Apa itu Witch Hazel untuk Jerawat?

Apa Itu Witch Hazel Untuk Jerawat?
Source: bing.com

Witch hazel adalah ramuan yang dibuat dari kulit dan daun pohon witch hazel (Hamamelis virginiana). Witch hazel telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai masalah kulit. Di antara manfaatnya, witch hazel dipuji untuk penangan jerawat. Namun, apakah witch hazel benar-benar bagus untuk jerawat? Mari kita lihat lebih dekat.

Bagaimana Witch Hazel Bekerja untuk Jerawat?

Kandungan bioaktif dalam witch hazel membantu mengurangi peradangan, menyegarkan kulit, dan mengurangi produksi minyak yang berlebihan. Ini dapat membantu mengurangi jerawat dan juga mengurangi iritasi kulit. Witch hazel juga dapat mengurangi dan mencegah bintik hitam dan kerutan.

Cara Menggunakan Witch Hazel untuk Jerawat

Kamu dapat membeli produk witch hazel di toko obat atau di toko kecantikan. Sebelum memulai rutinitas perawatan kulit, kamu harus memastikan bahwa produk witch hazel yang kamu gunakan bebas alkohol. Alkohol dalam produk witch hazel dapat menyebabkan peningkatan iritasi dan peradangan pada kulit.

Setelah menemukan produk witch hazel yang tepat, kamu dapat mencuci muka dengan air hangat dan mengeringkannya. Kemudian, kamu akan membasahi kapas dengan witch hazel dan mengoleskannya ke kulit. Biarkan kulit menyerap sisa witch hazel selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin. Kamu dapat melakukan ini sebanyak dua atau tiga kali seminggu.

Manfaat Witch Hazel untuk Jerawat

Beberapa manfaat dari penggunaan witch hazel untuk jerawat adalah:

  • Membantu mengurangi peradangan dan iritasi kulit
  • Mengurangi produksi minyak berlebih
  • Mengurangi jerawat dan bintik hitam
  • Menyegarkan dan melembabkan kulit
  • Mengurangi kerutan dan tanda penuaan
BACA JUGA:  Jerawat di Biji Kemaluan: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ketahui Efek Samping Witch Hazel

Meskipun witch hazel memiliki banyak manfaat, ada beberapa efek samping yang harus dipertimbangkan. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi adalah iritasi, gatal, atau reaksi alergi. Jika kamu mengalami salah satu dari efek samping ini, hentikan penggunaan witch hazel dan hubungi dokter.

Kesimpulan

Witch hazel dapat membantu mengurangi jerawat dan iritasi kulit. Meskipun produk witch hazel aman untuk digunakan, ada beberapa efek samping yang harus dipertimbangkan. Jika kamu berpikir bahwa witch hazel adalah pilihan yang tepat untuk masalah jerawatmu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan untuk mendapatkan saran profesional.

Referensi

Sahabat Kecantikan, “Gunakan Witch Hazel untuk Jerawat? Ini yang Harus Kamu Ketahui!”, Kecantikan, 17 Mei 2020, https://www.kecantikan.id/artikel/gunakan-witch-hazel-untuk-jerawat-ini-yang-harus-kamu-ketahui

VideoApa itu Witch Hazel untuk Jerawat?