Penyebab Jerawat Nanah Kecil

Penyebab Jerawat Nanah Kecil
Source: bing.com

Siapa yang tidak pernah mengalami jerawat nanah kecil? Jerawat nanah kecil umumnya muncul di kulit wajah, leher, bahkan di punggung dan dada. Meskipun tidak membahayakan, namun jerawat nanah kecil akan sangat mengganggu kepercayaan diri Anda. Maka dari itu, mengetahui penyebab jerawat nanah kecil akan membantu Anda untuk menghindarinya.

Apa Itu Jerawat Nanah Kecil?

Jerawat nanah kecil adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri ini menyebabkan kulit memerah dan menyebabkan pembentukan nanah dalam jerawat. Jerawat nanah kecil biasanya berwarna merah, putih, atau kuning. Mereka juga sering disertai dengan rasa sakit atau gatal. Kondisi ini juga disebut folliculitis.

Penyebab Jerawat Nanah Kecil

Banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat nanah kecil, di antaranya:

1. Pemakaian Pakaian yang Terlalu Ketat

Pakaian yang terlalu ketat atau bahan yang tidak bernafas dapat mengganggu aliran udara ke kulit Anda. Ini akan membuat kulit Anda lebih lembab dan mengundang bakteri untuk tumbuh. Pakaian yang terlalu ketat juga dapat memperburuk kondisi kulit Anda, sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap jerawat nanah kecil.

2. Kepadatan Rambut

Rambut yang sangat padat dan kasar dapat meningkatkan kelembaban kulit Anda. Hal ini akan menyebabkan kulit lebih mudah terinfeksi oleh bakteri yang dapat menyebabkan jerawat nanah kecil. Jadi, jika Anda memiliki rambut yang sangat padat dan kasar, pastikan Anda menjaga kebersihannya dengan rutin.

BACA JUGA:  Review Doxicor untuk Jerawat

3. Penggunaan Kosmetik Berlebihan

Penggunaan kosmetik berlebihan dapat menutupi pori-pori kulit Anda, yang dapat menyebabkan terhambatnya aliran udara. Ini akan membuat kulit Anda lebih lembab dan rentan terhadap infeksi. Jadi, pastikan Anda menggunakan kosmetik secukupnya dan selalu membersihkannya dengan baik.

4. Kelembaban

Kelembaban yang berlebihan dapat meningkatkan jumlah bakteri di kulit Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih rentan terhadap jerawat nanah kecil, terutama di wajah. Jadi, pastikan Anda menjaga kebersihan dan kelembaban kulit Anda dengan rutin.

5. Kondisi Hormon

Perubahan hormon dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit Anda, yang dapat menyebabkan jerawat nanah kecil. Oleh karena itu, wanita yang sedang menstruasi atau hamil harus lebih berhati-hati karena mereka lebih rentan terhadap jerawat nanah kecil.

6. Penggunaan Obat Topikal

Beberapa obat topikal dapat memicu timbulnya jerawat nanah kecil. Jadi, jika Anda sedang menggunakan obat topikal, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaannya dengan benar dan hati-hati.

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Nanah Kecil?

Untuk mencegah jerawat nanah kecil, pastikan Anda melakukan hal berikut:

1. Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Bernafas

Pastikan untuk memilih pakaian yang nyaman dan bernafas. Gunakan bahan yang tidak menyebabkan iritasi dan membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi bakteri.

2. Bersihkan Rambut Anda Secara Teratur

Jika Anda memiliki rambut yang sangat padat dan kasar, pastikan untuk mencuci rambut Anda secara teratur. Hal ini akan membantu Anda untuk menghindari infeksi bakteri.

3. Gunakan Kosmetik Secukupnya

Jangan gunakan kosmetik berlebihan. Pilih produk yang tidak akan menutupi pori-pori kulit Anda. Gunakan kosmetik yang tepat dan pastikan untuk membersihkannya dengan baik.

4. Hindari Sinar Matahari Berlebihan

Sinar matahari berlebihan dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit Anda, sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap jerawat nanah kecil. Jadi, hindari sinar matahari berlebihan dan jangan lupa untuk menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda.

BACA JUGA:  Sering Cuci Muka Menyebabkan Jerawat?

5. Tingkatkan Konsumsi Vitamin dan Mineral

Mengonsumsi vitamin dan mineral yang cukup dapat membantu Anda untuk memelihara kesehatan kulit Anda. Vitamin A, E, dan C dapat membantu Anda untuk menjaga kulit Anda tetap sehat dan kuat terhadap infeksi bakteri.

Kesimpulan

Mengenali penyebab jerawat nanah kecil adalah penting untuk mencegahnya. Beberapa faktor penyebab jerawat nanah kecil adalah pakaian yang terlalu ketat, rambut yang padat, penggunaan kosmetik berlebihan, kelembaban, kondisi hormon, dan penggunaan obat topikal. Untuk mencegahnya, lakukan hal-hal seperti memilih pakaian yang nyaman dan bernafas, mencuci rambut secara teratur, menggunakan kosmetik secukupnya, hindari sinar matahari berlebihan, dan meningkatkan konsumsi vitamin dan mineral. Lakukan hal-hal tersebut secara teratur agar Anda dapat menghindari timbulnya jerawat nanah kecil.

VideoPenyebab Jerawat Nanah Kecil