Perbedaan Antara Jerawat dan Miliaria

Perbedaan Antara Jerawat Dan Miliaria
Source: bing.com

Ketika kulit Anda mengalami perubahan, seperti ruam, ada banyak penyebab yang mungkin. Dua yang paling umum adalah jerawat dan milia. Keduanya adalah masalah kulit yang umum, tetapi perbedaannya harus dipahami agar dapat memilih pengobatan yang tepat.

Apa Itu Jerawat?

Jerawat adalah ruam kecil yang disebabkan oleh bintik hitam dan bintik putih. Ini adalah jenis ruam yang disebabkan oleh kondisi kulit yang disebut komedo. Komedo adalah pori-pori yang terbentuk karena tumpukan sebum, kotoran, dan sel kulit mati. Bintik hitam disebut komedo tertutup dan bintik putih disebut komedo terbuka. Ketika kedua jenis komedo ini menyebabkan infeksi, itu disebut jerawat.

Apa Itu Miliaria?

Miliaria adalah ruam kecil yang disebabkan oleh kebocoran kecil dalam lapisan kulit. Ini sering disebut ruam panas, karena umumnya disebabkan oleh suhu yang tinggi dan kelembaban. Miliaria biasanya terjadi di wajah, leher, punggung, dan dada. Ini disebabkan oleh kondisi medis yang disebut hiperhidrosis, yang menyebabkan kelebihan keringat yang menghambat aliran udara ke kulit.

Perbedaan Antara Jerawat dan Miliaria

Keduanya adalah masalah kulit yang berbeda dan memiliki gejala yang berbeda. Perbedaan utama antara jerawat dan milia adalah penyebabnya. Jerawat disebabkan oleh kondisi kulit yang disebut komedo, sementara milia disebabkan oleh kebocoran kecil dalam lapisan kulit. Gejala lain yang membedakan keduanya adalah lokasinya. Jerawat biasanya terjadi di wajah, dahi, dan bahu. Miliaria biasanya terjadi di wajah, leher, punggung, dan dada.

BACA JUGA:  Jerawat di Dagu dan Pipi - Apa yang Harus Dilakukan?

Perawatan Untuk Jerawat dan Miliaria

Untuk mengobati jerawat, dokter mungkin meresepkan obat-obatan topikal atau oral. Obat-obatan topikal biasanya mengandung krim atau gel berbasis benzoil peroksida atau asam salisilat. Obat-obatan oral seperti antibiotik, isotretinoin, dan hormon dapat digunakan untuk mengobati jerawat yang parah. Untuk mengobati milia, dokter mungkin meresepkan obat-obatan topikal atau prosedur kulit seperti diatermokelasi.

Penggunaan Produk Perawatan Kulit

Untuk menjaga agar kulit tetap sehat, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Pembersihan wajah secara teratur, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai, dan menghindari paparan sinar matahari berlebihan adalah beberapa cara untuk mencegah jerawat dan milia. Anda juga harus menghindari produk yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti alkohol dan minyak, serta produk yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Kapan Anda Harus Berobat Ke Dokter?

Meskipun ada banyak cara untuk mengobati jerawat dan milia, ada kondisi yang memerlukan perawatan medis. Jika Anda memiliki ruam yang parah, Anda harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Anda juga harus mengunjungi dokter jika Anda memiliki ruam yang tidak hilang meskipun telah menggunakan produk perawatan kulit.

Kesimpulan

Ketika kulit Anda mengalami perubahan, ada banyak penyebab yang mungkin. Dua yang paling umum adalah jerawat dan milia. Perbedaan utama antara keduanya adalah penyebabnya. Jerawat disebabkan oleh kondisi kulit yang disebut komedo, sementara milia disebabkan oleh kebocoran kecil dalam lapisan kulit. Obat-obatan topikal dan oral dapat digunakan untuk mengobati jerawat, sementara diatermokelasi dapat digunakan untuk mengobati milia. Namun, Anda harus mengunjungi dokter jika Anda memiliki ruam yang parah atau tidak hilang meskipun telah menggunakan produk perawatan kulit.

BACA JUGA:  Cindala Gel untuk Jerawat, Solusi Tepat untuk Menghilangkan Jerawat

VideoPerbedaan Antara Jerawat dan Miliaria