Cara Ngilangin Bekas Jerawat Menggunakan Masker Alami

Cara Ngilangin Bekas Jerawat Menggunakan Masker Alami

Cara ngilangin bekas jerawat bisa terbilang mudah, namun bisa juga lumayan sulit. Semua tergantung tingkat kerusakannya. Namun hal tersebut tentulah sangat mengganggu terutama bagi kaum hawa. Mengapa? Karena sudah pasti mengganggu penampilan, warna yang tidak merata, dan lain sebagainya.

Bekas jerawat yang membandel akan susah hilang dan tersamarkan sekalipun dengan makeup tebal. Oleh karena itu, ada banyak sekali tindakan yang diambil seseorang untuk menghilangkan noda jerawat tersebut dengan cepat. Mulai dari cara alami, krim dokter, bahkan sampai memakai krim berbahaya.

Mengapa Bekas Jerawat Susah Dihilangkan?

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa cara ngilangin bekas jerawat terbilang gampang, tetapi juga tidak mudah. Pasalnya ada beberapa tindakan yang mungkin belum dipahami, sehingga membuatnya sudah hilang atau justru bertambah parah.

Supaya noda bekas jerawat bisa segera menghilang. Kamu perlu menghindari beberapa tindakan berikut. Apa saja? Simak penjelasan di bawah.

1. Sering Tidak Memakai Sunscreen

Salah satu skincare yang tidak boleh dilupakan ialah menggunakan sunscreen. Pasalnya sinar matahari yang terkena kulit dapat menimbulkan berbagai masalah kulit. Mulai dari kusam, berminyak, muncul kerutan, dan lain sebagainya.

Cara ngilangin bekas jerawat dengan memakai sunscreen, kulit kamu akan terhindar dari semua masalah tersebut. Bukan hanya itu saja, kandungan SPF pada sunscreen ternyata bisa ngilangin bekas jerawat. Serta tidak memperparah penggelapan.

Mungkin tidak banyak orang tahu kalau paparan matahari dapat memicu peningkatan produksi melamin pada kulit. Menjadikan kulit terlihat kusam dan berminyak. Apalagi jika kamu memakai sunscreen khusus acne.

2. Berlebihan Ketika Exfoliating

Melakukan eksfoliasi memang penting dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati serta mengecilkan pori. Tentu juga merupakan cara ngilangin bekas jerawat, namun tindakan tersebut tidak boleh dilakukan secara berlebihan dan setiap hari.

Anjuran umumnya yaitu sekitar 2-3 kali saja dalam sepekan. Karena tindakan berlebihan akan membuat rusak skin barrier kulit kamu sehingga terjadilah hiperpigmentasi yang akan membuat noda bekas jerawat susah hilang. Tentu kamu tidak ingin itu terjadi, bukan?

3. Sering Memencet Jerawat

Siapa yang tidak geram ketika melihat timbulnya jerawat? Rasa gatal di tangan selalu ingin memencetnya pasti. Akan tetapi, hal itu ternyata justru membuat jerawat susah sembuh dan susah ngilanginnya.

Mengapa bisa? Karena tangan yang kotor akan menambah bakteri pada wajah. Tidak hanya noda yang susah disembuhkan nantinya, tetapi juga susah hilang jerawatnya. Jadi, kalau kamu sedang berjerawat sebaiknya oleskan acne lotion yang mengandung belerang.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Selain tidak menimbulkan bekas hitam, acne juga akan mempercepat pengempesan jerawat kamu. Harganya pun cukup murah dan terjangkau oleh berbagai kalangan.

4. Tidak Melakukan Double Cleansing

Membersihkan wajah setelah makeup atau sebelum tidur menjadi kewajiban untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, debu, polusi, dan makeup yang masih menempel di wajah akan menyebabkan residu. Tidak heran apabila jerawat atau noda bekas jerawat akan susah hilang.

Lakukan double cleansing apabila kamu sedang memakai makeup atau berada di luar ruangan yang berdebu. Karena pembersihan biasa tidak akan maksimal, seperti hanya mencuci wajah saja.

5. Sering Menyentuh Wajah

Hal terakhir yang akan membuat noda bekas jerawat susah ialah sering menyentuh wajah. Meskipun berbagai cara ngilangin bekas jerawat kamu lakukan, tetapi mungkin tidak akan berhasil. Tindakan itu salah satu penyebab sepele yang mungkin terabaikan.

Menyentuh wajah dalam keadaan tangan kotor memang sangat tidak dianjurkan. Karena akan menambah timbulnya jerawat dan mempersulit hilangnya bekas jerawat. Jadi, pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum melakukannya.

