Penyebab Jerawat di Pipi Tak Kunjung Sembuh

Penyebab Jerawat Di Pipi Tak Kunjung Sembuh
Source: bing.com

Jerawat di pipi dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu, terutama bagi mereka yang berusia di bawah 30 tahun. Jerawat di pipi dapat mengurangi kepercayaan diri dan menimbulkan rasa malu. Jika Anda mengalami jerawat di pipi yang tak kunjung sembuh, ada beberapa penyebab yang mungkin bisa menjelaskan. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menyembuhkan jerawat di pipi Anda. Berikut adalah beberapa penyebab jerawat di pipi tak kunjung sembuh.

1. Perawatan Kulit yang Salah

Penggunaan produk perawatan kulit yang salah dapat menyebabkan jerawat di pipi. Produk perawatan kulit berlebihan dapat membuat kulit Anda lebih rentan terhadap jerawat. Krim atau lotion yang berminyak juga dapat memicu munculnya jerawat di pipi. Sebagai gantinya, gunakan produk yang mengandung bahan yang lebih ringan, seperti sabun, krim atau lotion yang mengandung ekstrak lidah buaya dan antioksidan. Pastikan untuk membersihkan wajah Anda dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Gangguan Hormon

Gangguan hormon dapat menyebabkan jerawat di pipi. Gangguan hormon dapat terjadi karena stres, kehamilan, menggunakan pil kontrasepsi, atau mengalami masalah kelenjar tiroid. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit Anda lebih sensitif, sehingga mudah terkena jerawat di pipi. Jika Anda mengalami gangguan hormon, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan pengobatan yang tepat.

3. Makanan Berminyak

Makanan berminyak dapat menyebabkan jerawat di pipi. Makanan yang mengandung lemak berlebihan dapat menyebabkan kulit Anda menjadi lebih berminyak dan berjerawat. Ini karena minyak melekat di pori-pori kulit Anda dan menyebabkan pembentukan jerawat. Untuk mencegah jerawat di pipi, hindari makanan yang berminyak seperti fast food, makanan goreng, dan makanan yang diolah.

BACA JUGA:  Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat yang Tumbuh di Dalam Kulit

4. Alergi Makanan

Alergi makanan dapat menyebabkan jerawat di pipi. Beberapa jenis makanan seperti telur, ikan, dan produk susu dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit Anda, sehingga menyebabkan jerawat di pipi. Jika Anda mengalami alergi makanan, maka sebaiknya Anda menghindari makanan yang menyebabkan reaksi alergi dan menggunakan obat anti alergi untuk mengurangi gejala alergi.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan jerawat di pipi. Jika Anda kurang tidur, kulit Anda akan menjadi lebih sensitif dan mudah terkena jerawat. Hal ini karena pada saat tidur, tubuh Anda melepaskan hormon yang berfungsi untuk meregenerasi kulit Anda. Jika Anda kurang tidur, produksi hormon ini akan berkurang, sehingga menyebabkan kulit Anda kurang sehat dan mudah terkena jerawat.

6. Banyak Mengelupas Kulit

Kelupasan kulit dapat menyebabkan jerawat di pipi. Meskipun mengelupas kulit mungkin terdengar seperti cara untuk mencegah jerawat, namun dalam kenyataannya hal ini justru dapat memicu munculnya jerawat. Ketika Anda mengelupas kulit, Anda menghilangkan lapisan pelindung yang menghalangi kotoran dan bakteri masuk ke dalam kulit, yang menyebabkan timbulnya jerawat.

7. Merokok

Merokok dapat menyebabkan jerawat di pipi. Asap rokok mengandung banyak zat kimia yang bisa merusak kulit Anda dan menyebabkan iritasi dan jerawat. Merokok juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan rapuh. Jika Anda merokok, sebaiknya berhenti untuk mencegah timbulnya jerawat di pipi.

8. Kelebihan Vitamin A

Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan jerawat di pipi. Vitamin A adalah vitamin yang penting untuk kesehatan kulit, tapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, dapat menyebabkan jerawat di pipi. Jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin A, pastikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari yang dianjurkan. Jika Anda memiliki masalah jerawat di pipi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan jumlah vitamin A yang Anda butuhkan.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Kesimpulan

Jerawat di pipi dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu, terutama bagi mereka yang berusia di bawah 30 tahun. Penyebab jerawat di pipi tak kunjung sembuh meliputi perawatan kulit yang salah, gangguan hormon, makanan berminyak, alergi makanan, kurang tidur, banyak mengelupas kulit, merokok, dan kelebihan vitamin A. Untuk mengatasi masalah jerawat di pipi, Anda harus menerapkan perawatan kulit yang benar, menghindari makanan yang berminyak, dan mengonsumsi vitamin A dengan benar. Jika Anda masih mengalami masalah jerawat di pipi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

VideoPenyebab Jerawat di Pipi Tak Kunjung Sembuh