Faktor Penyebab Jerawat di Pipi yang Harus Dihindari

Faktor Penyebab Jerawat di Pipi yang Harus Dihindari

Jerawat di pipi tentunya menjadi salah satu permasalahan yang bisa mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman. Bahkan, jerawat bruntusan yang ada di pipi seringkali membuat kamu merasa tidak percaya diri.

Umumnya, jerawat yang ada di pipi disebabkan oleh adanya produksi minyak yang berlebih serta penumpukan sel-sel kulit mati dalam pori-pori kulit sehingga akan membuatnya tersumbat.

Faktor Penyebab Jerawat di Pipi

Jika penumpukan jerawat terjadi, maka bakteri ini menjadi lebih mudah berkembang dan menimbulkan peradangan. Keadaan inilah yang akhirnya menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat yang ada di pipi. Berikut ini sudah ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab jerawat yang ada di pipi, yaitu:

1. Sprei jarang Diganti

Penyebab terjadinya jerawat di pipi yaitu adanya penggunaan sarung bantal yang jarang diganti. Umumnya, permukaan sarung bantal dan sprei yang jarang diganti dapat menyebabkan jerawat pipi.

Bahkan, sel-sel kulit mati yang ada pada sisa make up, kolonisasi bakteri, dan kotoran bisa berkumpul di permukaan sprei. Jadi ketika kamu tidur beralaskan sarung bantal dan seprai, maka tidak akan bersih dan menempel di area permukaan pipi.

2. Penggunaan Handphone Kotor

Keseringan menggunakan handphone untuk menelepon juga menjadi penyebab jerawat di pipi. Bakteri dan kuman yang ada di permukaan layar ponsel bisa berpindah ke pipi.

Selain sprei dan sarung bantal, penggunaan handphone yang kotor juga bisa menjadi penyebab jerawat pipi. Handphone yang sering kamu gunakan dapat menjadi tempat berkembangbiaknya kuman dan bakteri.

Apabila kamu sering menggunakan HP untuk menelepon, maka bakteri dan kuman di permukaan layar bisa berpindah ke area wajah. Jadi bisa memicu tumbuhnya jerawat bruntusan di pipi.

3. Kebiasaan Menyentuh Pipi

Penyebab jerawat di pipi, bisa menjadi salah satu kebiasaan menyentuh pipi. Menyentuh area wajah tanpa mencuci tangan memang bisa memicu timbulnya jerawat. Memang kebiasaan menyentuh pipi sering tidak disadari dan menjadi penyebab jerawat pipi lainnya.

Namun, jika kamu ingin memastikan apakah riasan wajah yang digunakan masih dalam keadaan baik. Bahkan, kebiasaan menyentuh pipi yang tidak diiringi dengan menjaga kebersihan tangan bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat yang ada di pipi.

BACA JUGA:  Cara Ngilangin Bekas Jerawat Menggunakan Masker Alami

4. Peralatan Make Up

Salah satu yang menjadi penyebab jerawat berikutnya yaitu penggunaan peralatan make up tidak bersih. Mulai dari kuas, spons, atau beauty blender untuk merias wajah menjadi tempat berkumpulnya bakteri karena jarang dibersihkan.

Ketika kamu menggunakannya rutin untuk berdandan, maka berisiko menjadi penyebab munculnya jerawat di pipi. Hal ini karena, bakteri dan kuman yang bersarang pada peralatan make up bisa berpindah ke area wajah.

Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Pipi

Beberapa permasalahan jerawat yang ada di pipi bisa langsung diobati. Oleh karena itu, penting sekali untuk memeriksakan jerawat pipi ke dokter kulit agar penanganannya jauh lebih efektif dan optimal. Berikut ini sudah ada beberapa cara menghilangkan jerawat pipi yang dapat kamu lakukan, yaitu:

1. Dapat Mengoleskan Salep Jerawat

Salah satu cara yang benar untuk menghilangkan jerawat di pipi, yaitu mengoleskan salep jerawat. Jika kamu mempunyai jerawat yang muncul di pipi, coba untuk mengoleskan salep jerawat yang mengandung benzoil peroksida.

Kedua dari jenis kandungan salep jerawat ini bisa mengurangi bakteri dan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menjadi penyebab jerawat. Kamu juga bisa mendapatkan salep jerawat di apotik atau melalui resep dokter.

