Tipe Jerawat dan Cara Mengobatinnya

Tipe Jerawat Dan Cara Mengobatinnya
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dihadapi. Banyak orang tahu tentang jerawat, namun tidak semuanya mengerti tentang tipe jerawat dan cara mengobatinya. Ada beberapa tipe jerawat yang berbeda, dan cara mengobati mereka pun berbeda. Di bawah ini adalah informasi tentang tipe jerawat dan cara mengobatinya.

Tipe Jerawat

Jerawat dapat dibagi menjadi tiga jenis: jerawat non-inflamasi, jerawat inflamasi, dan jerawat tipe kombinasi. Jerawat non-inflamasi meliputi komedo (biasanya hitam atau putih), dan komedo tersumbat. Jerawat inflamasi termasuk jerawat, jerawat meradang, dan jerawat batu. Jerawat tipe kombinasi dicirikan oleh keduanya, komedo dan jerawat.

Komodo

Komodo adalah tipe jerawat non-inflamasi yang paling umum. Komedo biasanya berupa lumpur gelap atau putih yang menyumbat pori-pori kulit. Komedo ini dapat membengkak dan menyebabkan rasa sakit. Untuk mengobati komedo, Anda harus menggunakan produk perawatan kulit yang dirancang untuk pembersihan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih. Anda juga dapat menggunakan masker wajah untuk mengurangi komedo.

Jerawat

Jerawat adalah tipe jerawat inflamasi yang paling umum. Ini berupa benjolan kecil berwarna merah atau hitam yang terbentuk di permukaan kulit. Jerawat dapat disebabkan oleh bakteri, minyak berlebih, atau debu. Untuk mengobati jerawat, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung benzoil peroksida, atau menggunakan obat-obatan resep yang ditujukan untuk mengurangi minyak berlebih dan bakteri.

Jerawat Meradang

Jerawat meradang adalah tipe jerawat inflamasi yang lebih serius daripada jerawat biasa. Ini adalah benjolan merah yang bengkak dan terasa sakit. Jerawat meradang dapat disebabkan oleh bakteri, minyak berlebih, atau akumulasi sebum. Untuk mengobati jerawat meradang, Anda dapat menggunakan obat-obatan resep yang ditujukan untuk mengurangi bakteri dan minyak berlebih, atau menggunakan produk perawatan kulit yang khusus untuk mengurangi peradangan.

BACA JUGA:  Rekomendasi Concealer Lokal untuk Menutupi Bekas Jerawat

Jerawat Batu

Jerawat batu adalah tipe jerawat inflamasi yang paling serius. Ini adalah benjolan yang tumbuh di dalam kulit yang terasa sakit ketika disentuh. Jerawat batu disebabkan oleh bakteri, minyak berlebih, atau akumulasi sebum. Untuk mengobati jerawat batu, Anda harus menggunakan obat-obatan resep yang ditujukan untuk mengurangi bakteri dan minyak berlebih. Anda juga dapat menggunakan produk perawatan kulit yang dirancang untuk mengurangi peradangan dan benjolan.

Jerawat Kombinasi

Jerawat tipe kombinasi adalah kombinasi dari jerawat non-inflamasi dan inflamasi. Ini biasanya terdiri dari komedo dan jerawat. Untuk mengobati jerawat tipe kombinasi, Anda harus menggunakan produk perawatan kulit yang dirancang untuk membersihkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak berlebih. Anda juga dapat menggunakan obat-obatan resep yang ditujukan untuk mengurangi bakteri dan minyak berlebih.

Kesimpulan

Tipe jerawat dan cara mengobatinya bervariasi tergantung pada jenis jerawat yang Anda alami. Jerawat non-inflamasi, seperti komedo, dapat disembuhkan dengan produk perawatan kulit yang dirancang untuk pembersihan pori-pori. Sedangkan jerawat inflamasi, seperti jerawat, jerawat meradang, dan jerawat batu, dapat disembuhkan dengan obat-obatan resep atau produk perawatan kulit yang dirancang untuk mengurangi bakteri dan minyak berlebih. Dengan mengetahui tipe jerawat dan cara mengobatinya, Anda dapat mengatasinya dengan lebih mudah.

VideoTipe Jerawat dan Cara Mengobatinnya