Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah, Aman Dilakukan

Cara menghilangkan bekas jerawat merah dapat menjadi solusi bagi Kamu agar kembali tampil percaya diri. Jerawat umumnya muncul akibat kebersihan, hormon, makanan dan lain sebagainya. Apapun penyebabnya, tentu akan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

Apabila dibandingkan dengan bekas jerawat hitam, sebenarnya bekas jerawat berwarna merah lebih sulit untuk dihilangkan. Hal ini karena warna merah tersebut timbul karena peradangan di kulit pada lapisan paling dalam.

Cara menghilangkan bekas jerawat merah ini akan banyak mengkumulkan bahan-bahan alami. Contohnya adalah lidah buaya dengan polifenol, putih telur dengan enzim lysozyme dan juga bawang putih dengan zat sulful. Namun pastikan Kamu melakukannya secara rutin agar hasilnya maksimal.

Penyebab Timbulnya Bekas Jerawat Merah

Bekas jerawat merah juga biasa disebut dengan PIE. Istilah lainnya yakni Post Inflammatory erythema yang merupakan bekas jerawat kemerahan dimana sering muncul pada sekitar kulit berjerawat dan meradang. PIE terjadi akibat pembuluh darah di dalam kulit mengalami peradangan.

Kondisi ini biasanya akan semakin gatal apabila Kamu menggaruknya. PIE ini biasanya diketahui dengan adanya perubahan warna kulit menjadi kemerahan. Hal ini terjadi dikarenakan rusaknya pembuluh darah di bawah kulit.

Selain itu, kebiasaan untuk memencet dan mengelupas jerawat secara sembarangan juga menjadi penyebab bekas jerawat berubah menjadi kemerahan. Hal ini bisa membuat kulit mengalami peradangan. Bahkan akan diperparah ketika tangan Kamu sedang dalam keadaan kotor.

Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

Kerusakan jaringan akibat PIE biasanya memerlukan cara pengobatan yang lebih sulit. Salah satu solusinya yakni dengan mengaplikasikan produk skincare secara rutin. Namun jangan pernah sembarangan untuk menggunakannya, berikut ini ada kandungan khusus bagi bekas jerawat merah.

  1. Centella Asiatica

Cara menghilangkan bekas jerawat merah yakni dengan mengaplikasikan produk skincare berupa centella asiatica secara rutin. Pasalnya bahan satu ini memiliki fungsi untuk memberikan efek menenangkan pada kulit. Tentu saja hal ini berdampak baik ketika jerawat sedang meradang.

Adanya kandungan centella asiatica efektif mampu berguna meredakan iritasi dan juga kemerahan yang dialami pada wajah. Jadi ketika wajah Kamu sedang meradang hingga berubah warna menjadi cenderung merah, maka direkomendasikan untuk menggunakan produk skincare satu ini.

  1. Vitamin C

Mengaplikasikan serum vitamin C menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat merah. Adanya kandungan vitamin C ini berguna untuk meningkatkan antioksidan sekaligus meningkatkan kekuatan pada kapiler pembuluh darah. Nantinya aliran darah tersumbat menjadi lebih lancar.

BACA JUGA:  CARA MENGHILANGKAN JERAWAT SECARA CEPAT

Dengan aliran darah yang lebih lancar akan mengurangi efek kemerahan pada kulit karena biasa terjadi pada saat jerawat meradang. Kandungan antioksidan tinggi pada vitamin C ini juga mampu melindungi dari peradangan tambahan. Tidak kalah pentingnya, zat ini juga berguna memacu produksi kolagen.

  1. Niacinamide

Tentu Kamu sudah tidak asing lagi dengan kandungan niacinamide sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat merah. Bahkan produk skincare satu ini memang cukup banyak direkomendasikan dari kebanyakan ahli dalam mengobati berbagai permasalahan kulit.

Niacinamide ini berperan untuk meningkatkan lapisan pelindung kuat dan mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Selain itu kandungan ini pun juga membantu dalam meratakan warna kulit tidak merata akibat bekas jerawat.

