13 Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam Mudah dan Efektif

13 Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam Mudah dan Efektif

Cara menghilangkan jerawat dalam semalam mungkin terdengar agak meragukan. Namun, usaha ini tetap bisa dilakukan dengan hasil yang optimal. Jerawat yang muncul ketika hendak menghadiri acara penting keesokan harinya pasti sangatlah mengganggu. Jadi kamu bisa memilih untuk menggunakan bahan-bahan simpel untuk mengatasi jerawat.

Beberapa bahan bisa ditemukan dengan mudah dan bisa jadi sudah tersedia di rumah. Meski demikian, bahan-bahan di bawah ini memiliki banyak sekali manfaat khususnya dalam hal mengatasi jerawat dan bekasnya. Daripada penasaran, simak beberapa caranya di bawah ini!

Cara Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam

Jerawat hilang dalam 1 malam bukan hal mustahil karena ada banyak cara yang bisa dilakukan. Jadi nggak perlu lagi mengkhawatirkan penampilan yang terganggu akibat jerawat pada keesokan harinya. Dengan cara-cara mudah berikut, kamu akan dengan cepat menghilangkan jerawat, diantaranya adalah:

1. Oleskan Obat Jerawat

Cara pertama sebagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam adalah mengoleskan obat jerawat. Banyak obat jerawat yang beredar di pasaran jadi kamu bisa memilihnya dengan bebas. Namun bila masih kebingungan, kamu bisa langsung mengkonsultasikannya dengan apoteker untuk mendapatkan obat yang sesuai.

Obat jerawat umumnya mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Kandungan ini berperan sebagai untuk melawan bakteri penyebab jerawat serta mengurangi peradangan. Namun benzoil peroksida memiliki efek samping yakni membuat kering, jadi gunakan obat 1-2 kali saja dalam sehari.

Sedangkan asam salisilat berfungsi untuk membersihkan kotoran dalam pori-pori. Serta berfungsi mengeringkan jerawat atau pustula dengan white heads. Penggunaan obat jerawat sangat dianjurkan karena telah dibuat oleh ahli yang terpercaya.

2. Gunakan Tea Tree Oil

Bahan yang berasal dari hasil ekstraksi pohon Melaleuca alternifolia dari Australia. Ekstrak tea tree telah terbukti mampu mengurangi peradangan pada kulit dan melawan bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Sehingga tea tree oil dapat dengan cepat memusnahkan jerawat.

Meskipun terbilang ampuh dalam mengobati jerawat yang ringan hingga meradang. Tetapi, tea tree oil tetap memiliki efek samping yang harus diwaspadai. Efek yang bisa ditimbulkan adalah iritasi, kulit kering, dan adanya rasa terbakar.

Penggunaan tea tree oil untuk jerawat bisa menggunakan carrier oil seperti minyak zaitun, almond oil, atau minyak kelapa sebagai campuran. Setelah mencampurkannya, celup kapas dan oles pada jerawat. Untuk menghindari efek samping, kamu juga bisa menambahkan pelembab sebelum tidur.

BACA JUGA:  Obat Penghilang Jerawat Paling Ampuh Sesuai Resep Dokter

3. Oleskan Gel Lidah Buaya

Tanaman populer satu ini memanglah mempunyai banyak khasiat, terutama dalam perawatan kulit. Kandungan dalam lidah buaya mampu memusnahkan bakteri yang jadi penyebab jerawat, mengurangi inflamasi, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan lidah buaya juga mampu mengatasi ruam atau psoriasis.

Dengan berbagai manfaat tersebut, lidah buaya dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam yang efektif. Penggunaan lidah buaya pun sangat gampang, cukup oleskan gel lidah buaya baik yang segar ataupun yang telah jadi produk ke area jerawat. Lakukan hal ini sebelum tidur.

Saat ini merek-merek produk kecantikan bahkan telah memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan utama maupun bahan sampingannya. Baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Jadi, kamu harus pandai-pandai memilih produk yang memiliki izin edar seperti BPOM.

4. Gunakan Masker Belerang atau Sulfur

Penggunaan masker wajah berbahan sulfur atau belerang juga bisa dijadikan cara menghilangkan jerawat dalam semalam. Sebab sulfur merupakan kandungan yang fungsinya hampir sama dengan benzoil peroksida serta asam salisilat. Yakni untuk mengatasi penyebab jerawat dan menghilangkannya.

