Penyebab Jerawat Tiba-tiba Banyak

Penyebab Jerawat Tiba-Tiba Banyak
Source: bing.com

Makanan Berlemak dan Gula Tinggi

Makan makanan yang berlemak dan tinggi gula dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Minyak yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat. Makanan yang disarankan untuk mengurangi produksi minyak di kulit adalah makanan yang kaya akan vitamin A, kalsium, dan zink. Makanan seperti buah-buahan, sayuran, ikan, dan kacang-kacangan dapat membantu mengurangi jerawat.

Stres dan Kebiasaan Buruk

Stres merupakan salah satu penyebab jerawat. Stres memicu produksi hormon yang dapat menyebabkan kelenjar minyak di kulit menjadi berlebihan. Kebiasaan buruk seperti menyentuh wajah secara berlebihan, menggunakan handuk yang kotor, atau tidak membersihkan wajah secara rutin juga dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan wajah dan mengurangi stres.

Kelainan Hormon

Kelainan hormon dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan di kulit. Penyebab kelainan hormon yang paling umum adalah masalah kesehatan seperti sindrom ovarium polikistik, gangguan tiroid, dan penyakit adrenal. Gejala lainnya yang dapat disebabkan oleh kelainan hormon adalah rambut yang berlebihan dan perubahan suasana hati. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda perlu berbicara dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Kosmetik Berbahan Kimia

Kosmetik yang mengandung bahan kimia yang kuat dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi pada kulit. Jika kulit teriritasi, itu dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan dan jerawat. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih kosmetik yang cocok dengan jenis kulit Anda. Hindari kosmetik yang mengandung alkohol, pelembab sintetik, dan pewarna, seperti pewarna sintetik.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Jerawat dengan BodyShop

Hormon Berlebihan Pada Wanita

Hormon berlebihan pada wanita dapat menyebabkan jerawat. Hal ini dapat terjadi ketika siklus haid wanita tidak normal. Ini disebabkan oleh kadar hormon estrogen dan progesteron yang berubah selama menstruasi. Gejala lainnya yang dapat disebabkan oleh hormon berlebihan adalah rambut yang berlebihan, perubahan suasana hati, dan perubahan berat badan. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda harus berbicara dengan dokter.

Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih juga dapat menyebabkan jerawat. Air putih dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit. Jika Anda kurang minum air putih, Anda dapat mengalami kulit kering dan tidak sehat. Oleskan pelembab untuk menyehatkan kulit dan minum banyak air putih untuk membantu membersihkan kulit dari dalam.

Penggunaan Bedak

Penggunaan bedak yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat. Bedak dapat menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan produksi minyak berlebihan di kulit. Gunakan bedak yang ringan dan yang tidak menyumbat pori-pori. Jangan lupa untuk membersihkan wajah secara rutin setelah menggunakan bedak.

Produk Perawatan Kulit Berbahan Kimia

Produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia yang kuat dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi pada kulit. Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulit juga dapat menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Udara Tercemar

Udara tercemar juga dapat menyebabkan jerawat. Udara tercemar dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan di kulit. Untuk mencegah jerawat akibat polusi udara, hindari menghabiskan banyak waktu di luar. Jika Anda harus berada di luar selama waktu yang lama, gunakan masker untuk melindungi wajah Anda.

BACA JUGA:  Perlukah Anda Menggunakan Acnes Gel Penghilang Jerawat?

Kesimpulan

Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti makanan berlemak dan gula tinggi, stres dan kebiasaan buruk, kelainan hormon, kosmetik berbahan kimia, hormon berlebihan pada wanita, kurang minum air putih, penggunaan bedak, produk perawatan kulit berbahan kimia, dan udara tercemar. Penting untuk memilih makanan sehat, menjaga kebersihan wajah, dan menghindari produk kosmetik berbahan kimia untuk mencegah jerawat.

VideoPenyebab Jerawat Tiba-tiba Banyak