  1. Retinol

Sebenarnya retinol sudah lama dikenal sebagai salah satu kandungan yang efektif dalam mengatasi berbagai jenis permasalahan kulit khususnya jerawat. Mulai dari mencegah garis-garis halus, keriput, menyamarkan noda halus dan flek hitam hingga meratakan warna kulit akibat bekas jerawat.

Namun yang perlu Kamu perhatikan adalah pada saat menggunakan retinol adalah jangan mengaplikasikannya bersamaan dengan vitamin C. Pasalnya ketika kedua kandungan tersebut bertemu justru akan menghambat fungsi kerjanya atau bahkan menyebabkan masalah kulit baru.

  1. Green Tea

Tentu Kamu sudah tidak asing lagi dengan kandungan green tea yang sering digunakan dalam produk khusus untuk kulit berjerawat. Bukan tanpa alasan, pasalnya tanaman teh satu ini memang memiliki khasiat bagus dalam mengobati jerawat.

Jadi jangan ragu untuk menggunakan green tea baik secara langsung maupun terkandung di dalam sebuah produk skincare. Pastikan mengaplikasikannya dengan rutin agar mendapatkan hasil maksimal. Misalnya masker green tea ataupun serum mengandung ekstrak green tea.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah

Dari ketiga kandungan skincare di atas, Kamu pun bisa menggunakannya sebagai cara menghilangkan bekas jerawat. Namun sebenarnya ada beberapa bahan alami lainnya yang tidak kalah efektif untuk memudarkan flek hitam, noda jerawat dan lainnya.

  1. Tomat

Tomat bisa Kamu gunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat merah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin A dan C cukup tinggi ada di dalamnya. Selain itu, ada juga zat senyawa antioksidan untuk menjaga kelembaban kulit.

Tomat bisa Kamu andalkan untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi pada kulit. Senyawa ini memiliki kemampuan dalam menghilangkan jerawat dan juga bekasnya secara alami. Cukup potong tomat menjadi bagian lebih kecil. Jangan lupa mencucinya kemudian tempelkan pada area wajah.

  1. Kunyit

Kandungan kurkumin di dalam kunyit dikenal bersifat anti peradangan dan juga anti bakteri. Selain itu, bahan dapur satu ini memiliki senyawa antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan sel kulit baru. Tidak hanya itu juga, Kamu bisa memanfaatkannya dalam proses pemulihan jerawat.

BACA JUGA:  Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Menghilangkannya

Kunyit pun juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah. Bahan satu ini mampu membantu mempercepat untuk menyembuhkan jerawat sekaligus menyamarkan noda bekas yang masih ada. Cukup gunakan sebagai masker dan campurkan bersamaan dengan bahan lainnya.

  1. Putih Telur

Bahan dapur satu ini juga bisa menjadi salah satu andalan dalam cara menghilangkan bekas jerawat merah. Banyak orang mengaku bahwa putih telur pun terbilang aman dan juga ampuh. Cukup ambil telur dan pisahkan sisi putih dan kuningnya. Manfaatkan bagian putihnya saja sebagai masker wajah.

Masker putih telur ini bisa Kamu biarkan selama 15 menit sampai mengering dan menempel sempurna. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, gunakan bersamaan dengan air perasan lemon. Pastikan agar membilasnya cukup menggunakan air hangat. Jangan lupa melakukannya secara rutin tiap hari.

  1. Asam Salisilat

Asam salisilat ini dapat Kamu andalkan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat merah. Pasalnya senyawa salicylic acid ini seringkali termasuk ke dalam produk perawatan kulit khusus jerawat. Senyawa ini bekerja untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati penyebab kulit berjerawat.

Asam salisilat ini akan membantu untuk mengurangi kemerahan, pembengkakan dan juga meminimalisir adanya jaringan parut jerawat. Selain itu, kandungan ini dapat Kamu gunakan untuk jenis bekas jerawat apa saja baik merah maupun hitam.