Cara Ngilangin Bekas Jerawat Menggunakan Masker Alami

Cara menghilangkan bekas jerawat tidak hanya dengan menghindari 5 tindakan di atas. Akan tetapi, perlu perawatan lebih. Seperti menggunakan skincare khusus, facial di salon, atau juga memakai masker. Namun kamu perlu tahu kalau ternyata perawatan ngilangin noda hitam tidak perlu mahal.

Salah satunya yaitu menggunakan masker alami. Tanpa disadari cukup banyak bahan dan buah di dapur kita yang bisa dimanfaatkan. Untuk apa? Tentu untuk membuat masker supaya noda bekas jerawat segera musnah. Simak penjelasan di bawah ini tentang bagaimana menghilangkan bekas jerawat.

1. Masker Buah Pisang

Masker termasuk cara ngilangin bekas jerawat yang paling mudah selain murah. Kamu juga tidak terlalu susah untuk mendapatkannya. Apalagi jika tinggal di desa, mungkin tersedia di pekarangan rumah.

Mengapa pisang dapat memudarkan noda bekas jerawat? Karena kandungan A, B, E dan potassium serta antioksidan di dalamnya bermanfaat untuk membantu proses perbaikan dalam kulit. Agar hasil lebih baik, kamu bisa menambahkan bahan lain seperti madu dan yogurt.

Adapun cara melakukannya, kamu hanya tinggal menghancurkan buah pisang tersebut sampai halus. Jangan lupa untuk mencampurkan satu sendok Yogurt atau madu secukupnya. Aduk sampai merata.

Apabila sudah siap, langsung aplikasikan di wajah. Tunggu hingga kering. Selanjutnya bilas segera sampai bersih. Kini bekas jerawat bisa memudar dengan sendirinya apabila melakukan cara ini secara rutin.

2. Masker Cuka Apel

Cara ngilangin bekas jerawat menggunakan cuka apel sempat menjadi populer di sosial media. Pasalnya banyak sekali youtuber yang mengulasnya. Karena memang penggunaan cuka apel pada wajah bisa meregenerasi kulit serta mengangkat sel kulit mati. Asal tidak berlebihan, cara ini cukup ampuh.

BACA JUGA:  Ragam Pilihan Sabun Cuci Muka untuk Jerawat yang Aman

Terlebih lagi, kandungan antiseptik dan amino acids di dalamnya akan membunuh kuman serta menyamarkan noda bekas jerawat di wajah kamu. Penggunaan cuka apel bisa juga dikombinasikan dengan madu.

Cara membuatnya yaitu dengan memasukkan 2 sendok cuka apel asli atau tanpa campuran. Tambahkan satu sendok madu. Tidak lupa air secukupnya (bisa di skip apabila menggunakan cuka apel yang sudah diracik).

Langsung oleskan di wajah dengan kapas kecantikan. Diamkan dulu sekitar 15 menit. Atau biasanya terasa sudah sangat gatal. Kemudian cuci wajah hingga bersih dan lihat hasilnya dalam beberapa kali pemakaian.

3. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya bisa dibilang mengandung kaya akan manfaat. Tidak hanya untuk wajah, tetapi juga kulit lainnya. Bahkan bisa dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Lidah buaya biasanya dipakai untuk mengurangi peradangan kulit.

Namun ternyata lidah buaya juga termasuk cara ngilangin bekas jerawat bila dijadikan masker. Untuk hasil terbaik, kamu bisa mencampurkannya dengan air lemon atau jeruk. Fungsinya agar wajah menjadi cerah dan jauh dari noda hitam.

Kandungan citric acid dalam lemon akan membantu pengangkatan sel kulit mati. Supaya tidak salah dalam penggunaan, kamu bisa mengikuti langkah yang akan dijelaskan di bawah. Tentu agar lebih aman dan hasil memuaskan.

Kamu mau coba supaya wajah tanpa noda? Langkahnya yaitu ambil gel lidah buaya asli (jangan kemasan yang sudah mengandung parfum). Tambah air lemon satu sendok. Oleskan pada wajah dengan kuas. Jika sudah kering, bersihkan dengan air sampai bersih.

4. Masker Minyak Zaitun

Cara ngilangin bekas jerawat dengan minyak zaitun ternyata cukup ampuh. Karena kandungan vitamin serta antioksidan pada minyak tersebut sangat bagus untuk kulit. Seperti memudarkan flek dan noda, juga penuaan dini. Bagaimana membuatnya?

Kamu hanya perlu memasukkan minyak zaitun pada mangkok khusus sekitar seperempat cangkir. Bisa juga menambahkan air perasan lemon. Tambahkan air setengah cangkir, lalu aplikasikan di seluruh wajah. Tunggu sekitar 5 menit saja. Cukup bersihkan dengan kapas.

