Penyebab Jerawat Timbul

Penyebab Jerawat Timbul
Source: bing.com

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Meskipun jarang menimbulkan rasa sakit, jerawat dapat menyebabkan rasa malu dan tidak percaya diri. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin tahu penyebab jerawat timbul dan bagaimana cara mengatasinya.

Jika Anda ingin menghilangkan jerawat, maka Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa penyebab jerawat yang paling umum:

Hormon

Hormon memainkan peran penting dalam timbulnya jerawat. Biasanya, jerawat akan muncul pada masa remaja karena adanya kenaikan hormon androgen, sebuah hormon yang bertanggung jawab atas produksi minyak di kulit. Hormon ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menghasilkan jerawat.

Kebiasaan Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab jerawat. Asap rokok dapat membuat kulit menjadi kering dan mencegah pori-pori kulit untuk bernapas. Akibatnya, pori-pori menjadi tersumbat dan menyebabkan jerawat.

Produk Perawatan Kulit Yang Tidak Sesuai

Meskipun produk perawatan kulit dapat membantu mengurangi jerawat, namun jika produk yang Anda gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, maka produk tersebut justru dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan produk yang cocok dengan jenis kulit Anda.

Stress

Stress merupakan salah satu penyebab yang paling umum dari jerawat. Ketika stres, tubuh Anda akan melepaskan hormon kortisol yang dapat memicu produksi minyak di kulit. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat.

Polusi

Polusi udara dapat membuat kulit kering dan berminyak. Partikel-partikel polutan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Selain itu, polusi juga dapat menyebabkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:  Manfaat Johnson & Johnson Baby Bath Milk Untuk Jerawat

Makanan Berlemak Dan Gula

Makanan berlemak dan gula dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menghasilkan jerawat. Selain itu, makanan berlemak dan gula juga dapat menyebabkan peradangan di kulit dan menghasilkan jerawat.

Kosmetik

Kosmetik mungkin menjadi salah satu penyebab jerawat. Banyak kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi dan peradangan di kulit. Hal ini dapat menyebabkan jerawat.

Penggunaan Handphone Yang Berlebihan

Penggunaan handphone yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat. Saat Anda menggunakan handphone, kuman dan bakteri dapat masuk ke pori-pori kulit. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan menghasilkan jerawat.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada banyak hal yang dapat menyebabkan jerawat. Penyebab yang paling umum adalah hormon, kebiasaan merokok, produk perawatan kulit yang tidak sesuai, stres, polusi, makanan berlemak dan gula, kosmetik, dan penggunaan handphone yang berlebihan. Jika Anda ingin menghilangkan jerawat, maka Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu dan menghindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan jerawat.

VideoPenyebab Jerawat Timbul