Cara Menghilangkan Jerawat Saat Pubertas

Cara Menghilangkan Jerawat Saat Pubertas
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah yang umum saat masa pubertas. Beberapa orang akan mengalami jerawat lebih parah daripada orang lain, dan ini bisa menjadi sumber stres yang berat. Tidak hanya itu, jerawat juga dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Namun, ada cara untuk mengatasi jerawat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menghilangkan jerawat saat pubertas.

1. Menjaga Kebersihan Kulit

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat saat pubertas adalah menjaga kebersihan kulit. Bersihkan wajah Anda setiap hari dengan air hangat dan sabun khusus kulit berminyak. Hindari menggosok kulit secara keras karena ini dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan lebih banyak jerawat. Setelah Anda membersihkan kulit, selalu gunakan pelembab untuk menjaga kulit tetap lembap.

2. Hindari Tekanan

Stres juga dapat menyebabkan jerawat. Jadi, cobalah untuk menghindari tekanan sebanyak mungkin. Jika Anda merasa stres, cobalah untuk beristirahat, melakukan seni, atau lakukan hal-hal yang menyenangkan. Ini akan membantu Anda menenangkan pikiran dan meredakan stres.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang Anda makan dapat mempengaruhi tingkat jerawat. Makanan yang kaya lemak dan gula dapat meningkatkan produksi minyak di kulit, yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat dan Bruntusan di Wajah

4. Gunakan Produk Pencuci Wajah

Setelah membersihkan kulit, gunakan produk pencuci wajah khusus untuk jerawat. Produk-produk ini dapat membantu mengurangi minyak dan mengurangi jumlah jerawat. Namun, jangan menggunakan produk yang terlalu keras karena ini dapat membuat kulit Anda menjadi kering dan iritasi. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

5. Gunakan Masker

Masker berfungsi sebagai pembersih alami untuk wajah. Anda dapat memilih masker yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Masker dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak dari kulit, dan juga dapat membantu mengurangi jerawat. Gunakan masker setidaknya satu kali seminggu untuk membantu Anda menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat.

6. Hindari Berlebihan Menggunakan Kosmetik

Kosmetik dapat membuat wajah terlihat lebih menarik, namun jangan gunakan produk kosmetik berlebihan. Produk kosmetik yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan produksi minyak di wajah, yang dapat meningkatkan jumlah jerawat. Jadi, pastikan untuk menggunakan produk kosmetik dengan bijaksana dan selalu bersihkan wajah Anda dengan baik setelah menggunakan produk kosmetik.

7. Gunakan Produk Penghilang Jerawat

Anda juga dapat menggunakan produk penghilang jerawat, seperti suntikan atau obat-obatan topikal. Produk ini dapat membantu mengurangi jumlah jerawat di wajah Anda. Namun, pastikan untuk menggunakannya sesuai petunjuk dokter. Jangan gunakan produk penghilang jerawat tanpa resep dokter karena ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

8. Cuci Baju Setiap Hari

Kain yang digunakan sehari-hari juga dapat menyebabkan jerawat. Jadi, pastikan untuk mencuci pakaian Anda setiap hari. Gunakan sabun yang tidak berlebihan dan jangan gunakan softener karena bahan-bahan ini dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan jumlah jerawat.

9. Manfaatkan Vitamin

Vitamin juga dapat membantu mengurangi jerawat. Vitamin A, C, dan E adalah vitamin yang baik untuk kulit. Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut atau menggunakan suplemen untuk menambah asupan vitamin. Vitamin-vitamin ini akan membantu menjaga kulit tetap sehat dan bersinar.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Jerawat Merah di Apotik

10. Periksa Kesehatan Hormonal Anda

Jika Anda mengalami jerawat parah saat pubertas, Anda mungkin harus memeriksa kesehatan hormonal Anda. Beberapa kondisi medis, seperti sindrom ovarium polikistik, dapat menyebabkan jerawat. Jadi, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang masalah ini dan cari tahu apakah Anda membutuhkan tes atau perawatan khusus.

Kesimpulan

Jerawat adalah masalah umum yang dialami saat masa pubertas. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jumlah jerawat di wajah Anda. Jaga kebersihan kulit dengan sabun khusus kulit berminyak dan gunakan pelembab setelahnya. Hindari stres, makan makanan sehat, gunakan masker, dan hindari berlebihan menggunakan kosmetik. Gunakan produk pencuci wajah dan produk penghilang jerawat sesuai petunjuk dokter. Cuci baju Anda setiap hari dan manfaatkan vitamin. Jika masalah ini berlanjut, pastikan untuk memeriksa kesehatan hormonal Anda. Dengan mengikuti cara-cara ini, Anda akan melihat perbedaan dalam wajah Anda.

VideoCara Menghilangkan Jerawat Saat Pubertas