Penyebab Muka Bruntusan dan Jerawat

Penyebab Muka Bruntusan Dan Jerawat
Source: bing.com

Kebanyakan orang pasti pernah mengalami masalah bruntusan dan jerawat di wajah. Masalah-masalah ini juga bisa berubah-ubah, seperti jerawat yang hilang dan muncul kembali. Apa yang menjadi penyebab muka bruntusan dan jerawat?

Penyebab Peradangan Kulit

Penyebab utama munculnya bruntusan dan jerawat adalah peradangan pada kulit. Peradangan kulit bisa disebabkan oleh bakteri, polusi, sinar ultraviolet, alergi kulit, dan kuman. Hal ini juga dipengaruhi oleh nutrisi, kesehatan, dan kebiasaan hidup. Ketika kulit mengalami peradangan, itu akan menyebabkan masalah kulit seperti bruntusan dan jerawat.

Penyebab Hormon

Hormon juga salah satu penyebab utama munculnya bruntusan dan jerawat. Hormon berperan dalam peningkatan produksi minyak di kulit. Selain itu, hormon juga dapat meningkatkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Akibatnya, pori-pori kulit menjadi tersumbat dan menyebabkan tumbuhnya bruntusan dan jerawat.

Penyebab Kebiasaan Hidup

Kebiasaan hidup juga berpengaruh pada kemunculan bruntusan dan jerawat. Kebiasaan buruk seperti tidak membersihkan wajah secara teratur, menggunakan kosmetik berbasis minyak, dan merokok dapat menyebabkan masalah kulit. Selain itu, kekurangan istirahat dan stres juga bisa mempersempit pori-pori kulit, yang berakibat pada penyumbatan pori-pori.

Penyebab Makanan Berlemak

Makanan berlemak juga salah satu penyebab utama munculnya bruntusan dan jerawat. Makanan berlemak yang tinggi kolesterol dan lemak trans akan membuat kulit menjadi lebih berminyak dan menyumbat pori-pori wajah. Untuk itu, Anda harus menghindari makanan berlemak dan mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan tinggi antioksidan seperti buah dan sayur.

BACA JUGA:  Penyebab Jerawat pada Vagina

Penyebab Kebiasaan Mencubit Jerawat

Kebanyakan orang sering mencubit jerawat di wajah. Hal ini sangat tidak disarankan karena dapat memperparah masalah kulit. Mencubit jerawat bisa menyebabkan bekas luka, infeksi, dan iritasi kulit. Akibatnya, bruntusan dan jerawat akan semakin bertambah.

Penyebab Kebiasaan Memakai Kosmetik Berbasis Minyak

Kebiasaan memakai kosmetik berbasis minyak juga bisa menyebabkan bruntusan dan jerawat. Kosmetik berbasis minyak bisa memicu produksi minyak berlebih di wajah. Akibatnya, pori-pori kulit tersumbat dan menyebabkan munculnya bruntusan dan jerawat.

Penyebab Alergi Kosmetik

Beberapa orang juga mungkin memiliki alergi terhadap kosmetik tertentu. Alergi kosmetik dapat menyebabkan peradangan pada kulit, yang akan menyebabkan munculnya bruntusan dan jerawat. Jika Anda mengalami alergi, Anda harus menghindari kosmetik yang menyebabkan alergi tersebut.

Penyebab Kebiasaan Merokok

Merokok juga bisa menyebabkan masalah kulit seperti bruntusan dan jerawat. Asap rokok mengandung banyak bahan kimia yang dapat memicu produksi minyak berlebih di wajah. Selain itu, rokok juga bisa menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat. Akibatnya, bruntusan dan jerawat akan semakin bertambah.

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab utama munculnya bruntusan dan jerawat. Penyebab utama bruntusan dan jerawat adalah peradangan pada kulit, hormon, kebiasaan hidup, makanan berlemak, kebiasaan mencubit jerawat, kosmetik berbasis minyak, alergi kosmetik, dan merokok. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kesehatan kulit dan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik agar wajah tetap sehat.

VideoPenyebab Muka Bruntusan dan Jerawat