Penyebab Jerawat Tiba-Tiba Muncul

Penyebab Jerawat Tiba-Tiba Muncul
Source: bing.com

Kebanyakan orang pasti mengalami jerawat di masa remaja, dan bahkan bisa saja terjadi di usia dewasa. Jerawat tiba-tiba muncul tanpa sebab bisa menjadi masalah bagi kita, karena tampilan wajah kita yang terganggu. Namun ada beberapa penyebab jerawat tiba-tiba muncul yang perlu kita ketahui.

Penyebab Jerawat Tiba-Tiba Muncul: Hormon

Jerawat bisa disebabkan oleh gangguan hormon. Hormon berperan penting dalam mengatur produksi minyak di kulit, sehingga gangguan hormon bisa menyebabkan produksi minyak berlebihan yang akhirnya menyebabkan kulit menjadi berminyak dan menimbulkan jerawat. Hormon ini juga bisa dipengaruhi oleh masa pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menopause. Jadi, jika kamu merasa jerawat tiba-tiba muncul tanpa sebab, mungkin gangguan hormon yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Jerawat Tiba-Tiba Muncul: Cuaca

Cuaca juga bisa berpengaruh terhadap kemunculan jerawat tiba-tiba. Cuaca yang terlalu panas dan lembab akan membuat kulit menjadi berkeringat lebih cepat. Keringat yang tersumbat di follikel rambut akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan terjadinya jerawat. Cuaca yang dingin juga berpengaruh terhadap kemunculan jerawat tiba-tiba, karena kulit akan menjadi kering dan mudah mengalami iritasi.

Penyebab Jerawat Tiba-Tiba Muncul: Makanan

Makanan juga bisa menjadi penyebab jerawat tiba-tiba muncul. Makanan yang tinggi lemak dan gula berlebihan dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan dan pembentukan komedo. Makanan yang mengandung banyak MSG juga dapat memicu kemunculan jerawat. Karbohidrat juga tidak baik untuk kulit, karena dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:  Penghilang Bekas Jerawat Melanox, Rahasia Untuk Kulit sempurna!

Penyebab Jerawat Tiba-Tiba Muncul: Benda-Benda Asing

Benda-benda asing seperti semir rambut, sabun, sikat rambut, dan lain sebagainya dapat menyebabkan jerawat tiba-tiba muncul. Benda-benda ini dapat mengiritasi kulit dan menginfeksi folikel rambut, sehingga menyebabkan jerawat. Jadi, lebih baik kita menghindari menggunakan benda-benda asing di wajah.

Penyebab Jerawat Tiba-Tiba Muncul: Alergi

Jerawat juga dapat disebabkan oleh alergi. Alergi dapat disebabkan oleh obat, makanan, atau bahan kosmetik tertentu. Penyebab lainnya adalah alergi debu, serbuk sari, tungau, dan lain sebagainya. Jika kamu merasakan jerawat tiba-tiba muncul, cobalah untuk mencari tahu apakah kamu alergi terhadap bahan-bahan tersebut.

Penyebab Jerawat Tiba-Tiba Muncul: Kosmetik Salah Pilih

Kosmetik juga bisa menjadi penyebab jerawat tiba-tiba muncul. Kosmetik yang salah dipilih akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan iritasi pada kulit. Jadi, pastikan untuk memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit kamu, karena kosmetik yang tepat akan membantu menjaga kesehatan kulit.

Penyebab Jerawat Tiba-Tiba Muncul: Penyakit

Penyakit tertentu juga dapat menyebabkan jerawat tiba-tiba muncul. Penyakit kulit seperti psoriasis, eksim, dan lain sebagainya dapat menyebabkan kemunculan jerawat. Beberapa penyakit internal juga dapat menyebabkan jerawat tiba-tiba muncul, seperti diabetes, gangguan hati, dan lain-lain.

Kesimpulan

Jerawat tiba-tiba muncul tanpa sebab memang menjadi masalah bagi kita. Namun ada beberapa penyebab jerawat tiba-tiba muncul yang perlu kita ketahui, seperti gangguan hormon, cuaca, makanan, benda-benda asing, alergi, kosmetik salah pilih, dan penyakit. Jadi, untuk menghindari kemunculan jerawat tiba-tiba, pastikan untuk menjaga kesehatan kulit kamu.

VideoPenyebab Jerawat Tiba-Tiba Muncul