Tipe Jerawat di Wajah dan Cara Mengatasinya

Tipe Jerawat Di Wajah Dan Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Keluhan jerawat di wajah adalah hal yang paling tidak diinginkan oleh semua orang. Meskipun sudah banyak faktor yang terlibat dalam timbulnya jerawat, masalah ini masih menjadi masalah bagi banyak orang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tipe jerawat yang terjadi di wajah dan cara mengatasinya. Berikut adalah informasi mengenai tipe jerawat yang terjadi di wajah dan cara mengatasi masalah tersebut.

Tipe Jerawat di Wajah

Jerawat dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis jerawat yang bisa Anda temukan di wajah:

1. Jerawat Kutu Air

Jerawat kutu air adalah jenis jerawat yang paling umum. Ini disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kotoran. Jerawat kutu air umumnya berbentuk kecil dengan warna merah dan berisi cairan yang berwarna putih. Jerawat kutu air biasanya tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi dapat menyebabkan peradangan.

2. Jerawat Berminyak

Jerawat berminyak terjadi ketika pori-pori di wajah tersumbat oleh produksi berlebihan dari kelenjar sebum. Jerawat berminyak biasanya berbentuk kecil dan cenderung berwarna hitam atau cokelat. Kepadatan jerawat berminyak cenderung lebih tinggi daripada jerawat kutu air. Jerawat berminyak dapat menyebabkan rasa sakit bila ditekan.

3. Jerawat Bintik-bintik

Jerawat bintik-bintik adalah jenis jerawat yang umum terjadi pada remaja. Ini disebabkan oleh kombinasi minyak, kotoran, dan bakteri yang menyumbat pori-pori di wajah. Jerawat bintik-bintik berbentuk kecil-kecil dan biasanya berwarna merah atau cokelat. Jerawat bintik-bintik cenderung lebih sensitif daripada jerawat berminyak dan kutu air.

Cara Mengatasi Jerawat di Wajah

Mengatasi jerawat di wajah tidaklah mudah. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, di antaranya adalah:

BACA JUGA:  Obat Jerawat Parah untuk Pria

1. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk mengatasi masalah jerawat di wajah. Anda dapat menggunakan produk pelembab dan pembersih wajah yang direkomendasikan oleh dokter. Ini akan membantu membersihkan wajah Anda dari segala kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori di wajah.

2. Menjaga Kebersihan Wajah

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menjaga kebersihan wajah Anda. Ini termasuk membersihkan wajah Anda dengan menggunakan sabun wajah dan air bersih setiap hari. Ini akan membantu membersihkan pori-pori di wajah Anda dari kotoran dan minyak yang menyumbatnya.

3. Menghindari Penggunaan Produk Berbahan Kimia

Selain menjaga kebersihan wajah, Anda juga harus menghindari penggunaan produk-produk berbahan kimia yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Produk-produk ini dapat menyebabkan pori-pori di wajah Anda tersumbat dan menyebabkan jerawat. Untuk itu, hindari penggunaan produk berbahan kimia pada wajah Anda.

4. Menggunakan Masker Wajah

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat di wajah adalah dengan menggunakan masker wajah. Masker wajah dapat membantu membersihkan pori-pori di wajah Anda dari kotoran dan minyak yang menyumbatnya. Selain itu, masker wajah juga dapat membantu melembabkan wajah Anda dan menenangkan peradangan akibat jerawat.

Kesimpulan

Jerawat di wajah adalah masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang. Terdapat beberapa jenis jerawat yang bisa Anda temukan di wajah, seperti jerawat kutu air, jerawat berminyak, dan jerawat bintik-bintik. Untuk mengatasi masalah jerawat di wajah, Anda harus menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, menjaga kebersihan wajah, dan menghindari penggunaan produk berbahan kimia yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan masker wajah untuk membantu membersihkan pori-pori di wajah Anda dari kotoran dan minyak yang menyumbatnya.

BACA JUGA:  Cara Menemukan Obat Jerawat Ampuh di Apotik

VideoTipe Jerawat di Wajah dan Cara Mengatasinya