Tanda Jerawat Sudah Mau Sembuh

Tanda Jerawat Sudah Mau Sembuh
Source: bing.com

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum yang dapat dialami oleh orang dari semua usia. Kebanyakan orang mengalami jerawat dalam beberapa bentuk, seperti jerawat kecil, jerawat besar, jerawat berminyak, jerawat berminyak, dan lain-lain. Meskipun terlihat menakutkan, jerawat umumnya dapat disembuhkan dengan cara yang benar.

Untuk mengetahui tanda bahwa jerawat sudah mau sembuh, pertama-tama Anda harus memahami bagaimana jerawat terbentuk. Jerawat terbentuk ketika sel-sel kulit mati terakumulasi di pori-pori kulit dan menyumbat saluran kelenjar minyak. Ini dapat menyebabkan pembengkakan, peradangan, dan rasa sakit. Untuk mengetahui apakah jerawat sudah mulai sembuh, Anda harus mencari tanda-tanda berikut.

Tanda Jerawat Sudah Mulai Sembuh

1. Pengecilan jerawat – Jerawat yang terinfeksi akan mulai menyusut dalam beberapa hari. Ini disebabkan oleh pengurangan infeksi dan pembengkakan. Jika Anda melihat bahwa jerawat telah mulai mengecil, ini adalah tanda bahwa ia mulai sembuh.

2. Warna kulit yang berubah – Jerawat akan memiliki warna merah yang mencolok ketika ia sangat terinfeksi. Pada tanda jerawat sudah mulai sembuh, warna kulit di sekitar jerawat akan mulai berubah menjadi lebih cerah.

3. Rasa sakit berkurang – Jerawat yang terinfeksi akan menyebabkan rasa sakit yang parah. Pada tanda jerawat sudah mau sembuh, rasa sakit akan mulai berkurang dan Anda akan merasa lebih nyaman.

4. Pori-pori lebih bersih – Ketika jerawat mulai sembuh, pori-pori akan menjadi lebih bersih dan tidak akan lagi menyumbat saluran kelenjar minyak. Ini juga akan membuat jerawat lebih mudah disembuhkan.

BACA JUGA:  Wardah Pembersih Wajah untuk Jerawat

Cara Mencegah Jerawat Timbul Kembali

Setelah Anda melihat tanda-tanda bahwa jerawat sudah mau sembuh, Anda harus menerapkan beberapa cara untuk mencegah jerawat timbul kembali. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah:

1. Gunakan sabun muka yang lembut – Sabun muka yang lembut adalah cara yang baik untuk membersihkan kulit dari kotoran dan kulit mati. Gunakan sabun muka yang cocok untuk jenis kulit Anda dan hindari sabun yang terlalu kuat.

2. Hindari penggunaan produk yang berminyak – Produk yang berminyak dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Hindari penggunaan produk yang berminyak dan gunakan produk yang dapat membantu membersihkan kulit.

3. Gunakan tabir surya – Penggunaan tabir surya adalah cara yang baik untuk mencegah munculnya jerawat baru. Tabir surya akan melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang merusak dan membantu mengurangi produksi minyak.

4. Menjaga kebersihan kulit – Menjaga kebersihan kulit adalah cara yang baik untuk mencegah infeksi dan pembengkakan. Pastikan Anda membersihkan kulit Anda dengan lembut setiap hari dan gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Kesimpulan

Tanda-tanda bahwa jerawat sudah mulai sembuh termasuk pengecilan jerawat, perubahan warna kulit, berkurangnya rasa sakit, dan pori-pori yang lebih bersih. Setelah Anda melihat tanda-tanda bahwa jerawat sudah mulai sembuh, Anda harus menerapkan beberapa cara untuk mencegah jerawat timbul kembali. Cara tersebut meliputi penggunaan sabun muka yang lembut, hindari penggunaan produk yang berminyak, gunakan tabir surya, dan jaga kebersihan kulit Anda.

VideoTanda Jerawat Sudah Mau Sembuh