Tipe Jerawat Kistik

Tipe Jerawat Kistik
Source: bing.com

Jerawat kistik adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum dijumpai. Jerawat kistik biasanya muncul di wajah, dada, punggung, dan bahu. Biasanya, mereka berbentuk kecil dan berwarna merah tua, dan mungkin berisi nanah atau berisi cairan. Jerawat kistik bisa merusak penampilan dan membuat seseorang merasa malu. Namun, ada beberapa tipe jerawat kistik yang harus diperhatikan.

Tipe Jerawat Kistik

Kebanyakan pengalaman jerawat kistik dapat dikelompokkan menjadi tiga tipe utama. Masing-masing tipe memiliki ciri khasnya sendiri, yang berbeda dari tipe lainnya. Ini adalah:

1. Jerawat Kistik Superfisial

Jerawat kistik superfisial merupakan jenis jerawat kistik yang paling umum. Mereka terlihat seperti papula kecil, berwarna merah, dan mungkin mengandung nanah. Jerawat ini biasanya tidak menyebabkan kerusakan atau iritasi kulit yang serius. Jerawat kistik superfisial lebih mudah diobati dan juga lebih mudah untuk menghilangkan.

2. Jerawat Kistik Sedang

Jerawat kistik sedang adalah jenis jerawat kistik yang lebih berbahaya. Papula yang muncul lebih besar dan berwarna lebih gelap daripada jerawat superfisial. Pustula yang muncul juga lebih besar dan lebih berwarna. Jerawat kistik sedang menyebabkan iritasi kulit yang lebih parah dan juga menyebabkan lebam. Jerawat kistik sedang juga lebih sulit diobati dan memerlukan lebih banyak waktu untuk menghilangkan.

3. Jerawat Kistik Parah

Jerawat kistik parah adalah jenis jerawat kistik yang paling berbahaya. Papule yang muncul sangat besar dan berwarna gelap. Mereka juga memiliki nanah dan cairan yang berlebihan. Jerawat kistik parah juga menyebabkan iritasi kulit yang serius dan juga membuat kulit mengalami peradangan. Jerawat kistik parah juga sangat sulit diobati dan memerlukan waktu yang lama untuk hilang.

BACA JUGA:  Jerawat Belakang Kepala: Apa yang Harus Dilakukan untuk Menangani Jerawat

Penanganan Jerawat Kistik

Penanganan jerawat kistik tergantung pada tingkat keparahan jerawat. Jerawat kistik superfisial dapat diobati dengan menggunakan produk over-the-counter, seperti krim jerawat. Jerawat kistik sedang dapat diobati dengan produk khusus yang dapat dipesan melalui dokter. Jerawat kistik parah dapat diobati dengan obat-obatan, seperti antibiotik oral, yang harus diresepkan oleh dokter. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan obat-obatan topikal untuk penanganan jerawat kistik parah.

Kesimpulan

Jerawat kistik adalah jenis jerawat yang paling umum dan dapat dikelompokkan menjadi tiga tipe utama, yaitu jerawat kistik superfisial, sedang, dan parah. Penanganan jerawat kistik bervariasi dari satu tipe ke yang lainnya, tetapi dapat ditangani dengan berbagai cara, termasuk produk over-the-counter, obat resep, dan obat-obatan topikal. Penting untuk mendapatkan bantuan medis jika jerawat kistik tidak merespons terhadap produk over-the-counter atau produk lokal lainnya.

VideoTipe Jerawat Kistik