Sulfur juga memiliki manfaat sebagai penyerap minyak berlebih pada kulit. Selain itu, kotoran akan mudah dikeluarkan karena pori-pori yang terbuka. Serta pastinya peran penting dari sulfur yaitu mengurangi inflamasi atau peradangan.

Sulfur memiliki aroma khas yang menyengat. Jadi kamu bisa menggunakan masker di area yang berjerawat ataupun pada seluruh wajah. Waktu pemakaian juga mempengaruhi hasil, bila waktu pemakaian tidak sesuai petunjuk atau terlalu lama yang ada wajah akan menjadi kering.

5. Gunakan Teh Hijau

Diketahui, teh hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi dan anti peradangan yang ampuh mengatasi masalah jerawat. Teh hijau juga mempunyai senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) yang kaya.

Inilah yang membuat teh hijau mampu merawat kulit berjerawat dan kulit berminyak. Salah satu cara menghilangkan jerawat dalam semalam ini pun metodenya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Seduh teh hijau dengan setengah gelas air mendidih.
  • Biarkan teh hijau selama 5 menit atau sampai berubah warna.
  • Angkat ampas atau kantong teh hijau.
  • Simpan di lemari es (dapat digunakan untuk mengompres jerawat atau mata panda).
  • Ambil kapas dan basahi dengan larutan teh hijau.
  • Oleskan di area yang berjerawat.

6. Kompres dengan Es Batu

Cara menghilangkan jerawat dalam semalam ini lebih simpel lagi. Cara ini dianggap ampuh untuk meredakan peradangan, nyeri akibat jerawat, dan bengkak. Bahkan hal ini juga banyak dilakukan oleh para ahli kecantikan untuk para kliennya. Berikut cara sederhana untuk melakukannya:

  • Ambil sepotong kecil es batu.
  • Bungkus dengan kain lembut atau handuk kecil.
  • Tempel pada area yang berjerawat sekitar 20-30 detik.
  • Istirahatkan kulit selama 1 menit.
  • Tempel lagi es batu.
  • Ulangi langkah-langkah berikut beberapa kali dalam sehari.
BACA JUGA:  Cara Ngilangin Bekas Jerawat Menggunakan Masker Alami

7. Pakai Air Perasan Lemon

Kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti lemon untuk menghempaskan jerawat di wajah. Penggunaan air perasan lemon sebagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam juga cukup efektif. Sebab air perasan lemon kaya akan vitamin C.

Adanya kandungan vitamin C berfungsi meredakan jerawat sekaligus memudarkan bekasnya karena vitamin C juga bisa mencerahkan wajah. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Kamu bisa mengoleskan air perasan lemon menggunakan kapas di area jerawat pada siang maupun malam hari sebelum tidur.

8. Gunakan Madu dan Kayu Manis

Bahan alami lainnya untuk cara menghilangkan jerawat dalam semalam yaitu madu dan kayu manis. Kedua bahan ini mengandung senyawa anti mikroba yang bisa melawan bakteri pada jerawat. Begini cara menggunakannya:

  • Siapkan 2 sendok makan madu manuka atau madu jenis lainnya.
  • Serta sesendok teh kayu manis berbentuk bubuk.
  • Kemudian campur kedua bahan yang telah disiapkan.
  • Oles sedikit demi sedikit pada area wajah yang berjerawat.

Berdasarkan penelitian dari Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, madu berfungsi untuk meredakan jerawat. Hal ini karena adanya zat anti mikroba yang lebih banyak. Sebab pH yang dimilikinya rendah dan tinggi gula.

9. Manfaatkan Tomat

Buah tomat memiliki segudang manfaat termasuk sebagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam. Khasiatnya sudah populer dalam hal kesehatan dan kecantikan. Cara menggunakannya pun sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih tomat segar yang telah matang dan berwarna oranye.
  • Haluskan tomat dengan blender atau garpu hingga berbentuk bubur.
  • Kemudian, gunakan bubur tomat untuk masker wajah.
  • Tunggu hingga bubur tomat mengering yaitu selama 15-30 menit.
  • Selanjutnya cuci wajah dengan air bersih yang mengalir.

10. Pakai Jeruk Nipis

Selain jeruk lemon, jeruk nipis juga bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat. Kandungan Alpha Hydroxy Acid atau AHA bisa untuk cara menghilangkan jerawat dalam semalam saja.