  1. Lemon

Jeruk lemon ini mempunyai sifat berupa disinfektan alami dan juga mengandung asam karbonat cukup tinggi. Hal ini kemudian membuat buah satu ini cocok untuk diandalkan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat merah. Bahkan berbagai masalah infeksi kulit dapat di atas.

Asam alami yang terkandung di dalam buah lemon ini ampuh untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, pori-pori kulit pun juga terasa lebih bersih setelahnya. Namun sebelum mengaplikasikannya, cukup bersihkan wajah terlebih dahulu. Ambil perasan jeruk lemon dan oleskan merata ke wajah.

  1. Bawang Putih

Bawang putih pun juga efektif untuk Kamu jadikan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat merah. Hal ini dipengaruhi oleh adanya kandungan zat sulfur di dalamnya. Bahkan infeksi kulit akibat jerawat juga bisa diatasi.

Kamu bisa menggunakan sedikit bawang putih yang sudah dihaluskan. Aplikasikan pada bagian wajah baik masih berjerawat atau sudah dalam keadaan tidak aktif. Biarkan selama 15 menit dan jangan biarkan terlalu lama. Jika sudah terasa maksimal, bersihkan wajah menggunakan air hangat.

  1. Retinoid

Retinoid sendiri dikenal menjadi obat dalam cara menghilangkan bekas jerawat merah. Tidak heran apabila senyawa satu ini pun juga banyak digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Bahkan zat ini memiliki kemampuan dalam mempercepat regenerasi sel-sel baru.

BACA JUGA:  Cara Layering Serum Somethinc untuk Berjerawat

Krim dan serum yang mengandung retinoid pun dapat Kamu peroleh di apotek. Namun jangan pernah membelinya secara sembarangan. Mengingat bahwa pemakaian senyawa ini cukup sensitif terutama jika terkena oleh cahaya matahari. Jadi gunakan saja di malam hari pada saat sebelum tidur.

  1. Lidah Buaya

Bahan alami satu ini memiliki kandungan polifenol yang cukup tinggi. Bahkan senyawa ini pun memiliki kemampuan untuk menghilangkan bekas jerawat merah sehingga Kamu bisa menggunakannya secara rutin. Cukup aplikasikan pada area wajah guna mengurangi efek peradangan.

Lidah buaya pun juga memiliki kemampuan lain untuk meminimalisir ukuran jaringan parut. Tidak hanya mengandung polifenol saja, tanaman satu ini pun mempunyai kandungan asam salisilat alami. Senyawa satu ini sangat efektif dalam pemulihan jerawat sekaligus bekasnya.

  1. Madu

Banyak orang yang menganggap bahwa madu memang memiliki seribu manfaat untuk berbagai jenis permasalahan tubuh. Salah satunya yakni termasuk ke dalam cara menghilangkan bekas jerawat merah. Tidak hanya itu saja, bahan alami satu ini juga mampu menjaga kelembaban kulit.

Madu pun juga berguna untuk melawan infeksi yang dapat menyebabkan jerawat lebih banyak muncul. Kamu hanya perlu oleskan madu murni di bagian jerawatnya. Namun jika mau, gunakan bersamaan dengan bahan alami lain. Lakukan treatment secara rutin agar benar-benar mendapat hasil maksimal.

  1. Teh Hijau

Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Ada juga senyawa flavonoid dan tannin dimana keduanya ampuh melawan bakteri sekaligus mengurangi peradangan.

Bahan alami satu ini memang terbukti mampu mengurangi produksi sebum dan juga menghambat pertumbuhan bakteri. Tidak heran apabila teh hijau juga cocok dijadikan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah.

Kamu bisa mengompres jerawat menggunakan teh hijau. Tidak hanya menerapkan secara langsung pada kulit, namun cobalah untuk menyeduhnya juga sehingga mendapat asupan nutrisi dari dalam.

Kamu bisa mencoba beberapa bahan di atas dan pastikan untuk mengaplikasikan secara rutin agar benar-benar bekerja lebih optimal. Banyak orang yang mengeluh jika hasil cara menghilangkan bekas jerawat merah nihil dan tidak membuahkan hasil akibat tidak rutin dilakukan.