Perbedaan Bekas Jerawat Merah dan Hitam

Perbedaan Bekas Jerawat Merah Dan Hitam
Source: bing.com

Bekas jerawat adalah masalah yang paling umum dialami oleh semua orang. Terutama pada remaja yang berada di usia pubertas, bekas jerawat adalah hal yang sangat umum. Meskipun bagi orang-orang yang sudah dewasa pun masih bisa menjadi masalah. Bekas jerawat bisa berwarna merah, kecoklatan, atau bahkan hitam. Namun, apa sebenarnya perbedaan antara bekas jerawat merah dan hitam?

Apa itu Bekas Jerawat Merah?

Bekas jerawat merah biasanya disebabkan oleh jerawat yang sedang aktif. Jerawat ini juga disebut sebagai jerawat berlendir. Bekas jerawat merah ini biasanya disebabkan oleh infeksi yang menyebabkan pembengkakan. Pembengkakan ini menyebabkan timbulnya jerawat. Bekas jerawat ini biasanya bersifat sementara dan bisa berlangsung selama beberapa hari sampai beberapa minggu, tergantung pada tingkat infeksi.

Namun, kadang-kadang bekas jerawat merah ini bisa bertahan selama beberapa bulan, terutama jika tidak diobati dengan benar. Bekas jerawat merah ini biasanya berbentuk bintik-bintik kecil. Warna merah ini biasanya disebabkan oleh pembengkakan yang terjadi di kulit. Bekas jerawat ini umumnya bertekstur lembut dan bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu yang cukup lama.

Apa itu Bekas Jerawat Hitam?

Bekas jerawat hitam bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Biasanya bekas jerawat hitam ini dikarenakan oleh jerawat yang sudah lama. Jerawat hitam ini biasanya disebabkan oleh pembentukan melanin, sebuah pigmen yang menyebabkan warna hitam di kulit. Melanin ini bisa terakumulasi di bawah kulit, yang menyebabkan timbulnya bekas jerawat hitam.

BACA JUGA:  Totol Jerawat Acnes: Mengenal Masalah Jerawat dan Cara Mengatasinya

Bekas jerawat hitam ini biasanya berbentuk bintik-bintik kecil. Tekstur kulit di sekitar bekas jerawat hitam ini biasanya lebih kasar dan kaku. Biasanya bekas jerawat hitam ini bisa bertahan selama bertahun-tahun bahkan bisa bertahan selamanya jika tidak diobati dengan benar.

Perbedaan Bekas Jerawat Merah dan Hitam

Kedua jenis bekas jerawat ini memiliki banyak perbedaan. Berikut adalah beberapa perbedaan antara bekas jerawat merah dan hitam:

  • Bekas jerawat merah disebabkan oleh jerawat yang sedang aktif, sedangkan bekas jerawat hitam disebabkan oleh jerawat yang sudah lama.
  • Bekas jerawat merah berwarna merah, sedangkan bekas jerawat hitam berwarna hitam.
  • Bekas jerawat merah biasanya bertekstur lembut, sedangkan bekas jerawat hitam bertekstur kasar dan kaku.
  • Bekas jerawat merah biasanya bersifat sementara, sedangkan bekas jerawat hitam bisa bertahan selamanya.

Jadi, jelas bahwa ada beberapa perbedaan antara bekas jerawat merah dan hitam. Namun, kedua jenis bekas jerawat ini sama-sama mengganggu dan perlu diobati untuk menghilangkan masalahnya.

Cara Mengobati Bekas Jerawat Merah dan Hitam

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengobati bekas jerawat merah dan hitam. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan:

  • Menggunakan Obat-obatan Topikal: Anda bisa menggunakan obat-obatan topikal seperti krim dan lotion yang tersedia di apotek untuk mengobati bekas jerawat merah dan hitam.
  • Menggunakan Krim Pelembab: Anda bisa menggunakan krim pelembab untuk menjaga kelembaban kulit. Ini bisa membantu mengurangi bekas jerawat merah dan hitam.
  • Menggunakan Masker: Masker wajah dapat membantu menghilangkan bekas jerawat merah dan hitam. Anda bisa menggunakan masker yang mengandung bahan alami seperti madu, aloe vera, dan minyak zaitun.
  • Menggunakan Laser: Anda juga bisa menggunakan laser untuk mengobati bekas jerawat merah dan hitam. Laser dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan mengurangi rasa sakit.
BACA JUGA:  Produk Tiens Untuk Jerawat Batu

Jadi, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati bekas jerawat merah dan hitam. Pastikan anda menggunakan cara yang benar dan aman untuk menghilangkan bekas jerawat.

Kesimpulan

Jadi, itulah tentang perbedaan antara bekas jerawat merah dan hitam. Bekas jerawat merah biasanya disebabkan oleh jerawat yang sedang aktif, sedangkan bekas jerawat hitam disebabkan oleh jerawat yang sudah lama. Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk mengobati bekas jerawat merah dan hitam, seperti menggunakan obat-obatan topikal, krim pelembab, masker, dan laser. Pastikan anda menggunakan cara yang benar dan aman untuk menghilangkan bekas jerawat.

VideoPerbedaan Bekas Jerawat Merah dan Hitam