Khasiat Sereh Untuk Jerawat

Khasiat Sereh Untuk Jerawat
Source: bing.com

Sereh merupakan sejenis rempah-rempah yang tersohor di dunia. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata manfaat sereh juga bisa membantu dalam mengatasi masalah jerawat. Penggunaan sereh untuk jerawat sudah lama dilakukan oleh masyarakat, terutama oleh masyarakat kaum ibu. Bagaimana sih cara menggunakan sereh untuk jerawat ini? dan apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Sereh Untuk Jerawat

Sereh memiliki kandungan anti-bakteri yang bisa membantu mengatasi masalah jerawat. Selain itu, sereh juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Kandungan anti-oksidan yang ada di dalam sereh juga bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Manfaat lainnya adalah sereh bisa membantu menghilangkan bintik-bintik hitam yang ada di wajah.

Cara Menggunakan Sereh Untuk Jerawat

Untuk menggunakan sereh untuk jerawat, pertama-tama kamu harus menyiapkan sereh yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian tumbuk sereh hingga halus. Setelah itu, campurkan sereh dengan sedikit air. Aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta sereh di area jerawat dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat. Lakukan rutin setiap hari agar jerawat bisa cepat sembuh.

Perawatan Selain Menggunakan Sereh

Selain menggunakan sereh untuk jerawat, kamu juga harus melakukan perawatan lain agar jerawat cepat sembuh. Pertama, kamu harus menjaga kebersihan kulit wajah. Usahakan untuk selalu mencuci wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Kedua, kamu harus menjaga pola makan. Makan makanan yang bergizi dan kurangi makanan yang berlemak. Selain itu, hindari juga makanan yang mengandung gula dan garam berlebihan. Ketiga, kamu juga harus menjaga asupan cairan. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari agar kulit tetap sehat dan terhidrasi.

BACA JUGA:  Rekomendasi Skincare Bekas Jerawat

Tips Menghindari Jerawat

Untuk mencegah timbulnya jerawat, kamu bisa melakukan beberapa hal. Pertama, hindari menggunakan produk yang mengandung bahan kimia berlebihan. Kedua, hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Ketiga, tidak makan makanan yang berlemak dan berminyak. Keempat, rajinlah melakukan olahraga untuk mengurangi stres. Kelima, jangan lupa untuk mandi setiap hari dan mengganti pakaian setelah olahraga.

Apa Saja Kelebihan Menggunakan Sereh Untuk Jerawat?

Kelebihan menggunakan sereh untuk jerawat adalah sebagai berikut. Pertama, sereh alami dan mudah didapat. Kedua, manfaatnya yang banyak, seperti mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, dan melawan radikal bebas. Ketiga, sangat aman digunakan sehingga tidak akan menyebabkan iritasi atau alergi. Keempat, bisa digunakan secara rutin tanpa harus khawatir akan adanya efek samping.

Kesimpulan

Sereh merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah jerawat. Selain itu, banyak juga manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari penggunaan sereh ini. Namun, untuk menghindari jerawat, kamu juga harus melakukan perawatan lainnya seperti menjaga kebersihan kulit wajah, pola makan sehat, dan asupan cairan yang cukup.

VideoKhasiat Sereh Untuk Jerawat