Makanan Penyebab Jerawat

Makanan Penyebab Jerawat
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum dialami oleh banyak orang. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan jerawat, seperti kulit berminyak, hormon, dan bakteri. Tetapi, banyak orang yang tidak menyadari bahwa makanan juga bisa menjadi penyebab jerawat. Berikut adalah beberapa makanan yang perlu dihindari agar jerawat tidak semakin parah.

Gula dan Karbohidrat

Gula dan karbohidrat dapat meningkatkan produksi hormon androgen dan insulin. Kedua hormon ini dapat meningkatkan produksi minyak di kulit, yang akan menyebabkan tumbuhnya jerawat. Jadi, Anda harus menghindari makanan yang tinggi gula dan karbohidrat seperti roti, mie, kue, dan biskuit. Selain itu, hindari juga produk olahan seperti sirop, permen, dan es krim.

Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak seperti daging, telur, ikan, minyak nabati, keju, dan mentega dapat mengganggu keseimbangan hormon dan meningkatkan produksi minyak di kulit. Oleh karena itu, Anda harus membatasi konsumsi makanan tinggi lemak. Pilihlah makanan yang rendah lemak seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Makanan Asin

Makanan asin dapat menyebabkan kekeringan pada kulit dan penumpukan minyak di wajah. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan asin seperti makanan olahan, keripik, dan makanan berbumbu, maka jerawat dapat semakin parah. Oleh karena itu, hindarilah makanan-makanan asin dan pilihlah makanan yang rendah garam.

Kopi

Kopi dapat meningkatkan produksi hormon androgen, yang akan menyebabkan jerawat. Jadi, hindarilah minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda. Pilihlah minuman yang mengandung sedikit kafein dan tinggi vitamin C seperti jus buah segar atau air putih.

BACA JUGA:  Hansaplast Jerawat, Solusi Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat

Susu

Susu juga dapat menyebabkan jerawat. Susu mengandung hormon tumbuh yang dapat memicu produksi minyak di kulit. Jika Anda suka minum susu, pilihlah susu yang rendah lemak atau tanpa lemak. Anda juga bisa memilih minuman susu nabati seperti susu almond atau susu kedelai.

Mentega Kacang

Mentega kacang adalah makanan yang tinggi lemak dan kaya akan hormon tumbuh. Makanan ini dapat memicu produksi minyak di kulit dan meningkatkan risiko jerawat. Jadi, hindarilah makanan yang mengandung mentega kacang, seperti kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Pilihlah makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak tinggi seperti daging merah, mentega, dan minyak nabati dapat menyebabkan produksi minyak di kulit. Makanan ini juga mengandung banyak hormon tumbuh yang dapat memicu pertumbuhan jerawat. Oleh karena itu, hindarilah makanan berlemak tinggi dan pilihlah makanan yang rendah lemak.

Makanan Beralkohol

Makanan beralkohol seperti anggur, bir, dan anggur merah dapat menyebabkan jerawat. Minuman ini mengandung alkohol yang dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, yang akan menyebabkan kulit terlalu berminyak dan berjerawat. Jadi, hindarilah makanan beralkohol dan pilihlah makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran.

Makanan Berpengawet

Makanan berpengawet seperti makanan olahan, makanan ringan, dan makanan siap saji dapat menyebabkan jerawat. Makanan ini mengandung bahan pengawet yang dapat menyebabkan pembengkakan di kulit dan meningkatkan produksi minyak di kulit. Oleh karena itu, hindarilah makanan berpengawet dan pilihlah makanan sehat yang tidak mengandung bahan pengawet.

Kesimpulan

Makanan dapat menjadi salah satu penyebab utama jerawat. Jadi, penting untuk menghindari makanan yang disebutkan di atas dan memilih makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan rendah lemak. Selain mengubah pola makan, Anda juga harus menjaga kebersihan wajah dan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai untuk mengatasi masalah jerawat.

BACA JUGA:  Masker Merk Terbaik untuk Jerawat dan Komedo

VideoMakanan Penyebab Jerawat