Tipe Jerawat Pustula dan Cara Mengatasinya

Tipe Jerawat Pustula Dan Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum di seluruh dunia. Kebanyakan orang mengalaminya pada masa remaja, namun ada juga orang dewasa yang mengalaminya. Jerawat ada dalam berbagai macam bentuk dan tipe. Salah satunya adalah tipe jerawat pustula.

Apa itu Jerawat Pustula?

Jerawat pustula adalah jenis jerawat yang terdiri dari kelenjar minyak yang mengalami inflamasi dan membentuk nanah. Nanah ini disertai bintik putih di atasnya, yang disebut komedo atau komedo terbuka. Bintik putih ini disebabkan oleh akumulasi sebum dan kotoran di dalam kelenjar minyak. Jerawat pustula biasanya berwarna merah kekuningan dan kadang-kadang disertai dengan bengkak.

Penyebab Jerawat Pustula

Penyebab utama jerawat pustula adalah produksi minyak berlebihan. Minyak berlebihan dapat menyumbat pori-pori kulit, sehingga membuat jerawat tumbuh. Bakteri P.acnes, yang bertanggung jawab untuk mengubah minyak menjadi komedo, juga bisa menyebabkan jerawat pustula. Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan peradangan di sekitar jerawat, yang menyebabkan nanah dan pembengkakan.

Gejala Jerawat Pustula

Jerawat pustula memiliki gejala yang mudah dikenali. Bintik putih di atasnya, nanah, dan pembengkakan merupakan ciri utama jerawat pustula. Jerawat pustula juga dapat menyebabkan nyeri dan gatal di sekitar kulit. Jika jerawat pustula berlanjut, maka bisa menyebabkan bekas luka.

Cara Mengatasi Jerawat Pustula

Untuk mengatasi jerawat pustula, Anda dapat menggunakan beberapa cara. Pertama, Anda dapat menggunakan obat-obatan berbasis salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk mengurangi produksi minyak dan membantu menghilangkan jerawat. Kedua, Anda dapat menggunakan obat antiseptik atau antibiotik untuk mengatasi infeksi yang mungkin terjadi. Terakhir, Anda juga harus menjaga kebersihan kulit dengan rutin membersihkannya.

BACA JUGA:  Bekas Jerawat Menjadi Benjolan, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Alat Penghilang Jerawat Pustula

Selain obat-obatan, Anda juga dapat mencoba alat penghilang jerawat seperti spot treatment, masker, dan scrub. Spot treatment adalah produk yang mengandung bahan aktif seperti benzoyl peroxide atau salicylic acid yang bertujuan untuk menyembuhkan jerawat. Masker akan membantu menghilangkan sebum dan kotoran dari kulit. Sedangkan scrub akan membantu membersihkan kulit dengan lembut, sehingga membantu menghilangkan jerawat.

Cara Pencegahan Jerawat Pustula

Anda juga dapat melakukan beberapa cara untuk mencegah jerawat pustula. Pertama, hindari menyentuh wajah Anda terlalu sering atau memegang benda yang kotor. Kedua, hindari menggunakan produk yang mengandung minyak berlebihan seperti produk untuk rambut. Ketiga, jangan lupa untuk menjaga kebersihan kulit dan rutin membersihkannya setiap hari. Terakhir, jangan lupa untuk menjaga asupan nutrisi yang baik dan berolahraga secara teratur.

Kesimpulan

Jerawat pustula adalah jenis jerawat yang terdiri dari kelenjar minyak yang mengalami inflamasi dan membentuk nanah. Penyebab utamanya adalah produksi minyak berlebihan, bakteri P.acnes, dan infeksi. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan obat-obatan dan alat penghilang jerawat, serta melakukan beberapa cara untuk mencegah jerawat pustula.

VideoTipe Jerawat Pustula dan Cara Mengatasinya