Perbedaan Jerawat Pasir dan Bruntusan

Perbedaan Jerawat Pasir Dan Bruntusan
Source: bing.com

Jerawat pasir dan bruntusan adalah jenis jerawat yang paling umum ditemukan di wajah. Mereka menyebabkan masalah kulit yang serius dan menyebabkan ketidaknyamanan. Meskipun keduanya sering salah diklasifikasikan sebagai yang sama, ada banyak perbedaan antara jerawat pasir dan bruntusan yang harus dipahami agar dapat memilih cara yang tepat untuk menghindari masalah kulit ini.

Apa Jerawat Pasir dan Bruntusan?

Jerawat pasir adalah bintik-bintik kecil yang berwarna merah dan terasa gatal. Jerawat pasir biasanya berdiameter kurang dari 1 mm dan mereka dapat muncul di bagian tubuh manapun, terutama di sekitar leher dan bahu. Jerawat pasir secara umum disebabkan oleh penumpukan minyak dan kulit mati di pori-pori kulit.

Bruntusan adalah jenis jerawat yang lebih besar, biasanya berukuran antara 2 hingga 5 mm. Mereka juga memiliki warna merah jambu dan biasanya lebih gatal dibandingkan dengan jerawat pasir. Bruntusan terjadi karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh kulit mati, minyak, dan bakteri.

Faktor Penyebab

Faktor penyebab utama untuk jerawat pasir dan bruntusan adalah kulit yang berminyak. Ketika minyak diproduksi oleh kelenjar minyak di kulit, rambut dan kulit mati dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Jerawat pasir juga dapat disebabkan oleh lingkungan yang tidak bersih, serta produk kosmetik yang memiliki bahan kimia yang agresif.

Bruntusan terjadi karena bakteri yang menempel pada kulit. Bakteri ini akan menyerang minyak yang tersumbat di dalam pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Bruntusan juga dapat disebabkan oleh produk kosmetik yang mengandung bahan kimia yang kuat dan menyebabkan iritasi pada kulit.

BACA JUGA:  Cara Cegah Jerawat Muncul Lagi

Perbedaan Bentuk dan Ukuran

Jerawat pasir biasanya berukuran kecil dan memiliki bentuk bulat atau bulat. Mereka juga bisa berwarna merah, hitam atau abu-abu. Jerawat pasir dapat berdiameter hingga 1 mm dan tidak memiliki pus di bagian atasnya.

Bruntusan dapat dikenali dengan mudah karena bentuknya yang lebih besar dan lebih merah dibandingkan jerawat pasir. Mereka juga memiliki pus di bagian atas dan dapat berukuran hingga 5 mm. Bruntusan juga lebih nyeri daripada jerawat pasir.

Perbedaan Penanganan

Untuk menghilangkan jerawat pasir, Anda harus terlebih dahulu membersihkan wajah Anda dengan sabun yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Sabun ini akan membantu membersihkan wajah dan menghilangkan minyak dan kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit.

Untuk menghilangkan bruntusan, Anda harus menggunakan produk yang mengandung asam salisilat atau asam benzoat. Produk ini akan membantu membersihkan kulit dan mengurangi bakteri yang menyebabkan bruntusan. Anda juga dapat menggunakan produk yang mengandung retinol atau vitamin A untuk mengurangi pembentukan bruntusan.

Perbedaan Efek Samping dan Risiko

Jerawat pasir biasanya tidak menyebabkan efek samping yang serius, tetapi jika Anda menggunakan produk yang kuat, Anda mungkin mengalami iritasi atau ruam pada kulit. Namun, bruntusan sering menyebabkan iritasi pada kulit dan dapat menyebabkan infeksi jika tidak diobati dengan benar.

Perbedaan Pengobatan

Pengobatan untuk jerawat pasir dan bruntusan berbeda. Untuk jerawat pasir, Anda harus menggunakan produk yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk membersihkan wajah dan mengurangi produksi minyak. Anda juga dapat menggunakan produk kosmetik berbahan alami untuk mengurangi jerawat pasir.

Untuk bruntusan, Anda harus menggunakan produk yang mengandung asam salisilat atau asam benzoat. Anda juga harus menggunakan produk yang mengandung retinol atau vitamin A untuk mengurangi produksi minyak dan mengurangi risiko infeksi. Anda juga dapat menggunakan produk kosmetik berbahan alami untuk mengurangi bruntusan.

BACA JUGA:  Apakah Nano Spray Bisa Menghilangkan Jerawat?

Kesimpulan

Jerawat pasir dan bruntusan adalah jenis jerawat yang paling umum ditemukan di wajah. Meskipun mereka sering salah diklasifikasikan sebagai yang sama, ada banyak perbedaan antara jerawat pasir dan bruntusan. Perbedaan utama antara keduanya adalah bentuk, ukuran, penyebab, efek samping dan pengobatan. Oleh karena itu, penting untuk memahami perbedaan ini agar dapat memilih cara yang tepat untuk menghindari masalah kulit ini.

VideoPerbedaan Jerawat Pasir dan Bruntusan