Cara Praktis Menangani Bruntusan dan Bekas Jerawat

Cara Praktis Menangani Bruntusan Dan Bekas Jerawat
Source: bing.com

Bruntusan dan bekas jerawat dapat mengganggu penampilan dan menyebabkan rasa percaya diri menurun. Kebanyakan orang berusaha menghilangkan bruntusan dan bekas jerawat dengan produk perawatan kulit yang tersedia di pasaran. Namun, kadang-kadang produk perawatan kulit itu tidak efektif dan bahkan dapat menyebabkan iritasi. Berikut adalah beberapa tips praktis untuk membantu Anda menangani bruntusan dan bekas jerawat.

Cuci Wajah Secara Teratur

Sebelum melakukan perawatan kulit, penting untuk membersihkan wajah Anda secara teratur. Bersihkan wajah Anda setiap pagi dan malam hari dengan menggunakan sabun khusus untuk kulit berminyak. Sabun ini akan mengangkat minyak dan kotoran yang menempel di wajah Anda, sehingga mencegah bruntusan dan jerawat berkembang lebih lanjut. Jangan lupa untuk menggunakan toner setelah membersihkan wajah. Toner akan membantu menyegarkan kulit dan mengurangi minyak berlebih.

Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Pilih produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilih produk yang dapat mengurangi produksi minyak. Jika Anda memiliki kulit kering, pilih produk yang mengandung bahan-bahan seperti minyak zaitun atau alpukat yang dapat melembabkan kulit Anda. Hindari produk yang mengandung alkohol, karena dapat menyebabkan iritasi. Gunakan produk yang berlabel “non-comedogenic” yang dapat membantu mencegah terjadinya bruntusan dan jerawat.

Lakukan Exfoliasi

Exfoliasi adalah proses membersihkan kulit dengan menggunakan scrub atau gosokan. Exfoliasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, yang merupakan salah satu penyebab bruntusan dan jerawat. Gunakan scrub ringan saat melakukan exfoliasi dan hindari melakukannya secara berlebihan, karena dapat menyebabkan iritasi. Setelah exfoliasi, gunakan pelembab untuk melembabkan kulit agar tetap lembut.

BACA JUGA:  Biaya Pengobatan Jerawat di Dokter Kulit

Rajin Menggunakan Sunscreen

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Selain itu, sinar matahari juga dapat memburukkan kondisi bruntusan dan jerawat. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen setiap hari. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 15 dan gunakan setidaknya 15 menit sebelum Anda keluar rumah. Jangan lupa untuk menggunakannya setiap 2 jam sekali jika Anda berada di luar ruangan.

Menghindari Makanan Berlemak

Makan makanan berlemak dapat menyebabkan produksi minyak berlebih, yang dapat memburukkan kondisi bruntusan dan jerawat. Makanan berlemak seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan berminyak lainnya harus dihindari sebaik mungkin. Selain itu, hindari juga makanan yang mengandung banyak gula dan garam, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

Konsumsi Vitamin dan Mineral

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Makanan yang kaya akan vitamin A, seperti wortel dan pepaya, dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Makanan yang kaya akan vitamin C, seperti buah jeruk dan brokoli, dapat membantu mengurangi bekas jerawat. Makanan yang kaya akan zinc, seperti kacang-kacangan dan telur, dapat membantu mengurangi bruntusan pada wajah.

Hindari Menggaruk atau Menekan Bruntusan atau Bekas Jerawat

Garukan atau tekan bruntusan atau bekas jerawat dapat memperburuk kondisi kulit Anda. Hal ini dapat menyebabkan infeksi atau luka bakar pada kulit Anda. Jika Anda benar-benar tidak bisa menahan diri untuk tidak menggaruk, gunakan jari yang bersih untuk menekan dengan lembut. Jangan gunakan alat tambahan seperti pinset atau gunting, karena dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda.

Rutin Berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit Anda. Olahraga dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh, yang akan membantu meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, berolahraga juga dapat membantu membersihkan kulit Anda dari dalam dengan mengeluarkan zat beracun dari tubuh. Namun ingat, jangan lupa untuk membersihkan wajah Anda setelah berolahraga.

BACA JUGA:  Produk Penghilang Bruntusan dan Jerawat: Solusi Permanen dan Aman

Gunakan Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu mengurangi bruntusan dan bekas jerawat. Gunakan masker yang mengandung bahan seperti madu, aloe vera, atau yogurt, yang dapat membantu melembabkan dan menenangkan kulit Anda. Selain itu, masker juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Gunakan masker wajah secara teratur sekali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kesimpulan

Bruntusan dan bekas jerawat dapat mengganggu penampilan dan menyebabkan rasa percaya diri menurun. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk melakukan perawatan kulit secara teratur dan mengikuti tips praktis di atas. Dengan demikian, Anda dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah dan mengurangi bruntusan dan bekas jerawat yang mengganggu.

VideoCara Praktis Menangani Bruntusan dan Bekas Jerawat