Penyebab Jerawat di Samping Hidung

Penyebab Jerawat Di Samping Hidung
Source: bing.com

Jerawat yang muncul di samping hidung memang mengganggu penampilan. Terkadang, jerawat di samping hidung ini dapat menimbulkan rasa malu dan tidak percaya diri. Meskipun begitu, sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat di samping hidung ini. Berikut ini adalah beberapa penyebab jerawat di samping hidung.

Ketidakseimbangan Hormonal

Ketidakseimbangan hormon adalah penyebab yang paling umum dari jerawat di samping hidung. Hormon seperti estrogen dan testosteron dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di wajah. Minyak ini dapat menyumbat pori-pori wajah, memudahkan bakteri untuk berkembangbiak. Hal ini akan menyebabkan terjadinya jerawat di samping hidung.

Ketidakseimbangan hormon ini dapat disebabkan oleh masalah kesehatan lain seperti masalah tiroid, masalah endokrin, dan masalah kelenjar adrenal. Selain itu, masalah pada siklus menstruasi atau menopause juga dapat menyebabkan jerawat di samping hidung.

Konsumsi Makanan Berlemak dan Berminyak

Makanan yang tinggi lemak dan berminyak biasanya mengandung banyak kalori dan juga kolesterol berbahaya. Jika Anda sering mengonsumsi jenis makanan ini, maka hal tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan juga peradangan pada wajah. Peradangan ini dapat menyebabkan jerawat di samping hidung.

Selain itu, makanan berlemak dan berminyak juga dapat memperburuk kondisi kulit yang sudah tidak sehat. Anda harus berhati-hati dengan makanan berminyak seperti makanan cepat saji dan juga makanan berlemak. Hal ini dapat menyebabkan jerawat di samping hidung.

Stres

Stres adalah salah satu penyebab jerawat di samping hidung. Stres dapat meningkatkan hormon seperti kortisol dan juga adrenalin. Kedua hormon ini dapat meningkatkan produksi minyak di wajah dan juga mengganggu proses penyembuhan jerawat.

BACA JUGA:  Produk NASA Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain itu, stres juga dapat meningkatkan risiko infeksi. Ini karena stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih mudah terkena infeksi dan juga menyebabkan jerawat di samping hidung.

Kurang Tidur

Tidur adalah salah satu hal yang penting untuk kesehatan kulit. Saat Anda tidur, tubuh Anda akan meregenerasi sel-sel kulit yang rusak dan juga akan meningkatkan produksi protein kolagen. Protein kolagen ini akan membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan juga lebih kencang.

Namun, jika Anda tidak cukup tidur, maka hal tersebut dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di wajah. Minyak ini dapat menyumbat pori-pori wajah dan juga menyebabkan jerawat di samping hidung.

Kebersihan Wajah

Kebersihan wajah juga penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Anda harus selalu membersihkan wajah Anda setiap hari agar tidak ada minyak atau bakteri yang tersisa di wajah. Anda juga harus menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Jika Anda tidak membersihkan wajah dengan benar, maka hal tersebut dapat menyebabkan timbunan minyak di wajah. Hal ini dapat menyebabkan jerawat di sekitar hidung.

Konsumsi Alkohol dan Merokok

Konsumsi alkohol dan merokok adalah hal yang buruk untuk kesehatan kulit. Alkohol dapat menyebabkan kekeringan pada kulit dan juga memicu produksi minyak berlebih. Ini dapat menyebabkan jerawat di samping hidung.

Selain itu, asap rokok juga mengandung banyak zat berbahaya yang dapat memicu peradangan pada wajah. Ini dapat menyebabkan jerawat di samping hidung. Jadi, sebaiknya untuk menghindari konsumsi alkohol dan merokok agar tidak menimbulkan jerawat di samping hidung.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat di samping hidung. Beberapa faktor yang umumnya menyebabkan jerawat di samping hidung adalah ketidakseimbangan hormon, konsumsi makanan berlemak dan berminyak, stres, kurang tidur, kebersihan wajah yang buruk, dan juga konsumsi alkohol dan merokok.

BACA JUGA:  Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dengan Masker Pasir

Untuk mengatasi jerawat di samping hidung, Anda harus menjaga pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, dan juga rutin membersihkan wajah. Dengan melakukan hal ini, Anda akan dapat mencegah jerawat di samping hidung.

VideoPenyebab Jerawat di Samping Hidung