Namun, untuk jenis jerawat yang ada di pipi yang meradang tergolong parah, alangkah baiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk memperoleh pengobatan tepat.

2. Menggunakan Tea Tree Oil

Penggunaan dari tea tree oil juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat yang ada di pipi. Manfaat tea tree oil ini sudah mengandung zat anti radang dan antibakteri yang diyakini efektif sebagai cara menghilangkan jerawat di pipi bisa dilakukan secara alami.

Pada umumnya, jenis minyak esensial sangat aman dioleskan ke area wajah yang berjerawat, termasuk area pipi kamu. Caranya, kamu dapat mengoleskan tea tree oil pada area pipi yang berjerawat, kemudian bisa diamkan kurang lebih 4 jam lamanya.

Cara ini sebelum tidak dipercaya dapat mengurangi perkembangan jerawat yang muncul di pipi, namun perlahan akan menghilang. Bagi kamu yang mempunyai kulit sensitif atau cemas akan reaksi alergi yang terjadi, maka dapat melakukan tes kulit.

Kamu dapat mengoleskan sedikit tea tree oil pada lengan terlebih dahulu. Apabila tidak ada reaksi apapun sekitar 24-48 jam, ini menandakan bahwa kamu tidak mempunyai alergi terhadap tea tree oil.

3. Melakukan Prosedur Pengobatan Jerawat

Jika penggunaan salep jerawat dan bahan alami tidak akan membantu mengobati jerawat di pipi, kamu dapat melakukan prosedur pengobatan jerawat yang dilakukan dokter kulit. Salah satu dari prosedur pengobatan jerawat ini yaitu ekstraksi jerawat.

Ekstraksi jerawat merupakan salah satu perawatan medis yang berguna untuk menghilangkan jerawat, termasuk pipi, karena bisa menggunakan alat steril untuk menghilangkan komedo blackhead dan whitehead.

Cara Mencegah Jerawat Bruntusan dengan Mudah

Jerawat di pipi bruntusan sebenarnya bisa dicegah dengan mudah. Kamu bisa langsung mencegah jerawat bruntusan yang ada di pipi dengan langkah-langkah di bawah ini:

BACA JUGA:  Penyebab Jerawat di Jidat yang Perlu Kamu Ketahui

1. Ganti Sprei Secara Rutin

Penyebab jerawat yang ada di pipi, karena penggunaan sarung bantal dan seprai yang tidak diganti secara bulan. Oleh karena itu, cara mencegah jerawat yang ada di pipi yaitu mengganti sarung bantal dan seprai secara berkala.

Alangkah baiknya, cara ini dilakukan setiap tiga hari sekali agar bisa terhindar dari masalah jerawat pipi. Kamu juga dapat menggunakan seprai dan sarung bantal yang berbahan katun. Di mana bisa menyerap keringat dan minyak di wajah sehingga tidak menimbulkan permasalahan jerawat.

2. Bersihkan Layar Handphonenya Berkala

Salah satu penyebab jerawat di pipi selanjut, yaitu penggunaan handphone yang kotor. Apalagi untuk mencegah jerawat bruntusan di pipi, yaitu rutin membersihkan layar handphone.

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk membersihkan layar handphone secara rutin dengan menggunakan kain lap bersih. Di mana harus dibasahi sedikit cairan disinfektan atau cairan dengan adanya kandungan alkohol 70%.

Apabila kamu sering menggunakan ponsel untuk menelepon, alangkah baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan earphone agar menghindari penyebab jerawat di pipi.

3. Pastikan Kondisi Tangan Bersih

Pastikan keadaan tangan kamu bersih sebelum menyentuh wajah, salah satunya area pipi. Jadi kamu harus membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Sementara itu, kamu tidak bisa menyentuh barang-barang yang sering digunakan oleh orang banyak. Apalagi jika ingin kamu menyentuh area wajah.

Pencegahan dengan Menggunakan Obat Jerawat

Di bawah ini sudah ada beberapa obat jerawat yang dapat kamu gunakan dengan mudah. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Retinoid

Retinoid bisa langsung dioleskan untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah dan membuka pori-pori. Salah satu contohnya, yaitu gel adapalen atau Differin 0,1%.

2. Salicylic Acid

Produk ini memiliki kandungan asam salisilat yang dapat membuka sumbatan pada pori, dengan begitu jerawat di pipi akan perlahan mereda. Hal ini juga yang akan membantu merawat area kulit wajah lain, agar terhindar dari jerawat.

