Tumbuhnya Jerawat Pada Masa Pubertas Disesebabkan Oleh

Tumbuhnya Jerawat Pada Masa Pubertas Disesebabkan Oleh
Source: bing.com

Masa pubertas adalah salah satu periode penting dalam kehidupan seseorang. Fase ini biasanya dimulai pada usia antara 11 hingga 15 tahun. Pada masa ini, tubuh pun mulai berubah dan terjadi beberapa perubahan fisik yang mungkin tidak terduga. Salah satu perubahan yang umum adalah tumbuhnya jerawat pada wajah atau bagian tubuh lainnya.

Tumbuhnya jerawat pada masa pubertas sering dianggap sebagai fenomena normal. Tetapi, ternyata ada banyak penyebab yang menyebabkan jerawat tumbuh pada masa pubertas. Secara umum, hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon yang berlangsung pada masa pubertas.

Perubahan Hormon pada Masa Pubertas

Pada masa pubertas, tubuh mulai mengalami perubahan hormon. Pada saat ini, produksi hormon androgen meningkat, terutama pada laki-laki. Hormon ini memicu terjadinya perubahan yang menyebabkan bertambahnya jumlah sebum pada kulit. Sebum adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea di kulit.

Sebum dibutuhkan untuk menjaga kelembaban kulit dan melindungi kulit dari bakteri. Namun, jika terlalu banyak sebum yang dihasilkan, maka akan menutupi pori-pori sehingga bakteri berkembang biak. Hal ini menyebabkan terbentuknya jerawat pada bagian kulit.

Faktor Lain yang Mempengaruhi Tumbuhnya Jerawat

Selain hormon, faktor lain juga dapat mempengaruhi tumbuhnya jerawat. Faktor lain tersebut antara lain adalah stres, pola makan yang tidak sehat, kurangnya olahraga, pola tidur yang tidak teratur, dan konsumsi obat-obatan tertentu. Semua faktor tersebut berpotensi meningkatkan risiko tumbuhnya jerawat pada masa pubertas.

Cara Mencegah Tumbuhnya Jerawat Pada Masa Pubertas

Mungkin Anda tidak bisa menghindari tumbuhnya jerawat selama masa pubertas. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah jerawat tumbuh. Pertama, Anda harus menjaga kulit agar tetap bersih dengan mencuci wajah setidaknya dua kali sehari. Kedua, Anda juga harus menghindari konsumsi makanan berlemak dan makanan yang tinggi gula. Ketiga, Anda harus menjaga pola tidur yang teratur dan menghindari stres.

BACA JUGA:  Kuaci Sebabkan Jerawat?

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Tumbuhnya jerawat pada masa pubertas biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa bantuan dokter. Bila jerawat tidak hilang selama 6 bulan, maka Anda harus berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter akan memeriksa kondisi kulit Anda dan menyarankan obat atau produk kosmetik yang sesuai untuk mengatasi jerawat Anda.

Kesimpulan

Tumbuhnya jerawat pada masa pubertas disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Selain itu, faktor lain seperti stres, pola makan yang tidak sehat, kurangnya olahraga, pola tidur yang tidak teratur, dan konsumsi obat-obatan juga dapat mempengaruhi tumbuhnya jerawat. Untuk mencegah tumbuhnya jerawat, Anda harus menjaga kulit agar tetap bersih dan menghindari makanan berlemak dan gula. Bila jerawat tidak hilang setelah 6 bulan, maka Anda harus berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

VideoTumbuhnya Jerawat Pada Masa Pubertas Disesebabkan Oleh