Cara Mengatasi Pipi Jerawat Batu

Cara Mengatasi Pipi Jerawat Batu
Source: bing.com

Mengatasi jerawat di pipi adalah masalah kecantikan yang umum ditemui banyak orang. Bahkan, jerawat bukan hanya menyerang area wajah, tetapi juga dapat muncul di bagian tubuh lainnya. Salah satu jenis jerawat yang mungkin kamu alami adalah jerawat batu di pipi. Apa itu jerawat batu? Bagaimana mengatasinya? Yuk, simak penjelasan berikut!

Apa Itu Jerawat Batu di Pipi?

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang memiliki tingkat keparahan yang lebih tinggi dibanding jenis jerawat lainnya. Jenis jerawat ini biasanya berwarna merah tua, namun dapat pula berwarna coklat kehitaman. Jerawat batu diduga disebabkan oleh adanya penumpukan sebum di dalam pori-pori kulit. Selain itu, jerawat batu juga dapat disebabkan oleh faktor kurangnya kebersihan kulit, stress, dan hormon.

Tips Mengatasi Jerawat Batu di Pipi

Berikut adalah tips mengatasi jerawat batu di pipi yang dapat kamu lakukan:

1. Lakukan Perawatan Kulit Wajah Rutin

Rajin melakukan perawatan kulit wajah adalah cara paling efektif untuk mengatasi jerawat batu di pipi. Mulailah dengan mencuci wajah agar kotoran dan bakteri di wajah terkikis. Gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulitmu. Setelah itu, kamu juga bisa menggunakan toner untuk mencerahkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, gunakan produk perawatan lain seperti peeling, masker, dan serum sesuai kebutuhan kulitmu.

2. Gunakan Produk Anti Jerawat

Selain melakukan perawatan kulit secara rutin, kamu juga bisa menggunakan produk anti jerawat yang tepat. Produk yang mengandung bahan aktif seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, dan sulfur dapat membantu mengatasi masalah jerawat di pipi. Pastikan untuk tidak menggunakan produk yang mengandung bahan kimia berbahaya, karena dapat membuat kulitmu menjadi kering dan iritasi.

BACA JUGA:  Menghilangkan Jerawat Kecil di Wajah

3. Penggunaan Masker Tradisional

Selain produk anti jerawat, kamu juga dapat menggunakan masker tradisional untuk mengurangi masalah jerawat di pipi. Masker dapat dibuat dengan mencampurkan bahan-bahan alami seperti madu, mentimun, dan alpukat. Cara membuat masker tersebut adalah dengan menghaluskan bahan yang dipilih, lalu dioleskan ke daerah yang berjerawat. Masker dapat membantu mengurangi jerawat dan mencegah infeksi bakteri di wajah.

4. Manajemen Stress

Stress juga dapat menyebabkan jerawat batu di pipi. Untuk itu, kamu perlu mengatur manajemen stres dengan cara yang tepat. Cobalah untuk berolahraga, meditasi, atau berkumpul dengan teman-temanmu. Dengan begitu, stres yang kamu alami akan berkurang dan kulitmu akan terlihat lebih sehat.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Olahraga dan manajemen stres yang tepat tidak akan berhasil tanpa makanan sehat. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Makanan sehat ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi peradangan jerawat.

Kesimpulan

Jerawat batu di pipi adalah jenis jerawat yang dapat menimbulkan banyak masalah kulit. Untuk itu, kamu perlu melakukan perawatan kulit secara rutin dan menggunakan produk anti jerawat yang tepat. Selain itu, kamu juga perlu mengatur manajemen stres dan mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan demikian, masalah jerawat di pipi dapat diatasi.

VideoCara Mengatasi Pipi Jerawat Batu