Di samping itu, senyawa ini juga mampu memudarkan bekas jerawat, menghaluskan kulit, serta mengangkat sel kulit mati. Penasaran caranya? Ikuti langkah-langkah sederhananya di bawah ini:

  • Siapkan 2 sampai 3 jeruk nipis.
  • Lalu, irislah menjadi 2 bagian.
  • Selanjutnya peras dan saring air jeruk nipis.
  • Ambil kapas, basahi kapas dengan air jeruk nipis.
  • Maka tempelkan kapas pada area yang berjerawat.
  • Tunggu hingga 10 menit.
  • Terakhir bilas wajah dengan air.

11. Gunakan Putih Telur

Penggunaan putih telur juga terkenal untuk cara menghilangkan jerawat dalam semalam secara cepat. Hal ini karena adanya kandungan enzim Lysozyme dalam putih telur. Kandungan ini bermanfaat untuk meredakan jerawat.

BACA JUGA:  KENAPA BEKAS JERAWAT MERAH DAN CARA MENGATASINYA

Putih telur memiliki fungsi lain dalam pengangkatan debu serta sel kulit mati. Jadi, timbulnya jerawat bisa dicegah dan bekasnya mudah memudar. Cara menggunakannya yaitu:

  • Siapkan sebutir telur.
  • Selanjutnya pisah antara putih dan kuning telur.
  • Lalu kocoklah putih telur sampai berbusa dan mengembang.
  • Maka putih telur sudah bisa dioleskan pada jerawat dan bekasnya.
  • Tunggu 10 menit dan bilas dengan air.

12. Pakai Bawang Merah

Anti mikrobial juga terkandung dalam salah satu bahan alami yakni bawang merah. Sehingga cocok untuk cara menghilangkan jerawat dalam semalam yang mudah dilakukan. Anti mikrobial dalam bawang merah mampu melawan bakteri yang menyebabkan jerawat serta memudarkan bekas jerawat. Cara hilangkan jerawat dalam semalam juga sangat mudah. Berikut cara yang bisa dilakukan:

  • Siapkan 2-3 siung bawang merah.
  • Parut bawang merah sampai benar-benar halus.
  • Lalu oles parutan bawang merah ke jerawat atau bekasnya.
  • Biarkan dalam 5 menit atau lebih cepat.
  • Kemudian bilas wajah dengan air.

13. Manfaatkan Mentimun

Selanjutnya untuk cara menghilangkan jerawat dalam semalam yang terakhir adalah menggunakan mentimun. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam mentimun berkhasiat untuk meredakan jerawat.

Selain itu, flek hitam dan bekas jerawat juga dapat dihilangkan menggunakan mentimun. Ikuti langkah mudah berikut untuk memanfaatkan mentimun:

  • Siapkan mentimun berukuran kecil hingga sedang.
  • Cuci dengan bersih dan parut mentimun hingga halus.
  • Tempelkan hasil parutan pada bagian-bagian yang diinginkan atau seluruh wajah.
  • Lalu tunggu 30 menit dan bilas dengan air.

Tips Menjaga Kulit Sehat Terhindar dari Jerawat

Siapa sih yang mau punya kulit yang berjerawat dan tidak sehat? Pasti nggak ada yang mau kan. Maka dari itu, kulit juga harus dijaga kesehatannya. Berikut akan kami berikan beberapa tips untuk menjaga dan merawat kulit terutama pada kulit wajah:

  • Makan makanan bernutrisi dan rajin minum air putih.
  • Tidur yang cukup dan hindari stres
  • Cuci wajah minimal 2 kali dalam sehari, setelah berkeringat, atau sehabis bepergian.
  • Jangan gunakan produk pencuci wajah mengandung alkohol dan kasar karena menyebabkan kulit iritasi.
  • Jangan juga menggosok kulit wajah dengan kasar dan keras.
  • Usahakan membilas dengan air hangat setelah mencuci wajah.
  • Bersihkan wajah dari riasan wajah dan kotoran sebelum tidur.
  • Keramaslah secara rutin terlebih bila memiliki rambut yang berminyak.
  • Jika muncul jerawat, jangan dipencet! Karena justru akan menimbulkan bekas dan infeksi.

Cara menghilangkan jerawat tidak selalu memberikan hasil yang memuaskan. Terkadang efek samping juga bisa ditimbulkan akibat pengaplikasian bahan yang tidak cocok. Cara menghilangkan jerawat dalam semalam yang efektif dan mudah dilakukan berbeda tiap individu.