Penyebab Jerawat Nanah dan Cara Mengobatinya

Penyebab Jerawat Nanah Dan Cara Mengobatinya
Source: bing.com

Jerawat nanah adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Ini disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes dan Staphylococcus aureus yang terdapat di kulit. Jerawat nanah dapat menghasilkan nanah yang beracun, yang menyebabkan nyeri dan peradangan pada kulit. Penyebab jerawat nanah dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok utama, yaitu faktor internal dan eksternal. Berikut adalah penjelasan tentang kedua kelompok ini.

Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam tubuh. Beberapa faktor internal yang dapat menyebabkan jerawat nanah antara lain:

  • Hormon: Jerawat nanah dapat disebabkan oleh kenaikan kadar hormon seperti androgen, yang dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit.
  • Kondisi kesehatan: Kondisi kesehatan seperti diabetes, gangguan tiroid, dan kelenjar hipofisis dapat meningkatkan risiko jerawat nanah.
  • Stres: Stres berkepanjangan dapat menyebabkan kenaikan produksi minyak. Ini dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan jerawat nanah.
  • Kebiasaan makan: Diet tinggi lemak dan gula dapat meningkatkan risiko jerawat nanah.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar tubuh. Beberapa faktor eksternal yang dapat menyebabkan jerawat nanah antara lain:

  • Kosmetik: Penggunaan produk kosmetik yang mengandung bahan kimia beracun dapat merusak lapisan pelindung kulit dan meningkatkan risiko jerawat nanah.
  • Kontak dengan benda beracun: Berbagai benda beracun seperti bahan kimia, minyak, dan produk kimia lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan atau hobimu dapat meningkatkan risiko jerawat nanah.
  • Cuaca: Cuaca ekstrem seperti kekeringan atau kelembaban yang berlebihan dapat meningkatkan risiko jerawat nanah.
  • Kontak dengan pakaian: Penggunaan pakaian atau sarung bantal yang kurang bersih dapat meningkatkan risiko jerawat nanah.
BACA JUGA:  Penyebab Jerawat Gatal dan Meradang

Cara Mengobati Jerawat Nanah

Jika Anda mengalami jerawat nanah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobatinya, antara lain:

  • Menghindari paparan sinar matahari langsung: Paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan jerawat nanah.
  • Menggunakan produk kosmetik yang aman: Gunakan produk kosmetik yang mengandung bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Produk ini akan membantu menjaga kulit tetap bersih dan sehat.
  • Menggunakan obat topikal: Obat topikal yang mengandung peroksida benzoil atau asam salisilat dapat membantu mengurangi jerawat nanah.
  • Mengonsumsi obat oral: Beberapa obat oral seperti antibiotik, retinoid, dan obat anti-inflamasi non-steroid dapat membantu mengobati jerawat nanah.

Kesimpulan

Meskipun jerawat nanah adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh bakteri, faktor internal dan eksternal juga dapat meningkatkan risiko jerawat nanah. Untuk mengobati dan mencegah jerawat nanah, hindarilah paparan sinar matahari langsung, gunakan produk kosmetik yang aman, dan atur pola makanmu. Jika Anda masih mengalami jerawat nanah, Anda dapat menggunakan obat topikal atau obat oral untuk mengatasinya.

VideoPenyebab Jerawat Nanah dan Cara Mengobatinya