Perbedaan Bisul dan Jerawat

Perbedaan Bisul Dan Jerawat
Source: bing.com

Ketika seseorang mengalami masalah dengan kulitnya, biasanya membuat orang yang bersangkutan panik dan merasa tidak nyaman. Mereka mencari tahu apa yang mereka alami, apakah itu jerawat, bisul, atau kondisi kulit lainnya. Kedua masalah tersebut memiliki beberapa tanda yang mirip, namun juga memiliki perbedaan yang sangat penting untuk diperhatikan.

Apa itu Bisul?

Bisul adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya muncul sebagai benjolan kecil yang disertai dengan rasa sakit. Bisul biasanya berwarna merah, dan kadang-kadang terlihat seperti keluar nanah. Bisul biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti staphylococcus aureus. Bisul bisa terjadi di mana saja di tubuh, namun lebih sering ditemukan di wajah, punggung, dan lengan.

Apa itu Jerawat?

Jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan oleh pembengkakan pori-pori. Pori-pori yang tersumbat dengan sel kulit mati dan minyak dapat menyebabkan jerawat. Jerawat dapat berupa benjolan kecil, berukuran sedang, atau bahkan besar. Terkadang jerawat dapat berisi nanah. Jerawat biasanya terjadi di wajah, leher, punggung, dan dada.

Perbedaan Bisul dan Jerawat

Perbedaan utama antara bisul dan jerawat adalah bahwa bisul disebabkan oleh infeksi bakteri, sedangkan jerawat disebabkan oleh pori-pori tersumbat. Selain itu, bisul biasanya berwarna merah, sementara jerawat dapat berupa benjolan kecil, berukuran sedang, atau bahkan besar. Bisul biasanya disertai dengan rasa sakit, sementara jerawat biasanya tidak. Bisul biasanya ditemukan di wajah, punggung, dan lengan, sementara jerawat biasanya ditemukan di wajah, leher, punggung, dan dada.

BACA JUGA:  Cara Memuluskan Wajah Tanpa Jerawat

Cara Mengobati Bisul dan Jerawat

Kedua masalah kulit ini membutuhkan perawatan yang berbeda. Untuk mengobati bisul, Anda dapat menggunakan obat antibiotik, salep antibiotik, atau bahkan melakukan pembedahan untuk menghilangkan bisul. Untuk mengobati jerawat, Anda dapat menggunakan obat-obatan yang tersedia di pasaran, seperti salep atau krim, atau bahkan mungkin memerlukan terapi antibiotik. Anda juga dapat menghindari makanan yang menyebabkan jerawat.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jika Anda memiliki masalah dengan bisul atau jerawat, sebaiknya segera melakukan konsultasi ke dokter. Jika Anda memiliki bisul yang sudah parah atau jerawat yang sudah lama, maka Anda harus segera berobat ke dokter. Dokter akan menentukan jenis masalah yang Anda alami dan meresepkan obat yang tepat untuk mengobati masalah kulit Anda.

Bagaimana Cara Mencegah Bisul dan Jerawat?

Untuk mencegah bisul, Anda harus selalu menjaga kebersihan wajah Anda dan menjaga kebersihan tubuh secara umum. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan alat-alat yang Anda gunakan seperti handuk atau pembersih wajah. Untuk mencegah jerawat, Anda harus menjaga kebersihan wajah Anda dengan mencuci wajah secara teratur dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan jerawat.

Kesimpulan

Bisul dan jerawat adalah masalah kulit yang sering dialami orang. Meskipun keduanya memiliki beberapa tanda yang mirip, namun perbedaannya juga sangat penting untuk diperhatikan. Untuk mengobati bisul dan jerawat, Anda harus melakukan konsultasi ke dokter. Selain itu, penting juga untuk selalu menjaga kebersihan wajah dan tubuh untuk mencegah kedua masalah tersebut.

VideoPerbedaan Bisul dan Jerawat