Timbulnya Jerawat pada Masa Pubertas Disebabkan oleh

Timbulnya Jerawat Pada Masa Pubertas Disebabkan Oleh
Source: bing.com

Masa pubertas adalah sebuah masa yang sangat penting dalam perkembangan manusia. Di masa ini, tubuh mulai mengalami perubahan yang signifikan. Salah satu perubahan yang mungkin terjadi adalah timbulnya jerawat. Jerawat biasanya bisa muncul pada masa remaja, karena perubahan hormon. Namun, apakah sebenarnya yang menyebabkan timbulnya jerawat pada masa pubertas?

Faktor Hormon dalam Tubuh yang Memicu Timbulnya Jerawat

Pada masa pubertas, kadar hormon dalam tubuh akan meningkat, dan menyebabkan aliran minyak berlebihan pada kulit. Minyak yang berlebihan ini akan menyumbat pori-pori, sehingga memudahkan bakteri untuk berkembang biak. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi pada kulit, dan menimbulkan jerawat. Selain itu, hormon juga bisa meningkatkan produksi sel kulit mati, yang juga akan menyumbat pori-pori.

Faktor Lingkungan yang Dapat Memicu Timbulnya Jerawat

Selain faktor hormon, lingkungan juga dapat memicu timbulnya jerawat. Kebiasaan buruk seperti menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dan menggunakan benda yang berminyak dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Selain itu, paparan sinar matahari secara berlebihan juga dapat memicu munculnya jerawat. Sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kehilangan elastisitasnya, sehingga meningkatkan risiko jerawat.

Faktor Makanan yang Dapat Menyebabkan Timbulnya Jerawat pada Masa Pubertas

Makanan yang berlemak dan berkarbohidrat juga bisa menyebabkan jerawat. Makanan yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat akan meningkatkan produksi minyak pada kulit. Selain itu, makanan yang mengandung banyak gula juga bisa memicu timbulnya jerawat. Makanan yang mengandung banyak gula akan membuat kadar insulin dalam tubuh meningkat, dan dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan.

BACA JUGA:  Jerawat Akibat Bakteri

Faktor Lain yang Dapat Memicu Timbulnya Jerawat pada Masa Pubertas

Stres adalah salah satu faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat. Stres dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit, sehingga memudahkan bakteri untuk berkembang biak. Selain itu, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok juga bisa memicu timbulnya jerawat. Produk yang mengandung bahan kimia dan parfum yang berlebihan dapat menimbulkan iritasi pada kulit, dan menyebabkan munculnya jerawat.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat pada Masa Pubertas

Untuk mencegah timbulnya jerawat pada masa pubertas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, hindari lama-lama terpapar sinar matahari. Kedua, hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Ketiga, hindari menggunakan produk perawatan yang mengandung bahan kimia berlebihan. Keempat, hindari makanan yang tinggi lemak dan gula. Kelima, hindari stres berlebihan. Dan yang terakhir, selalu bersihkan wajah dengan air bersih dan sabun.

Kesimpulan

Timbulnya jerawat pada masa pubertas dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan hormon, paparan sinar matahari berlebihan, makanan yang tinggi lemak dan gula, stres, dan penggunaan produk perawatan yang tidak sesuai. Untuk mencegah timbulnya jerawat, sebaiknya hindari lama-lama terpapar sinar matahari, menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, menggunakan produk perawatan yang mengandung bahan kimia berlebihan, makan makanan yang tinggi lemak dan gula, hindari stres berlebihan, dan selalu bersihkan wajah dengan air bersih dan sabun.

Kesimpulan

Timbulnya jerawat pada masa pubertas disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan hormon, paparan sinar matahari berlebihan, makanan yang tinggi lemak dan gula, stres, dan penggunaan produk perawatan yang tidak sesuai. Untuk mencegah timbulnya jerawat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti menghindari lama-lama terpapar sinar matahari, menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, penggunaan produk perawatan yang mengandung bahan kimia berlebihan, makan makanan yang tinggi lemak dan gula, hindari stres berlebihan, dan selalu bersihkan wajah dengan air bersih dan sabun.

BACA JUGA:  Jerawat: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

VideoTimbulnya Jerawat pada Masa Pubertas Disebabkan oleh