari biji buah rosehip yang berguna untuk menghilangkan bekas luka akibat operasi ataupun jerawat. Bahkan, beberapa riset telah membuktikan, mengoleskan minyak rosehip pada wajah 2 kali sehari sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

  1. Lidah Buaya

Sebuah penelitian menyatakan bahwa, ekstrak lidah buaya bermanfaat untuk mengobati bekas jerawat. Khasiat dari tanaman herbal ini bisa kamu rasakan, dengan mengoleskan ekstraknya pada bagian kulit wajah jerawat.

Tips Memilih Serum untuk Kulit

Mengetahui tips memilih serum untuk menghilangkan bekas jerawat sangat penting kamu ketahui. Tidak hanya karena rentan berjerawat, namun di sisi lain, harga serum wajah yang sering menggelontorkan uang cukup dalam.

BACA JUGA:  Faktor Penyebab Jerawat di Pipi yang Harus Dihindari

Agar kamu tidak salah dalam memilih serum untuk wajah, sebaiknya mengetahui cara memilih toner yang bagus berikut ini.

  1. Cari Serum Non Comedogenic

Carilah serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang mengandung non comedogenic, atau tidak rentan menyumbat pori-pori. Pemilihan serum ini bagus ditujukan untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Sementara itu, kamu harus juga memilih serum yang mengandung bahan-bahan aktif, seperti asam salisilat, benzoil peroksida, asam glikolat, niacinamide, vitamin C, atau alpha hydroxy acid/AHA.

Selain itu, kamu juga dapat memilih serum yang mengandung retinol. Di mana bisa mengurangi peradangan akibat jerawat dan mencegah pori-pori agar tidak tersumbat.

  1. Hindari Serum Mengandung Zat Pewangi

Tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan membeli serum untuk menghilangkan bekas jerawat, dalam jumlah kecil terlebih dahulu untuk melihat reaksi kulit.

Cara Menggunakan Serum Retinol

Memang retinol bisa berguna memperbaiki tekstur kulit, memudarkan garis-garis halus, serta mencerahkan kulit. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kandungan ini dapat menyebabkan risiko kulit kering dan kemerahan.

Terlebih lagi, jika kamu mempunyai kulit sensitif. Agar lebih aman, kamu dapat menerapkan cara pakainya yang tepat di bawah ini.

  • Pertama, gunakan produk skincare yang kadar retinolnya tidak tinggi, yaitu sekitar 0,2% hingga 0,3%. Apabila kulit kamu dapat menerima kadar konsentrasi dengan baik, maka dapat meningkatkan kadarnya lebih tinggi.
  • Kemudian, bisa selalu mencuci muka terlebih dulu hingga bersih. Apabila kamu terbiasa menggunakan eye cream sebagai rutinitas perawatan kulit sehari-hari, maka gunakanlah terlebih dulu untuk dapat melindungi area kulit mata yang lebih sensitif terhadap efek retinol.
  • Tunggu hingga kulit benar-benar kering sebelum kamu menggunakan serum retinol. Penggunaan dari serum yang mengandung retinol saat kulit masih basah atau lembab dapat meningkatkan risiko iritasi.
  • Kemudian, teteskan serum yang mengandung retinol sedikit saja pada area wajah. Selanjutnya, ratakan ke semua permukaan wajah sambil memijat kulit secara perlahan.
  • Selanjutnya, bisa oleskan pelembab sesudah penggunaan serum retinol. Selanjutnya, oleskan sunscreen ber-SPF setiap pagi hari selama rutin menggunakan serum mengandung retinol. Hal ini dilakukan agar kulit tidak iritasi. Apalagi, retinol dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Selain menggunakan serum bekas jerawat atau bahan alami yang menjadi pilihan alternatif, tidak lupa untuk selalu memakai sunscreen. Terlebih lagi, jika kamu sering melakukan aktivitas yang ada di luar ruangan.

Hal ini dilakukan, untuk melindungi kulit wajah dari sengatan matahari sunscreen serta mencegah semakin hitamnya flek jerawat akibat teriknya matahari. Serum untuk menghilangkan bekas jerawat, juga harus digunakan secara rutin agar hasilnya maksimal.