Skincare untuk Jerawat Papula

Skincare Untuk Jerawat Papula
Source: bing.com

Jerawat papula adalah jenis jerawat yang kerap menimbulkan rasa gatal dan perih. Biasanya tumbuh di bagian atas permukaan kulit. Papul biasanya berwarna merah muda atau merah tua dan berbentuk seperti kepala benjol. Biasanya, jerawat papula juga menimbulkan peradangan yang menyebabkan kulit menjadi merah dan terasa panas. Ciri-ciri lainnya adalah kulit yang menghitam dan mengeras.

Apa saja penyebab jerawat papula?

Jerawat papula disebabkan oleh pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) di dalam pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kulit mati dapat menjadi sumber peradangan akibat pertumbuhan P. acnes. P. acnes merupakan bakteri normal yang biasa tinggal di kulit, namun jika pori-pori tersumbat, maka bakteri ini akan berkembang biak dan menyebabkan jerawat.

Bagaimana cara mengatasi jerawat papula?

Untuk mengatasi jerawat papula, Anda harus memperhatikan pola skincare yang tepat. Anda juga harus menghindari penggunaan produk tambahan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit Anda. Berikut adalah beberapa langkah skincare untuk jerawat papula yang dapat Anda lakukan:

1. Gunakan Produk Skincare dengan Formulasi Non-Komedogenik

Non-komedogenik adalah produk yang tidak menyumbat pori-pori. Pilih produk skincare yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, asam glikolat, atau minyak zaitun. Gunakan produk-produk tersebut sesuai dengan kondisi kulit Anda. Selain itu, hindari produk berbahan kimia berlebihan yang dapat memicu munculnya jerawat.

BACA JUGA:  Minyak Kelapa untuk Jerawat

2. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Kebiasaan membersihkan wajah secara teratur adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah jerawat. Hindari menggunakan sabun wajah yang mengandung bahan kimia berlebihan. Gunakan sabun wajah yang lembut dan kaya nutrisi, seperti sabun alami atau sabun yang mengandung minyak zaitun. Usapkan sabun wajah secara lembut dan bilas dengan air bersih.

3. Gunakan Masker Wajah Kecil

Masker wajah kecil dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Gunakan masker yang mengandung bahan alami seperti minyak zaitun atau jus lemon. Masker ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah jerawat dari muncul kembali.

4. Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Merokok dan minuman beralkohol dapat menyebabkan jerawat. Kedua bahan ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Jika Anda merokok atau minum minuman beralkohol, cobalah untuk mengurangi konsumsi Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam mencegah jerawat.

5. Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat dapat membantu Anda dalam mengatasi jerawat. Usahakan untuk makan makanan bergizi tinggi dan menghindari makanan berlemak. Juga, hindari stres dan cobalah untuk menjaga kesehatan mental Anda. Pastikan untuk mendapatkan cukup tidur dan istirahat yang cukup.

6. Gunakan Obat Jerawat

Jika Anda masih mengalami jerawat meski sudah melakukan skincare, Anda dapat menggunakan obat jerawat. Ada beberapa obat jerawat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan jerawat. Sebelum menggunakan obat, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit terlebih dahulu.

Kesimpulan

Jerawat papula adalah jenis jerawat yang kerap menimbulkan rasa gatal dan perih. Untuk mengatasi jerawat papula, Anda harus memperhatikan pola skincare yang tepat dan menghindari produk tambahan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit Anda. Anda juga harus bersihkan wajah secara teratur, gunakan produk skincare non-komedogenik, gunakan masker wajah kecil, hindari merokok dan minuman beralkohol, dan menjaga pola hidup sehat. Jika masih mengalami jerawat, Anda dapat menggunakan obat jerawat namun pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit terlebih dahulu.

BACA JUGA:  Manfaat Sabun Surya untuk Jerawat

VideoSkincare untuk Jerawat Papula