Warna Jerawat dan Penyebabnya

Warna Jerawat Dan Penyebabnya
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum. Ini dapat menyebabkan tekanan psikologis yang besar bagi orang yang mengalaminya. Jerawat dapat muncul di mana saja di tubuh, tetapi umumnya muncul di wajah, dada, dan punggung. Jerawat dapat muncul dalam berbagai ukuran dan warna. Salah satu warna yang paling umum adalah merah. Namun, ada beberapa penyebab lainnya yang dapat menyebabkan jerawat berubah warna.

Penyebab Warna Jerawat

Satu penyebab utama warna jerawat adalah infeksi bakteri. Bakteri seperti Propionibacterium acnes biasanya menyebabkan peradangan di sekitar jerawat. Infeksi bakteri dapat membuat jerawat berubah warna menjadi lebih merah. Infeksi juga dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih besar dan lebih nyeri.

Selain infeksi bakteri, beberapa jenis obat-obatan dapat juga menyebabkan perubahan warna jerawat. Beberapa jenis obat topikal dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari, yang dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih merah. Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gelap, yang dapat menyebabkan jerawat tampak lebih gelap atau hitam.

Stres juga dapat menyebabkan perubahan warna jerawat. Ketika Anda merasa stres atau tertekan, tubuh Anda akan memproduksi hormon kortisol, yang dapat memicu peradangan dan membuat jerawat berubah warna. Stres juga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi bakteri, yang dapat menyebabkan jerawat lebih merah.

Bagaimana Cara Mengatasi Warna Jerawat?

Untuk mengurangi perubahan warna jerawat, Anda harus mengurangi stres dan melakukan manajemen stres yang baik. Anda juga harus menjaga kulit Anda tetap bersih dan bersihkan jerawat dengan air hangat secara teratur. Gunakan produk kulit yang tidak berasap dan bersifat hypoallergenic, dan hindari menggunakan produk yang dapat menyebabkan iritasi atau peradangan.

BACA JUGA:  Manfaat Sabun Pond's untuk Jerawat

Anda juga harus menghindari sinar matahari yang berlebihan, karena ini dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih merah. Jika Anda harus berada di bawah sinar matahari, gunakan krim pelindung matahari yang memiliki SPF yang tinggi. Anda juga harus menghindari menggosok atau menekan jerawat, karena ini dapat menyebabkan infeksi bakteri dan memperburuk peradangan.

Jika Anda mengalami perubahan warna jerawat, sebaiknya Anda berbicara dengan dokter Anda tentang pengobatan yang tepat. Dokter Anda dapat meresepkan obat-obatan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan membantu mengurangi warna jerawat. Mereka juga dapat merekomendasikan produk topikal yang dapat membantu mengurangi perubahan warna jerawat.

Kesimpulan

Jerawat dapat berubah warna karena berbagai alasan, termasuk infeksi bakteri, obat-obatan, stres, dan sinar matahari. Untuk mengurangi perubahan warna jerawat, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, seperti mengurangi stres dan menggunakan produk kulit yang tidak berasap. Jika Anda mengalami perubahan warna jerawat, sebaiknya berbicara dengan dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

VideoWarna Jerawat dan Penyebabnya