3. Benzoil Peroksida

Produk yang memiliki kandungan benzoil peroksida dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat, seperti Propionibacterium acnes. Secara umum, hal ini dapat membantu meredakan peradangan pada jerawat.

Makanan Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jerawat di pipi dapat diatasi dengan melakukan perawatan kulit secara alami, atau menggunakan skincare khusus berjerawat. Berikut ini sudah ada beberapa makanan penyebab jerawat pipi dan cara mengatasinya.

1. Makanan Manis

Makanan penyebab jerawat yang ada di pipi pertama, yakni makanan terlalu manis. Makanan manis umumnya, mempunyai kandungan gula tambahan yang tinggi. Kadar gula tinggi yang sudah terkandung dalam makanan, biasanya akan menyebabkan insulin dalam darah naik dan permasalahan kulit.

Sementara itu, bila mengkonsumsi makanan manis juga menimbulkan kenaikan hormon. Perubahan hormon seperti inilah yang dapat membuat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih, serta memunculkan jerawat di pipi.

BACA JUGA:  Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

2. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan dapat menyebabkan jerawat yang ada di pipi. Hal ini karena makanan tersebut terbuat dari bahan tepung, yang diolah mempunyai kadar gula tinggi seperti roti, biskuit, serial serta pasta.

Sebetulnya, karbohidrat olahan tidak terlalu banyak memproduksi minyak di kulit, namun kandungan gula pada karbohidrat olahan, akan membuat jerawat di pipi tambah meradang.

3. Camilan

Camilan merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi saat senggang. Pada umumnya, satu bungkus plastik kripik mempunyai kandungan karbohidrat dan lemak tinggi.

Sehingga hal ini bisa meningkatkan produksi minyak diwajah, dan meningkatkan insulin tubuh. Jika kamu mempunyai wajah yang berjerawat, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi camilan. Sebetulnya, jerawat yang ada di pipi tidak terlalu susah untuk dihilangkan.

Bahkan, membeli waktu dan butuh kesabaran untuk mengatasinya. Cara untuk mengatasi jerawat pipi biasanya dapat menggunakan skincare yang mengandung BHA, AHA, retinol, centella asiatica, niacinamide, serta benzoyl peroxide.

Agar jerawat yang ada di pipi tidak meradang, maka kamu harus menghindari makanan yang menjadi penyebab jerawat di kulit. Selain itu, imbangi juga dengan melakukan olahraga rutin, seperti mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Bahkan, kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan air putih minimal 2 liter sehari.

Selain itu, kamu juga harus rajin membersihkan wajah di malam hari dengan menggunakan teknik double cleansing. Kamu juga bisa melakukan eksfoliasi seminggu 2 kali, dan gunakan tabir surya pada pagi dan siang hari.

Jenis-jenis Makanan Pencegah Jerawat

Saat ini sudah ada beberapa jenis makanan yang bisa mencegah, mengurangi, bahkan menghilangkan jerawat yaitu:

1. Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran berwarna oranye yang sering dijadikan sebagai bahan pembuatan sup sayuran. Jenis sayuran ini sering dikenal kaya akan vitamin A, bahkan sangat baik untuk menutrisi mata dan kulit.

Hal ini karena, wortel menjadi salah satu jenis bahan makanan yang akan membantu kamu untuk menjaga kesehatan kulit. Sementara itu, juga bisa mencegah timbulnya jerawat, dan membantu menghilangkan jerawat.

2. Alpukat

Buah alpukat sendiri bisa dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan produk perawatan kulit. Buah ini dipilih karena adanya kandungan zat dan nutrisi yang bermanfaat bagi kulit seperti vitamin E dan vitamin C.

Kedua vitamin ini juga sangat berperan dalam menjaga kelembapan dan mengurangi peradangan kulit. Dengan semakin berkurang peradangan kulit, maka jerawat bisa hilang lebih cepat.

3. Brokoli

Brokoli juga mempunyai kandungan vitamin dan antioksidan. Selain itu, sayur ini bisa memberikan nutrisi bagi kulit, dan melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jerawat perlu dirawat agar tidak menyebar ke area lainnya Bagi kamu yang saat ini sedang mengalami peradangan pada jerawat di pipi, bisa langsung mencoba cara yang ada di atas. Jerawat kamu tidak menyebar ke area lainnya.