Rekomendasi Obat Minum untuk Jerawat

Rekomendasi Obat Minum Untuk Jerawat
Source: bing.com

Jerawat merupakan sebuah masalah kulit yang sangat umum dijumpai di seluruh dunia; baik pada remaja maupun orang dewasa. Dengan adanya jerawat, tentu saja dapat membuat kita merasa minder dan tidak percaya diri. Namun, jangan khawatir karena saat ini sudah banyak obat minum yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Berikut adalah beberapa rekomendasi obat minum untuk jerawat.

1. Obat Minum Antibiotik

Antibiotik adalah salah satu obat yang paling populer untuk mengatasi masalah jerawat. Obat ini biasanya berisi sebuah antibiotik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat seperti Propionibacterium acnes. Obat ini juga dapat membantu mencegah jerawat kembali dengan menghambat pertumbuhan bakteri. Anda bisa mendapatkan obat ini di apotek, namun sebelum menggunakannya, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

2. Obat Minum Retinoid

Retinoid adalah jenis obat yang mengandung vitamin A. Obat ini bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak di wajah dan mengurangi jumlah jerawat. Obat ini dapat dikonsumsi melalui oral maupun topikal. Konsumsi retinoid dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti iritasi dan keringat. Oleh karena itu, sebelum menggunakan obat ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Obat Minum Hormonal

Hormon merupakan salah satu faktor yang dapat memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, obat yang mengandung hormon seperti kontrasepsi oral dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah sehingga mengurangi jumlah jerawat. Namun, obat ini hanya boleh dikonsumsi oleh wanita. Sebelum mengonsumsi obat ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dan Merah

4. Obat Minum Vitamin

Vitamin juga dapat membantu mengurangi jerawat. Vitamin B5 seperti pantotenat asam dapat membantu mengurangi produksi minyak di wajah. Vitamin A seperti retinol juga dapat membantu mengurangi jumlah jerawat. Vitamin C juga dapat membantu mengurangi produksi minyak dan membuat kulit terlihat lebih bersih dan sehat. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini.

5. Obat Minum Hormon Tiroid

Hormon tiroid juga dapat membantu mengurangi jerawat dengan cara mengurangi produksi minyak di wajah. Obat ini biasanya berisi sebuah hormon tiroid yang dapat membantu mengurangi produksi minyak di wajah sehingga mengurangi jumlah jerawat. Namun, obat ini hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa. Sebelum menggunakan obat ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

6. Obat Minum Herbal

Selain obat-obatan, Anda juga bisa menggunakan obat herbal untuk mengatasi jerawat. Beberapa jenis obat herbal yang bisa digunakan adalah teh hijau, akar pasak bumi, dan jus aloe vera. Obat-obatan herbal ini bisa membantu meredakan inflamasi dan mengurangi jumlah jerawat. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi obat minum untuk jerawat yang bisa Anda coba. Namun, sebelum menggunakan obat-obatan ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan obat yang tepat sesuai dengan kondisi kulit Anda. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat bagi Anda.

VideoRekomendasi Obat Minum untuk Jerawat