Penyebab Jerawat Sakit dan Gatal

Penyebab Jerawat Sakit Dan Gatal
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum ditemui oleh banyak orang di seluruh dunia. Jerawat merupakan kondisi yang menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak, berkerak, bengkak, dan sangat gatal. Masalah jerawat dapat berdampak pada aspek fisik dan psikologis orang yang mengalaminya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab jerawat agar dapat mencegah timbulnya jerawat atau menangani jerawat yang sudah ada. Berikut adalah penyebab utama jerawat sakit dan gatal.

1. Kulit Berminyak

Kulit berminyak adalah salah satu penyebab utama jerawat sakit dan gatal. Kulit berminyak bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti produksi hormon, makanan tertentu, gaya hidup, dan juga kondisi lingkungan. Jika kulit Anda terlalu berminyak, maka kuman dan debu dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Untuk mengurangi kelebihan minyak di kulit, pastikan untuk membersihkan kulit secara teratur menggunakan produk khusus yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Hormon

Hormon juga menjadi salah satu penyebab utama jerawat sakit dan gatal. Hormon dapat meningkatkan produksi minyak di kulit yang akan membuat kulit lebih berminyak dan rentan terhadap infeksi bakteri. Hormon juga dapat memicu timbulnya jerawat. Seperti halnya pada masa pubertas, saat hormon androgen (hormon seks) meningkat, maka jerawat sangat mungkin timbul. Hal ini juga berlaku pada wanita, saat mereka berada di masa menstruasi, produksi hormon juga meningkat dan dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Makanan

Makanan juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Makanan yang kaya akan lemak dan gula, seperti makanan berminyak dan gorengan, atau makanan yang terlalu manis, dapat meningkatkan produksi minyak di kulit sehingga memicu timbulnya jerawat. Jadi, pastikan untuk menjaga pola makan Anda dengan menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi dan gula untuk mengurangi risiko timbulnya jerawat.

BACA JUGA:  Pil KB Diane 35 untuk Jerawat

4. Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan juga dapat memicu timbulnya jerawat. Lingkungan yang panas, lembab, dan penuh debu berpotensi untuk menyebabkan bertambahnya minyak di kulit dan memicu timbulnya jerawat. Saat berada di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar kulit Anda terlindungi dari sinar matahari dan partikel-partikel debu.

5. Kosmetik

Kosmetik yang tak sesuai dengan jenis kulit Anda juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Produk-produk kosmetik tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan bertambahnya minyak di kulit. Saat memilih kosmetik, pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar kulit tetap sehat dan terlindungi dari bakteri dan partikel-partikel debu.

6. Stres

Stres juga dapat memicu timbulnya jerawat sakit dan gatal. Stres dapat meningkatkan produksi hormon di dalam tubuh, yang pada akhirnya akan memicu timbulnya jerawat. Jadi, pastikan untuk mengatur pola hidup dan melakukan aktivitas yang bermanfaat untuk mengurangi stres dan mencegah timbulnya jerawat.

7. Produk-produk Tertentu

Beberapa produk tertentu juga dapat menyebabkan jerawat sakit dan gatal. Produk-produk tersebut biasanya mengandung bahan kimia yang dapat memicu timbulnya jerawat. Beberapa contoh produk tersebut adalah produk perawatan kulit, produk parfum, produk pengilat rambut, dan produk-produk lainnya. Pastikan untuk memilih produk-produk yang aman dan tidak berbahaya bagi kulit Anda.

8. Alergi

Terakhir, alergi juga dapat menyebabkan jerawat sakit dan gatal. Alergi dapat disebabkan oleh makanan, obat-obatan, produk-produk tertentu, debu, dan juga bahan-bahan lainnya. Jika Anda mengalami alergi, ada kemungkinan Anda akan mengalami jerawat. Jadi, pastikan untuk mengetahui penyebab alergi Anda agar dapat mencegah timbulnya jerawat.

Kesimpulan

Jerawat sakit dan gatal merupakan masalah kulit yang umum ditemui banyak orang. Penyebab jerawat sakit dan gatal bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kulit berminyak, hormon, makanan, kondisi lingkungan, kosmetik, stres, produk-produk tertentu, dan juga alergi. Jadi, pastikan untuk mengetahui penyebab jerawat dan menerapkan cara-cara untuk mencegah dan mengobati jerawat sakit dan gatal agar kulit Anda tetap sehat.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

VideoPenyebab Jerawat Sakit dan Gatal