Seperti Jerawat Tapi Bukan Jerawat

Seperti Jerawat Tapi Bukan Jerawat
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang banyak dialami orang. Munculnya jerawat di wajah bisa mengganggu penampilan seseorang. Selain itu, gejala jerawat juga bisa menyebabkan rasa sakit, gatal, dan perih. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa masalah kulit lain yang juga bisa menyerupai gejala jerawat? Berikut ini adalah beberapa masalah kulit yang bisa disalahartikan sebagai jerawat.

1. Alergi Kulit

Alergi kulit adalah masalah kulit yang sering salah dikatakan sebagai jerawat. Gejalanya bisa menyerupai jerawat, namun biasanya lebih ringan. Pada alergi kulit, Anda mungkin akan melihat bintik-bintik kemerahan di wajah ataupun tubuh. Bintik-bintik ini bisa tumbuh menjadi benjolan dan bersisik. Gejala alergi kulit juga bisa disertai rasa gatal.

2. Eksem

Eksem adalah masalah kulit yang banyak dialami anak-anak. Gejala eksem seringkali disalahartikan sebagai jerawat. Gejalanya berupa bintik-bintik kemerahan, bersisik, dan gatal. Namun biasanya, eksem tidak akan menimbulkan bintik hitam seperti jerawat. Eksem juga tidak akan menyebabkan peradangan seperti jerawat.

3. Komedo Non-Inflamasi

Komedo non-inflamasi adalah masalah kulit yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat. Gejalanya berupa bintik hitam di permukaan kulit. Biasanya, komedo non-inflamasi tidak akan menimbulkan bintik merah seperti jerawat. Namun, karena gejalanya berupa bintik hitam, maka kadang-kadang bisa disalahartikan sebagai jerawat.

4. Impetigo

Impetigo adalah masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Gejalanya berupa bintik-bintik merah di permukaan kulit yang bersisik dan gatal. Bekasnya juga bisa meninggalkan bekas hitam atau coklat. Meskipun gejalanya mirip dengan jerawat, namun impetigo biasanya lebih mudah disembuhkan jika ditangani dengan baik.

BACA JUGA:  Obat Pembersih Jerawat untuk Pria

5. Kondiloma Akuminata

Kondiloma akuminata adalah masalah kulit yang disebabkan oleh virus HPV. Gejalanya berupa bintik-bintik kecil yang berwarna putih dan berbentuk seperti bintik-bintik rumput. Kadang-kadang gejala ini bisa disalahartikan sebagai jerawat. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena kondiloma akuminata tidak akan menimbulkan masalah kulit lebih lanjut.

6. Molluscum Contagiosum

Molluscum contagiosum juga merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh virus. Gejalanya berupa bintik-bintik kecil di permukaan kulit yang berwarna putih atau merah. Beberapa orang bisa salah mengartikan gejala ini sebagai jerawat. Namun, molluscum contagiosum tidak akan menimbulkan masalah kulit lebih lanjut.

7. Folliculitis

Folliculitis adalah masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Gejalanya berupa bintik-bintik kecil di permukaan kulit yang berwarna merah dan bersisik. Folliculitis juga bisa disalahartikan sebagai jerawat. Namun, jika ditangani dengan baik, folliculitis biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa menimbulkan masalah kulit lebih lanjut.

8. Dermatitis Contact

Dermatitis contact adalah masalah kulit yang disebabkan oleh gangguan alergi. Gejalanya berupa bintik-bintik merah di permukaan kulit yang bersisik dan gatal. Beberapa orang bisa salah mengartikan gejala ini sebagai jerawat. Namun, dermatitis contact tidak akan menimbulkan masalah kulit lebih lanjut.

9. Hidradenitis Suppurativa

Hidradenitis suppurativa adalah masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Gejalanya berupa benjolan-benjolan di permukaan kulit yang meradang, gatal, dan bersisik. Beberapa orang bisa salah mengartikan gejala ini sebagai jerawat. Namun, hidradenitis suppurativa tidak akan menimbulkan masalah kulit lebih lanjut.

Kesimpulan

Jerawat adalah masalah kulit yang banyak dialami orang. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa masalah kulit lain yang bisa disalahartikan sebagai jerawat. Beberapa masalah kulit ini antara lain alergi kulit, eksem, komedo non-inflamasi, impetigo, kondiloma akuminata, molluscum contagiosum, folliculitis, dermatitis contact, dan hidradenitis suppurativa. Gejala masalah kulit ini bisa menyerupai jerawat, namun biasanya lebih ringan dan tidak akan menimbulkan masalah kulit lebih lanjut.

BACA JUGA:  Jerawat di Dagu, Apa Penyebabnya?

VideoSeperti Jerawat Tapi Bukan Jerawat