5. Masker Oatmeal

Mungkin kamu mengira bahwa oatmeal hanya untuk makanan diet. Jika benar, ternyata kamu salah. Oatmeal tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai makanan sehat, bahan makanan ini juga bisa dijadikan masker.

Cara ngilangin bekas jerawat dengan oatmeal cukup ampuh. Pasalnya oatmeal juga bisa mengangkat sel kulit mati, mengurangi peradangan, dan menyerap minyak berlebihan. Kamu cukup mencampurkannya dengan madu. Masih bingung? Ikuti langkah ini dengan mudah.

Mulanya, kamu perlu menghaluskan oatmeal terlebih dahulu. Campurkan dengan 2 sendok madu. Oleskan di wajah dan tunggu sampai kering. Sekitar 15 menit, lakukan pembersihan dan bilas dengan air bersih.

6. Masker Buah Alpukat

Masker alpukat bisa menjadi cara ngilangin bekas jerawat yang perlu kamu coba. Buah satu ini tidak hanya enak di makan, tetapi berguna untuk kulit dan rambut. Kandungan vitamin A, B, C, K, dan E serta kandungan antioksidan sangat bagus dalam memudarkan flek.

BACA JUGA:  CARA MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA CEPAT

Selain itu, alpukat juga kaya dengan omega. Begini cara membuat masker alpukat. Tentunya sangat mudah. Karena kamu hanya perlu menghancurkan sampai lembut tanpa campuran apapun. Kemudian aplikasikan dan tunggu sampai mengering, lalu bersihkan.

7. Masker Kayu Manis

Bahan makanan kayu manis juga dapat bermanfaat sebagai salah satu cara ngilangin bekas jerawat. Bumbu satu ini mengandung anti peradangan serta anti bakteri yang bagus untuk kulit. Bukan hanya itu, kayu manis juga berguna sebagai eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati.

Supaya lebih maksimal, kamu bisa menambahkan madu ke dalamnya. Dengan cara menghaluskan kayu manis atau membeli bubuk instan, lalu campurkan 1 sendok madu. Jangan lupa aduk sampai merata dan diamkan sampai dirasa mengering semua.

Bila sudah selesai, jangan lupa bersihkan wajah dengan air bersih. Kamu akan merasakan sensasi yang berbeda segera. Lakukan secara rutin hingga noda bekas jerawat menghilang dan wajah kembali bersih seperti semula.

8. Masker Bengkoang

Sebelum jenis masker lain terkenal, mungkin bengkuang sudah menjadi pilihan sejak lama. Seperti kamu tahu, buah satu ini kaya akan manfaat bagi kulit. Misalnya saja dapat mencerahkan kulit dan sebagai cara ngilangin bekas jerawat paling ampuh.

Hal tersebut karena bengkoang mengandung senyawa beta karoten serta vitamin antioksidan, seperti vitamin C dan A. Jika kamu melakukannya secara rutin, pasti noda hitam akan cepat menghilang.

Cara membuat masker alami bengkoang sedikit terbilang sulit. Kamu harus menunggu semalaman setelah menghaluskan dan meremasnya. Setelah itu, barulah muncul endapan yang bisa digunakan untuk masker setiap hari. Jika sudah aplikasikan pada wajah dengan merata.

9. Masker Kentang

Cara ngilangin bekas jerawat dengan kentang? Tentu saja. Perlu diketahui, kalau kentang memiliki kandungan niacin yang dapat mengatasi peradangan pada kulit. Juga kandungan antiseptik untuk mencegah timbulnya jerawat.

Kamu bisa memanfaatkan kentang untuk memudarkan noda bekas jerawat dengan menjadikannya masker. Tidak sulit melakukannya. Kamu hanya perlu mengiris kentang dengan tipis, lalu tempelkan hanya pada bekas jerawat saja. Tunggu sekitar 30 menit dan basuh hingga bersih.

10. Masker Mentimun

Buah mentimun memang terkenal bagus untuk jerawat juga cara ngilangin bekas jerawat. Pada mentimun terdapat vitamin A dan C yang berguna untuk memudarkan noda dan flek hitam di wajah. Selain itu, mentimun juga mengandung magnesium, mineral serta kalium.

Semua kandungan tersebut sangat bagus untuk tubuh dan kulit bila dijadikan masker. Untuk membuat masker mentimun kamu bisa memilih antara dihaluskan atau mengirisnya. Kemudian aplikasikan pada seluruh wajah atau bagian bekas jerawat saja. Tunggu sampai mengering.

Pastikan untuk rutin dalam penggunaan supaya hasil maksimal dan menghindari berbagai penyebab mengapa bekas sulit dihilangkan. Demikianlah penjelasan cara ngilangin bekas jerawat paling ampuh menggunakan masker alami.