Penyebab Timbul Jerawat di Dagu

Penyebab Timbul Jerawat Di Dagu
Source: bing.com

Jerawat di dagu merupakan masalah kulit yang kerap terjadi. Banyak orang merasa kesulitan meredakan jerawat di dagu. Beberapa orang bahkan mengabaikannya dan menganggapnya sebagai masalah yang mudah untuk diatasi. Meskipun begitu, jerawat di dagu merupakan masalah yang harus diatasi dengan hati-hati dan tepat. Agar tidak menimbulkan luka atau lainnya, ada baiknya jika kamu tahu apa saja penyebab timbulnya jerawat di dagu.

Pengaruh Hormon

Kelebihan hormon testosteron atau androgen di dalam tubuh merupakan salah satu penyebab utama timbulnya jerawat di dagu. Kelebihan hormon ini akan menyebabkan produksi minyak yang berlebihan, yang pada akhirnya menyebabkan kulit menjadi berminyak dan rentan terhadap bakteri penyebab jerawat. Penyebab lain yang dapat menyebabkan kelebihan hormon testosteron adalah obat-obatan, gangguan kelenjar tiroid, dan masalah hormon lainnya.

Polusi dan Minyak Berlebihan

Polusi dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan rentan terhadap jerawat. Partikel-partikel polutan dapat menyumbat pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat dan minyak berlebihan. Polusi juga bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap radikal bebas yang membuatnya lebih mudah terkena infeksi dan iritasi.

Stress dan Kebiasaan Merokok

Stress dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon tertentu yang dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Selain itu, kebiasaan merokok juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan jerawat di dagu. Rokok dapat menyebabkan kulit kering dan menyumbat pori-pori kulit, yang pada akhirnya akan menyebabkan jerawat.

Kebiasaan Buruk Pada Kulit Wajah

Kebiasaan buruk seperti menggaruk atau menekan jerawat, menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit, menggunakan make up yang berlebihan, dan menggunakan alat-alat pembersih yang terlalu kuat dapat menyebabkan jerawat di dagu. Selain itu, tidak membersihkan wajah dengan benar juga dapat menyebabkan jerawat di dagu.

BACA JUGA:  Stres Menyebabkan Jerawat

Kurang Tidur dan Makan Makanan Berlemak

Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon tertentu yang dapat merangsang minyak berlebihan pada kulit. Selain itu, makanan berlemak juga dapat menyebabkan jerawat di dagu. Makanan berlemak dapat menyumbat pori-pori kulit, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan jerawat di dagu. Beberapa masalah hormon seperti obesitas, masalah kelenjar tiroid, atau gangguan hormonal lainnya dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan pada kulit, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat di dagu.

Penggunaan Kosmetik Berbahaya

Ada beberapa jenis kosmetik yang dapat menyebabkan jerawat di dagu. Beberapa produk perawatan kulit yang berbahaya, seperti sabun, toner, dan pelembab, dapat menyebabkan iritasi dan kulit kering. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap bakteri penyebab jerawat.

Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat di dagu. Tubuh yang lemah rentan terhadap infeksi dan iritasi yang menyebabkan jerawat. Selain itu, kurangnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga dapat menyebabkan jerawat di dagu.

Kesimpulan

Ada banyak penyebab jerawat di dagu, mulai dari faktor hormon, polusi, stres, kebiasaan buruk, ketidakseimbangan hormon, penggunaan kosmetik berbahaya, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebabnya agar jerawat dapat dicegah atau diatasi dengan cara yang benar.

VideoPenyebab Timbul Jerawat di Dagu