Penyebab Jerawat Meradang

 Penyebab Jerawat Meradang
Source: bing.com

Jerawat meradang adalah bentuk jerawat yang menimbulkan nyeri dan gatal. Biasanya, jerawat meradang terjadi karena reaksi alergi kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor. Jerawat meradang juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, kekurangan nutrisi, kurangnya kebersihan, dan masalah lainnya. Penyebab utama jerawat meradang adalah sebagai berikut:

1. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit. Minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori kulit yang dapat menyebabkan infeksi dan jerawat meradang. Hormon yang paling berperan dalam produksi minyak berlebih adalah testosteron, hormon hasil metabolisme androgen, yaitu hormon yang dihasilkan oleh organ reproduksi dan kelenjar adrenal.

2. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk dapat menyebabkan jerawat meradang seperti menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, memakai alas bedak yang kotor, tidak membersihkan wajah secara teratur, dan masalah lainnya. Pembersihan wajah yang tidak tepat dapat menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak, yang dapat menyebabkan jerawat meradang.

3. Produk Perawatan Kulit Berbahaya

Beberapa produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan kimia berbahaya dapat menyebabkan iritasi kulit, seperti produk yang mengandung alkohol, pelembab berminyak, dan produk lain yang tidak cocok dengan jenis kulit Anda. Penggunaan produk ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan jerawat meradang.

4. Kebutuhan Nutrisi

Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan peradangan kulit, yang dapat menyebabkan jerawat meradang. Kekurangan nutrisi dapat disebabkan oleh kurangnya asupan makanan sehat atau makanan yang tidak sehat seperti makanan yang tinggi kalori, tinggi lemak, dan tinggi garam. Ini dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

BACA JUGA:  MS Glow Indonesia, Solusi Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

5. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan juga dapat menyebabkan jerawat meradang. Sinar matahari, debu, polusi udara, dan kelembaban tinggi dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan jerawat meradang. Selain itu, cuaca yang berubah-ubah juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan iritasi.

6. Stres

Stres juga dapat menyebabkan jerawat meradang. Ketika Anda merasa stres, tubuh Anda akan melepaskan hormon cortisol yang dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit yang dapat menyebabkan jerawat meradang. Oleh karena itu, penting untuk mencoba untuk tetap tenang dan mengendalikan stres.

7. Alergi Makanan

Alergi makanan juga dapat menyebabkan jerawat meradang. Jika Anda alergi terhadap makanan tertentu, maka Anda mungkin akan mengalami reaksi alergi di kulit Anda, yang dapat menyebabkan jerawat meradang. Alergi makanan dapat terjadi pada makanan tertentu seperti telur, susu, kacang-kacangan, dan ikan.

8. Merokok

Merokok juga dapat menyebabkan jerawat meradang. Asap rokok dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan jerawat meradang. Jika Anda merokok, maka Anda harus berhenti dan mencari cara lain untuk mengurangi stres dan kecemasan.

9. Kosmetik Berbahaya

Beberapa produk kosmetik berbahaya dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan jerawat meradang. Produk-produk ini biasanya terbuat dari bahan kimia yang beracun seperti alkohol, paraben, dan lainnya. Penggunaan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan jerawat meradang.

10. Alergi Obat

Alergi obat juga dapat menyebabkan jerawat meradang. Alergi obat dapat terjadi ketika menggunakan obat tertentu seperti antibiotik, obat steroid, atau obat lainnya. Jika Anda mengalami reaksi alergi, maka Anda harus berhenti mengonsumsi obat tersebut dan segera hubungi dokter untuk mendapatkan bantuan.

BACA JUGA:  Cara Mencegah Timbulnya Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya

Kesimpulan

Jerawat meradang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti ketidakseimbangan hormon, kebiasaan buruk, produk perawatan kulit berbahaya, kebutuhan nutrisi, faktor lingkungan, stres, alergi makanan, merokok, kosmetik berbahaya, dan alergi obat. Penting untuk mengetahui penyebab jerawat meradang dan menghindari mereka agar Anda dapat mencegah jerawat meradang.

VideoPenyebab Jerawat Meradang