Penyebab Jerawat di Sekitar Rahang

Penyebab Jerawat Di Sekitar Rahang
Source: bing.com

Jerawat di sekitar rahang merupakan masalah yang banyak dialami oleh orang-orang. Meskipun sulit untuk menghilangkan jerawat dari wajah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jumlah jerawat yang muncul di sekitar rahang. Penyebab jerawat di sekitar rahang adalah banyak, namun beberapa faktor utama yang mempengaruhi jumlah jerawat adalah keseimbangan hormon, produksi minyak berlebih, kurangnya kebersihan wajah, serta infeksi bakteri.

Faktor Hormonal

Faktor hormonal merupakan salah satu penyebab utama jerawat di sekitar rahang. Saat hormon Anda tidak seimbang, maka produksi minyak yang berlebihan akan menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Peningkatan hormon androgen, hormon yang berfungsi untuk memproduksi minyak dalam kulit, juga dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Produksi Minyak Berlebih

Produksi minyak berlebih juga merupakan penyebab jerawat di sekitar rahang. Minyak yang berlebihan akan menyumbat pori-pori wajah, sehingga bakteri dapat mudah berkembang biak dan menyebabkan infeksi. Hal ini akan menyebabkan munculnya jerawat.

Kurangnya Kebersihan Wajah

Kurangnya kebersihan wajah juga dapat menjadi salah satu penyebab jerawat di sekitar rahang. Wajah yang tidak dibersihkan secara rutin, atau wajah yang terkena debu dan kotoran, akan membuat minyak berlebihan dan bakteri mudah berkembang biak. Hal ini akan menyebabkan munculnya jerawat.

Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan munculnya jerawat di sekitar rahang. Bakteri dapat masuk melalui luka atau lubang pada kulit, seperti luka bakar atau luka akibat komedo. Ketika bakteri masuk ke dalam kulit, ia dapat menyebabkan infeksi yang akan mengakibatkan munculnya jerawat.

BACA JUGA:  Cream Moreskin Untuk Jerawat, Solusi Terbaik?

Stres

Stres juga dapat berpengaruh pada kesehatan kulit, termasuk munculnya jerawat di sekitar rahang. Saat stres, tubuh akan melepaskan hormon-hormon tertentu yang akan menyebabkan produksi minyak berlebihan dan infeksi bakteri. Hal ini akan menyebabkan munculnya jerawat.

Makanan Berlemak

Makanan berlemak juga dapat menjadi salah satu penyebab jerawat di sekitar rahang. Makanan berlemak dapat membuat kulit menjadi lebih berminyak, sehingga membuat bakteri mudah berkembang dan menyebabkan infeksi. Hal ini akan mengakibatkan munculnya jerawat.

Polusi

Polusi juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit, termasuk munculnya jerawat di sekitar rahang. Debu dan kotoran yang ada di udara akan masuk ke dalam kulit, sehingga menghambat sirkulasi oksigen dan menyebabkan produksi minyak berlebihan. Hal ini akan menyebabkan munculnya jerawat.

Kurangnya Vitamin dan Nutrisi

Kurangnya vitamin dan nutrisi juga dapat menyebabkan munculnya jerawat di sekitar rahang. Vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit agar tetap sehat dan tidak mudah terserang infeksi. Kekurangan vitamin dan nutrisi akan menyebabkan produksi minyak berlebihan dan infeksi bakteri, sehingga mengakibatkan munculnya jerawat.

Kesimpulan

Penyebab jerawat di sekitar rahang dapat bermacam-macam, mulai dari faktor hormonal, produksi minyak berlebih, kurangnya kebersihan wajah, infeksi bakteri, stres, makanan berlemak, polusi, dan kurangnya vitamin dan nutrisi. Untuk mengurangi jumlah jerawat yang muncul di sekitar rahang, Anda harus menjaga keseimbangan hormon, membersihkan wajah secara rutin, dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

VideoPenyebab Jerawat di Sekitar Rahang