Mengenal Penyebab Jerawat di Vagina

Mengenal Penyebab Jerawat Di Vagina
Source: bing.com

Jerawat di area sensitif seperti di vagina tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman dan risau. Namun, hal tersebut wajar terjadi. Jerawat di area seperti ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk infeksi bakteri, jamur, dan alergi.

Faktor Penyebab Jerawat di Vagina

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat di vagina. Faktor-faktor tersebut antara lain:

1. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri dapat menyebabkan munculnya jerawat di vagina. Infeksi bakteri dapat menyebabkan terjadinya peradangan. Peradangan ini dapat menyebabkan jerawat di area sensitif seperti di vagina. Beberapa jenis bakteri yang menyebabkan infeksi ini antara lain Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Pseudomonas aeruginosa.

2. Infeksi Jamur

Infeksi jamur juga dapat menyebabkan jerawat di vagina. Infeksi jamur dapat menyebabkan iritasi dan gatal. Ketika iritasi dan gatal terjadi, area sekitar vagina akan mengalami pembengkakan dan jerawat pun akan muncul. Beberapa jenis jamur yang dapat menyebabkan infeksi ini antara lain Candida albicans, Candida parapsilosis, dan Candida glabrata.

3. Alergi

Alergi juga dapat menyebabkan jerawat di vagina. Alergi yang umum terjadi di area sensitif ini adalah alergi terhadap sabun mandi, spermicida, dan produk pembersih lainnya. Ketika alergi terjadi, kulit di area sensitif akan teriritasi dan muncul jerawat. Gejala alergi antara lain gatal, bengkak, dan ruam.

BACA JUGA:  Menghilangkan Bruntusan dan Jerawat dengan Salep

4. Penggunaan Pakaian Dalam Yang Terlalu Ketat

Penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan jerawat di vagina. Pakaian dalam yang terlalu ketat dapat menyebabkan kulit di area sensitif tidak dapat bernapas dengan baik. Akibatnya, kulit menjadi kering dan iritasi. Selain itu, pakaian dalam yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan gesekan yang menimbulkan iritasi dan munculnya jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat di Vagina

Jika Anda mengalami jerawat di vagina, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkannya. Cara-cara tersebut antara lain:

1. Menggunakan Sabun Pencuci Yang Lembut

Ketika membersihkan area sensitif seperti di vagina, gunakan sabun pencuci yang lembut. Sabun pencuci yang kurang lembut dapat menyebabkan iritasi yang dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, pastikan untuk tidak menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia berbahaya.

2. Menggunakan Pelembab

Kulit di area sensitif seperti di vagina membutuhkan lebih banyak kelembaban dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lain. Untuk itu, gunakan pelembab untuk membantu menjaga kelembaban kulit. Pelembab yang baik adalah pelembab yang mengandung bahan alami dan tidak mengandung paraben, ftalat, dan bahan kimia berbahaya lainnya.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang sehat juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Makanan-makanan ini kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

4. Konsumsi Vitamin dan Suplemen

Konsumsi vitamin dan suplemen juga dapat membantu menjaga kulit dari iritasi dan munculnya jerawat. Vitamin dan suplemen seperti vitamin A, C, dan E serta omega-3 dapat membantu menjaga kulit dan mengurangi munculnya jerawat. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi vitamin dan suplemen tersebut berdasarkan anjuran dokter.

BACA JUGA:  Apakah Jerawat Pustula Bisa Hilang Sendiri?

5. Gunakan Pakaian Dalam Yang Nyaman

Gunakan pakaian dalam yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Pakaian dalam yang terlalu ketat dapat menyebabkan iritasi dan gesekan yang dapat menyebabkan jerawat. Untuk itu, pastikan untuk memilih pakaian dalam yang nyaman dan tidak terlalu ketat.

Kesimpulan

Jerawat di area sensitif seperti di vagina merupakan hal yang wajar terjadi. Faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat di area ini antara lain infeksi bakteri, infeksi jamur, alergi, dan penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat. Untuk menghilangkan jerawat di vagina, Anda dapat menggunakan sabun pencuci yang lembut, menggunakan pelembab, konsumsi makanan sehat, konsumsi vitamin dan suplemen, serta gunakan pakaian dalam yang nyaman.

VideoMengenal Penyebab Jerawat di Vagina