Apa itu Pertumbuhan Jerawat dan Bagaimana Prosesnya?

Apa Itu Pertumbuhan Jerawat Dan Bagaimana Prosesnya?
Source: bing.com

Jerawat, atau komedo, adalah kondisi kulit yang menyebabkan ruam dan bintik-bintik kemerahan di wajah. Bisa dikatakan, bahwa hampir semua orang di dunia pernah mengalami masalah jerawat. Namun, ada beberapa orang yang lebih rentan terhadap jerawat, karena itu, mengetahui proses pertumbuhan jerawat akan membantu Anda untuk mengendalikan peradangan dan mengurangi wajah berjerawat.

Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi ketika pori-pori pada kulit mengalami penyumbatan. Hal ini dapat terjadi akibat produksi minyak berlebih atau akumulasi sel kulit mati dan kotoran. Ketika pori-pori tersumbat, bakteri yang tertinggal di dalamnya akan menyebabkan peradangan dan infeksi pada kulit.

Langkah-langkah Proses Pertumbuhan Jerawat

Berikut ini adalah langkah-langkah proses pertumbuhan jerawat:

1. Pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati, minyak berlebih, dan kotoran. Hal ini akan menyebabkan ruam merah di wajah. Pori-pori yang tersumbat juga dapat memicu produksi sebum berlebihan, yang akan menyumbat pori-pori lebih jauh.

2. Bakteri Propionibacterium acnes, yang dapat hidup di pori-pori tersumbat, akan menyebabkan iritasi dan peradangan pada wajah.

3. Peradangan akan menyebabkan pembengkakan dan ruam merah di wajah. Pembengkakan ini dapat menyebabkan jerawat muncul di wajah.

4. Selain itu, tubuh akan merespons infeksi dengan mengirimkan sel darah putih untuk menyerang bakteri. Sel darah putih akan membuat jaringan parut dan jerawat akan tetap ada sampai sel darah putih tersebut berhasil menghilangkan infeksi.

5. Setelah bakteri dihilangkan, jerawat akan mulai menghilang. Namun, karena sel darah putih masih berada di kulit, bekas jerawat akan tetap ada sampai sel darah putih tersebut benar-benar hilang.

BACA JUGA:  Minyak Kelapa untuk Bekas Jerawat

Cara Mengurangi Pertumbuhan Jerawat

Untuk mengurangi pertumbuhan jerawat, Anda harus menjaga wajah agar tetap bersih dan kering. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:

1. Bersihkan wajah Anda setiap hari dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Keringkan wajah dengan menggunakan handuk yang bersih setelah Anda mandi atau bersihkan wajah.

3. Gunakan produk kosmetik yang tidak menutupi pori-pori Anda.

4. Jauhkan diri dari sinar matahari terlalu lama, karena sinar matahari dapat menyebabkan produksi minyak berlebih.

5. Jangan gosok wajah Anda dengan kuat, karena hal ini akan menyebabkan produksi minyak berlebih dan bakteri P. acnes akan tumbuh.

Kesimpulan

Pertumbuhan jerawat adalah proses yang terjadi ketika pori-pori pada kulit tersumbat dan bakteri P. acnes menyebabkan iritasi dan peradangan. Walaupun jerawat dapat menghilang dengan sendirinya, Anda dapat melakukan berbagai cara untuk mengurangi pertumbuhan jerawat dan mencegah jerawat terulang. Dengan menjaga wajah bersih, kering, dan bebas dari sinar matahari, Anda dapat mengurangi risiko jerawat.

VideoApa itu Pertumbuhan Jerawat dan Bagaimana Prosesnya?