Penyebab Wajah Jerawat Kecil Kecil

Penyebab Wajah Jerawat Kecil Kecil
Source: bing.com

Jerawat kecil kecil atau disebut juga dengan jerawat komedo biasanya terjadi karena kotoran dan sebum yang menyumbat pori-pori di wajah. Hal ini dapat menimbulkan bintik-bintik kecil di wajah. Berikut adalah beberapa penyebab wajah jerawat kecil kecil.

Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan produksi sebum yang berlebihan di wajah. Sebum merupakan pelumas alami yang berfungsi untuk melindungi lapisan kulit wajah. Akan tetapi, jika sebum berlebihan, dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat kecil kecil.

Penggunaan Kosmetik

Ketika Anda menggunakan produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah, dapat menyebabkan iritasi di wajah. Hal ini dapat menyebabkan produksi sebum yang berlebihan dan akibatnya adalah jerawat kecil kecil. Oleh karena itu, pilihlah produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

Kurangnya Kebersihan Wajah

Kebersihan wajah yang buruk dapat menyebabkan timbulnya jerawat kecil kecil. Kotoran dan sebum yang mengendap di wajah akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Untuk itu, sebaiknya membersihkan wajah secara rutin, minimal 2 kali sehari.

Stres

Stres dapat memicu produksi hormon androgen, yang dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum. Hal ini dapat menyebabkan jerawat kecil kecil. Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari stres dengan berolahraga secara teratur dan mengatur pola tidur yang cukup.

Makanan Berminyak

Makanan berminyak dapat meningkatkan produksi sebum di wajah, yang berakibat pada timbulnya jerawat. Makanan berminyak yang harus dihindari antara lain makanan gorengan, makanan cepat saji, dan makanan yang mengandung banyak lemak. Sebaiknya ganti makanan tersebut dengan makanan yang mengandung banyak sayuran dan buah-buahan.

BACA JUGA:  Air Dingin Untuk Jerawat, Rahasia Alami Mengecilkan Jerawat Dengan Cepat

Penggunaan Produk Perawatan Wajah Berbahan Kimia

Produk perawatan wajah yang berbahan kimia dapat menyebabkan iritasi di wajah dan berakibat pada timbulnya jerawat kecil kecil. Jika Anda menggunakan produk perawatan wajah, pastikan memilih yang memiliki bahan alami dan aman untuk digunakan.

Ketidakseimbangan Gizi

Kurangnya asupan vitamin dan mineral dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Hal ini dapat menyebabkan produksi sebum yang berlebihan dan menyebabkan jerawat kecil kecil. Untuk itu, pastikan asupan gizi Anda seimbang dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung banyak vitamin dan mineral.

Polusi Udara

Udara yang tercemar dapat menyebabkan iritasi di wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat kecil kecil. Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari lingkungan yang polusi dan hindari juga paparan sinar matahari yang berlebihan.

Kesimpulan

Jerawat kecil kecil dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti ketidakseimbangan hormon, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit, kurangnya kebersihan wajah, stres, makanan berminyak, penggunaan produk perawatan wajah berbahan kimia, ketidakseimbangan gizi, dan polusi udara. Untuk itu, sebaiknya hindari hal-hal yang dapat menyebabkan jerawat kecil kecil dan pastikan untuk membersihkan wajah secara rutin.

VideoPenyebab Wajah Jerawat Kecil Kecil