Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah umum yang banyak dialami oleh banyak orang, terutama remaja. Meskipun jerawat bisa menghilang dengan sendirinya, kadang bisa menjadi sangat mengganggu dan memengaruhi kepercayaan diri. Para ahli kulit merekomendasikan berbagai cara untuk menghilangkan jerawat. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghilangkan jerawat secara alami.

1. Kurangi Produk-Produk Berminyak

Menggunakan produk berminyak seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau produk berminyak lainnya, dapat membuat jerawat bertambah parah. Produk berminyak menutupi pori-pori kulit, sehingga mengurangi aliran udara ke kulit. Ini membuat kulit lembab dan lembap, yang bisa menyebabkan jerawat. Menghindari produk berminyak dan menggunakan produk kulit yang tidak berminyak adalah langkah pertama untuk menghilangkan jerawat.

2. Gunakan Produk Pelembab yang Cukup

Ketika mencoba untuk menghilangkan jerawat, banyak orang salah mengira bahwa tidak menggunakan pelembab akan mengurangi minyak dan mengurangi jerawat. Namun, kenyataannya menjadi sebaliknya. Jika kulit kering, ia akan menghasilkan lebih banyak minyak. Gunakan pelembab yang ringan dan non-komedogenik untuk membantu menjaga kulit tetap lembap tanpa menyumbat pori-pori.

3. Gunakan Scrub Pembersih Wajah

Menggunakan scrub pembersih wajah adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan jerawat. Scrub pembersih wajah akan membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu mengurangi produksi minyak. Untuk hasil terbaik, gunakan scrub pembersih wajah yang lembut dan tidak mengiritasi. Hindari scrub yang terlalu kasar yang dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk jerawat.

BACA JUGA:  Cara Membuat Kulit Wajah Mulus Tanpa Jerawat

4. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu mengurangi produksi minyak dan mencegah jerawat. Masker wajah yang baik adalah masker yang dapat menyerap minyak dan mengangkat sel kulit mati. Pilih masker yang dapat mengontrol minyak dan keringkan jerawat. Masker wajah yang berbasis bubuk adalah pilihan yang baik untuk mengurangi minyak dan menguatkan kulit.

5. Minum Air Putih

Minum air putih adalah cara yang bagus untuk membersihkan tubuh dari dalam. Air putih dapat membantu mengatur metabolisme tubuh, membantu pencernaan, dan menghilangkan racun dari tubuh. Minum setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya untuk hasil terbaik.

6. Gunakan Produk Anti-Jerawat

Produk anti-jerawat seperti gel atau krim dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Produk-produk ini mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, asam azelaat, atau asam klorogenat yang membantu mengurangi bintik-bintik dan menghilangkan jerawat. Produk-produk ini juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat yang tersisa.

7. Pilih Sabun yang Tepat

Pilih sabun yang tepat untuk membersihkan wajah. Sabun yang kurang cocok dapat membuat kulit terlalu kering atau berminyak. Sabun yang cocok adalah sabun dengan pH yang rendah yang dapat membersihkan kulit tanpa mengeringkan. Sabun yang bersifat antiseptik juga akan membantu mencegah jerawat.

8. Pakailah Sunblock

Pakailah sunblock setiap hari. Paparan sinar matahari berlebihan dapat memicu jerawat. Pilih sunblock dengan SPF yang tinggi dan gunakan sebelum beraktifitas di luar ruangan. Sunblock dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

9. Jauhi Merokok

Merokok dapat menyebabkan jerawat. Asap rokok dapat menyebabkan iritasi kulit dan menghalangi aliran darah ke kulit. Jika anda merokok, maka berhentilah dan lihat apakah jerawat anda berkurang.

BACA JUGA:  Obat Kasih Hilang Jerawat

10. Jaga Kebersihan Wajah

Jaga kebersihan wajah dengan baik. Jangan lupa untuk membersihkannya secara teratur. Bersihkan wajah anda selama 2 kali sehari dengan sabun yang tepat. Jangan lupa untuk membersihkan alat make up dan gunakan make up berkualitas tinggi untuk menghindari iritasi.

Kesimpulan

Tips di atas dapat membantu mengurangi jerawat. Untuk hasil terbaik, perbanyaklah konsumsi air putih, pastikan anda menggunakan produk kulit yang tepat dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan wajah. Jika anda masih memiliki masalah jerawat, sebaiknya anda meminta saran kepada ahli kulit.

VideoTips Menghilangkan Jerawat Secara Alami