Perbedaan Jerawat Purging dan Breakout

Perbedaan Jerawat Purging Dan Breakout
Source: bing.com

Ketika kamu melakukan perawatan kulit, kamu pasti akan menjumpai satu masalah jerawat. Kamu mungkin tidak tahu apakah jerawat yang kamu alami merupakan breakout atau purging. Mari kita lihat apa yang dimaksud dengan keduanya dan bagaimana cara membedakannya.

Apa itu Purging?

Purging adalah reaksi alergi pada kulit yang terjadi saat kamu menggunakan produk perawatan kulit baru. Kamu mungkin mengalami jerawat, ruam, atau kemerahan saat menggunakan produk baru. Umumnya, ini terjadi karena produk tersebut mempercepat pemurnian minyak dan sel-sel mati pada kulit, sehingga menghasilkan lebih banyak jerawat. Purging biasanya akan hilang sendiri dalam waktu dua minggu sampai dua bulan.

Apa itu Breakout?

Breakout adalah jerawat yang biasanya terjadi secara teratur di wajah. Ini bisa disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, termasuk stres, polusi, diet, hormon, dan jenis kulit. Breakouts biasanya dapat disembuhkan dengan produk perawatan kulit yang tepat.

Bagaimana Membedakan Keduanya?

Salah satu cara terbaik untuk membedakan antara jerawat purging dan breakout adalah dengan memperhatikan lokasi jerawat. Jerawat purging biasanya akan muncul di sekitar mata, dahi, dan pipi. Sementara jerawat breakout biasanya akan muncul di sekitar tengkorak, dagu, dan leher. Selain itu, jerawat purging biasanya akan lebih banyak dan lebih berminyak daripada jerawat breakout.

Anda juga dapat mengetahui bahwa jerawat yang Anda alami adalah purging dengan menghentikan penggunaan produk perawatan kulit yang Anda gunakan. Jika jerawat hilang setelah Anda menghentikan penggunaan produk tersebut, maka itu berarti bahwa jerawat yang Anda alami adalah purging.

BACA JUGA:  Apa Itu Bekas Jerawat Pie dan Pih?

Mengatasi Purging dan Breakout

Untuk mengatasi purging dan breakout, usahakan untuk menggunakan produk-produk perawatan kulit yang cocok untuk jenis kulit Anda. Gunakan produk yang tidak mengandung bahan berbahaya, seperti alkohol, parfum, dan pewarna sintetik. Jika Anda memiliki jerawat yang sulit disembuhkan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memastikan bahwa Anda menggunakan produk yang tepat.

Cara Mengurangi Breakouts

Untuk mengurangi breakouts, usahakan untuk menjaga kebersihan kulit Anda. Jaga pola makan dan minum yang sehat dan selalu bersihkan wajah setiap malam. Jauhkan wajah Anda dari polusi dan sentuhan tangan. Hindari produk perawatan kulit yang mengandung minyak, dan gunakan produk pelembap yang sesuai untuk jenis kulit Anda. Jangan lupa untuk memakai tabir surya setiap hari untuk melindungi wajah Anda dari sinar matahari yang berbahaya.

Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Untuk menghindari purging dan breakout, selalu gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan menggunakan produk yang mengandung bahan berbahaya atau yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda merasa bahwa produk yang Anda gunakan tidak cocok untuk Anda, segera berhenti menggunakannya dan cari produk lain yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Kesimpulan

Ketika menangani jerawat, penting untuk membedakan antara purging dan breakout. Purging biasanya terjadi saat Anda mulai menggunakan produk perawatan kulit baru. Breakout biasanya terjadi secara teratur di wajah dan disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk stres, polusi, diet, hormon, dan jenis kulit. Untuk menghindari purging dan breakout, selalu gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan jaga kebersihan kulit agar wajah terhindar dari jerawat.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Bekas Jerawat dan Bruntusan

Kesimpulan

Purging dan breakout adalah masalah yang umum terjadi pada kulit. Untuk membedakan antara keduanya, perhatikan lokasi jerawat dan jumlahnya. Selain itu, pastikan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan jaga kebersihan kulit untuk mengurangi risiko jerawat. Dengan mengikuti saran ini, Anda akan memiliki kulit yang sehat dan cerah.

VideoPerbedaan Jerawat Purging dan Breakout