Perbedaan Jerawat dan Bisul

Perbedaan Jerawat Dan Bisul
Source: bing.com

Jerawat dan bisul adalah kondisi kulit yang sering mengganggu, sering membuat penderitanya merasa malu dan tidak percaya diri. Walaupun keduanya memiliki gejala yang mirip, namun ternyata ada beberapa perbedaan yang mencolok antara jerawat dan bisul.

Penyebab Jerawat dan Bisul

Jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebih sebagai akibat hormon androgen. Minyak berlebih ini akan menyumbat pori-pori kulit, sehingga menjadi sumber bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan munculnya jerawat. Sedangkan bisul terjadi karena infeksi bakteri pada lapisan terluar kulit. Bakteri ini akan menyebabkan pembengkakan dan pembentukan nanah yang menimbulkan rasa sakit.

Gejala Jerawat dan Bisul

Jerawat akan terlihat sebagai kondisi berbentuk benjolan yang berisi cairan, yang biasanya berwarna putih atau kuning. Jerawat muncul di berbagai area tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Sedangkan bisul adalah benjolan yang lebih besar daripada jerawat, berisi nanah dan dapat menimbulkan rasa sakit. Bisul biasanya akan terlihat di area tubuh seperti lengan, tungkai, dan punggung.

Pengobatan Jerawat dan Bisul

Untuk mengobati jerawat, penderita dapat menggunakan obat-obatan kulit yang mengandung kandungan benzoil peroksida atau asam salisilat. Namun, jika jerawat sudah parah, penderita dapat diarahkan untuk menggunakan obat-obatan lain atau bahkan melakukan perawatan khusus. Sedangkan bisul biasanya akan sembuh sendiri dalam beberapa hari. Namun, jika bisul sudah parah, penderita dapat melakukan operasi kecil untuk mengeluarkan nanah. Selain itu, penderita juga dapat menggunakan obat-obatan antibiotik untuk mempercepat proses penyembuhan.

Cara Mencegah Jerawat dan Bisul

Untuk mencegah jerawat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Pertama, hindari menyentuh wajah dan kulit yang berminyak dengan tangan yang kotor. Kedua, gunakan produk perawatan kulit yang tidak mengandung minyak. Ketiga, hindari kontak langsung dengan sinar matahari. Dan yang terakhir, jangan lupa untuk rutin membersihkan wajah setiap hari dengan air hangat.

BACA JUGA:  Apakah Jerawat Puber Bisa Hilang?

Untuk mencegah bisul, Anda harus memastikan bahwa kulit Anda selalu bersih dan kering. Hindari menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, jangan lupa untuk memakai pakaian yang terbuat dari bahan yang lembut, sehingga tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit.

Kesimpulan

Walaupun memiliki gejala yang mirip, namun ternyata jerawat dan bisul memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Perbedaan itu dapat dilihat dari penyebabnya, gejalanya, cara pengobatan, hingga cara mencegahnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perbedaan antara jerawat dan bisul agar dapat mengobati kondisi kulit dengan tepat.

VideoPerbedaan Jerawat dan Bisul